Cerita tentang Mie Merapi, Kuliner Mie Kuah Rempah Pertama dari Kota Bandung

oleh -
Cerita tentang Mie Merapi, Kuliner Mie Kuah Rempah Pertama dari Kota Bandung

Sajian Mie Merah Putih Indonesia atau Mie Merapi sudah tren di Bandung dalam beberapa tahun terakhir

Radarbandung.id, BANDUNG Warna kuah yang merah membara begitu menarik. Disebut sebagai kuah terpedas, sajian mie kuah rempah ini punya rasa yang menggoyang lidah dan Indonesia banget.

Dalam semangkuk mienya terdapat isian banyak yang bisa menyedapkan kuliner yang satu ini.

Sesuai namanya, Mie Merah Putih Indonesia atau Mie Merapi, sajian ini sudah jadi tren di Bandung dalam beberapa tahun terakhir.

Punya outlet yang tersebar ke Bandung Raya, saat bermunculan tren kuliner baru, Mie Merapi berupaya bertahan dengan konsep mie rempah khas Indonesia.

CEO Mie Merapi, Agit Bambang menuturkan, banyak orang mengira kalau Mie Merapi adalah mie ramen khas Jepang yang juga menjamur di Bandung.

Mie Merapi jauh dari gaya Jepang

Punya konsep yang terinspirasi dari ramen, keseluruhan gaya mie rempah ini justru jauh dari gaya Jepang.

“Tantangan mengenalkan mie rempah saat awal adalah, karena mungkin orang mengira ini adalah ramen, tapi sebenarnya Mie Merapi sendiri terinspirasi dengan ramen, makanya tampilannya pun bisa dibilang hampir mirip ramen. Namun bahan-bahannya lebih cita rasa khas Indonesia,” kata Agit di Bandung.

Agit menambahkan, ketika Mie Merapi muncul tahun 2011 berbarengan dengan menjamurnya kedai ramen di Kota Bandung. Saat itu, ramen seolah menjadi kuliner wajib karena punya citarasa unik, namun harganya terjangkau.

Melihat potensi dari kedai ramen, Agit mau coba buat kedai serupa namun menunya berbeda dengan yang lain.

Padahal dari banyaknya kedai ramen yang muncul, sambung Agit, kuah-kuahnya punya rasa rempah yang lebih kuat, ketimbang kuah otentik ramen.

“Pada saat itu sebenarnya ada beberapa kue dengan citarasa kuah rempah namun tidak dibranding spesifik sebagai mie rempah,” ungkapnya.

Mie rempah pertama di Kota Bandung

Menganggap potensial, akhirnya Agit hadir dengan konsep mie rempah pertama di Kota Bandung dengan varian kuahnya yang beragam.

Sembilan tahun berjalan, Mie Merapi kini punya lima kuah rempah pilihan, yaitu kuah merapi, kare, kampung, dan yang paling baru adalah kuah merapi creamy dan kare creamy.

Baca Juga: Kuliner Bandung | Menjajal Hangatnya Kuah Suki Khas Makio Suki & Grill

Untuk menu mie, kedai ini tawarkan beberapa menu andalan yang jadi signature.

Berukuran jumbo, menu-menu ini semakin menarik karena penyajiannya dengan isian yang lebih banyak, seperti bakso dan batagor kering.

Paling best seller adalah Mie Juara Sedunia dengan isian topping yang paling lengkap, mulai dari mie kuah rempah, sayur, telur, sosis, ceker khas Merapi, katsu, dan bakso.

Cerita tentang Mie Merapi, Kuliner Mie Kuah Rempah Pertama dari Kota Bandung
Salah satu menu mie di kedai Mie Merapi.

Baca Juga: Kuliner Bandung | Racikan Ramen Otentik di Kedai Rameninpo

Lalu, ada juga Mie Juara Se-Asia, Mie Juara se-Indonesia, dan Mie Juara se-Bandung.

Selain bermain dengan kuah rempahnya, Mie Merapi juga punya varian menu mienya yang banyak.

Variasi menu seperti menu nasi, ceker, bakso, yamin, minuman, dessert, dan paling baru adalah menu dimsum.

“Mie Merapi berkembang sejak 2011, dari hanya 1 cabang hingga sekarang telah memiliki total 13 cabang di Bandung, Cimahi, dan Tangerang,” katanya.

“Modifikasi produk makanan yang semakin bervariasi, dan juga pilihan tepat yang semakin strategis hingga 2020, menjadikan Mie Merapi berkembang setiap tahunnya,” tandasnya.

(fid/radarbandung)