Resep Saus Diet Chef Zeven Hadi

oleh -
Resep Saus Diet Chef Zeven Hadi

RADARBANDUNG.id, BANDUNG – Pandemi Covid-19 semakin banyak orang yang lebih peduli dengan kesehatan. Salah satunya tingginya permintaan menu diet sehat saat pandemi.

Dari banyaknya menu diet, makanan berbahan dasar nabati atau plant based belakangan sedang digandrungi.

Plant based adalah makanan berbahan dasar nabati tanpa campuran hewani sama sekali. Selain menyehatkan, menu plant based rupanya juga lezat asalkan diolah dengan sesuai.

Untuk menjembatani konsumen yang mau memulai plant based diet, bisa dengan saus nabati yang kaya akan nutrisi.

Saus plant-based diet

Adalah Zeven Hadi, chef asal Bandung yang membuat saus plant based dengan cita rasa melezatkan.

Pemilik restoran Sauce Tree di Bali ini punya cara jitu untuk memperkenalkan saus sehat kepada pelanggannya.

Terinspirasi dari film dokumenter yang ia tonton, Hadi–sapaannya– mulai mengemas saus plant based dengan bahan yang sehat dan tentunya ramah lingkungan.

Hadi menuturkan, saat ini referensi saus plant based masih sedikit. Sedangkan peminat makanan sehat tahun 2020 kemarin begitu membludak.

“Kalau ada makan salad, ya sayurannya sehat tapi kan masalahnya di saus. Misalnya saus mayonaise itu kan ada kandungan hewaninya dari telur,” kata Hadi di Jalan Seram, Bandung.

Saus plant based buatannya 100 persen dari bahan nabati yang kaya manfaat.

Hadi mengungkapkan, sausnya ini bukan bagi orang yang sudah lama menjadi vegetarian, tapi untuk pemula yang mau coba pola makan sehat.

“Saya menciptakan plant based bukan untuk orang yang vegetarian karena mereka mungkin belum tau. Saus plant based ini buat jembatan orang yang baru mau mulai plant based. Kalau orang awal mau plant based langsung dikasih makanannya nanti kaget, nah saus ini transisinya,” jelasnya.

Lama bermukim di Bali dan menjadi koki andal, Hadi banyak belajar bagaimana cara membuat plant based yang sesuai takaran, namun tetap bisa lidah konsumen terima.

Belasan racikan sausĀ 

Ada belasan saus plant based yang ia racik. Paling terkenal seperti saus mayonaise, barbeque, pesto dan thousand island.

Tidak cuma bisa sebagai bumbu masak, sausnya juga bisa jadi cocolan atau dressing yang melezatkan.

Soal rasa tidak kalah dengan yang dibuat dengan campuran hewani. Saus plant based dari Sauce Tree kaya akan rasa dan tidak hambar seperti makanan sehat lainnya.

Apalagi saus dressingnya yang punya campuran rasa asin dan manis, begitu segar ketika menyantap dengan salad sayur atau buah.

Diet dengan Saus Buatan Chef Zeven Hadi
Jejeran saus plant based ala chef Zeven Hadi dari Sauce Tree. FOTO: NUR FIDHIAH SHABRINA/RADAR BANDUNG

Baca Juga: Kuliner Bandung | Ikan Bawal Putih Kukus, Cocok Nih buat yang Lagi Diet

Selain saus, Hadi juga memproduksi makanan olahan nabati untuk para pecinta makanan sehat.

Terbuat dari bahan dasar nabati seperti tempe, gluten, dan kacang kedelai, konsumen tetap bisa mendapat cita rasa dan tekstur yang mirip seperti daging.

“Kalau di Bali saya siapkan 16 jenis saus, untuk Bandung saya bawa 10 jenis. Semuanya tersedia di restoran Checo Eat & Chill, Jalan Seram.

“Harganya kisaran Rp 45.000 – Rp 50.000, satu jar isinya 200 gram bisa untuk 4-5 kali serving,” tandasnya.

(fid/radarbandung)