Lama Tak Muncul, Bupati Bandung Barat Aa Umbara dan Istri Positif Covid-19

oleh -
Bupati badnung barat aa umbara
Bupati Bandung Barat, Aa Umbara

RADARBANDUNG.id, NGAMPRAH – Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna beserta istri, Yuyun Yuningsih terkonfirmasi positif Covid-19.

Aa Umbara dan istri diketahui terpapar Covid-19 usai menjalani tes PCR (polymerase chain reaction) 12 hari lalu.

Hal tersebut Sekretaris Daerah (Sekda) Bandung Barat, Asep Sodikin sampaikan saat memberikan keterangan terkait kondisi Aa Umbara, Rabu (13/1/2021).

Asep mengungkapkan kondisi Aa Umbara dan istri berangsur membaik dibandingkan saat awal keduanya dinyatakan positif Covid-19.

“Keduanya memiliki gejala klinis seperti batuk dan gangguan pernapasan tetapi saat ini kondisinya semakin membaik,” ungkap Asep.

Asep katakan, Aa Umbara dan istri tidak menjalani perawatan di rumah sakit rujukan Covid-19, keduanya memilih melakukan isolasi serta mendapatkan perawatan di rumah pribadinya.

“Beliau awalnya gak mau ‘ribut’, ingin sehat dulu baru disampaikan. Tapi karena ada beberapa hal yang harus beliau kawal seperti program vaksin dan PPKM, sehingga saya perlu menyampaikan hal ini (atas seizin bupati dan istri),” katanya.

Baca Juga: Hari Ini Bandung Barat Terima 3.960 Vaksin Covid-19 Sinovac

Selama dalam perawatan intensif, keduanya ditangani dr Eisenhower yang merupakan Dirut RSUD Lembang.

“Bahwa selama terpapar beliau terus berkoordinasi dengan dokter, sempat diterapi bahkan diajak bicara tanpa henti selama 20 menit tanpa batuk,” jelasnya.

Belum diketahui dari mana Aa Umbara terpapar Covid-19, namun Kepala Dinas Kesehatan Bandung Barat, Hernawan Widjayanto menyebut, pihaknya telah melakukan tracing terhadap 52 orang, yang merupakan keluarga dan orang yang sempat kontak erat.

(kro)