Detik-Detik Dahsyatnya Banjir Bandang Hantam Puncak Bogor, Warga Panik Berlarian, Terdengar Suara Adzan

oleh -
Detik-Detik Dahsyatnya Banjir Bandang Hantam Puncak Bogor, Warga Panik Berlarian, Terdengar Suara Adzan
Warga panik saat banjir bandang menerjang Komplek Gunung Mas, Tugu Selatan, Puncak, Selasa (19/1/2021)/Radarbogor.id

RADARBANDUNG.id, BOGOR – Banjir bandang menerjang kawasan Puncak Cisarua Kab. Bogor, Selasa (19/1/2021).

Tepatnya banjir bandang melanda kawasan Kampung Rawa Dulang, Komplek Gunung Mas, Desa Tugu Selatan, Cisarua.

Suasana mencekam sempat terekam dalam sebuah video berdurasi 21 detik saat banjir bandang menghantam kawasan puncak Bogor ini. Video tersebut berisi kepanikan warga RT 2/2, Desa Tugu Selatan saat menyelamatkan diri.

Nampak dalam video itu anak-anak dan ibu-ibu panik berlarian. Ada pula pengendara yang menawarkan kendaraan mereka ditumpangi untuk menyelamatkan diri.

Selain itu, terdengar bunyi klakson sepeda motor bersahutan serta teriakan dan tangisan.

“A buru a naek a. Buru-buru naek a (bang cepat naik bang. Cepat-cepat naik bang),” teriak kepanikan warga pada awal video.

Akibat bencana ini, sejauh ini ada ratusan warga yang terdampak. Mereka lalu diungsikan ke masjid.

“Telah terjadi banjir bandang daerah Kampung Rawa Dulang Desa Tugu Selatan, 474 warga sudah di evakuasi ke masjid,” ujar Kasi Kedaruratan BPBD Kab. Bogor M Adam kepada radarbogor.id (grup radarbandung.id).

Informasi yang dihimpun banjir bandang terjadi pukul 09.40 WIB. “Lokasi Komplek gunung Mas Blok C, Rt 2/2 Desa Tugu Selatan kecamatan Cisarua,” ujar Camat Cisarua Deni Humaedi.

Belum diketahui ada atau tidaknya korban jiwa dalam bencana banjir bandang di puncak Bogor ini. “Korban jiwa sementara tidak ada. kemudian sebagian warga dekat TKP diungsikan ke tempat yang lebih aman,” tukasnya.

Sementara itu, banjir berisi lumpur tebal dan bongkahan kayu tebangan. Nampak lumpur bercampur air membawa material banjir berisi kayu.

Hingga pukul 12:00 WIB, banjir susulan masih terus terjadi. Sebanyak 474 warga diungsikan ke tempat yang aman. Hingga kini belum ada laporan korban akibat bencana tersebut.

“Ya, telah terjadi banjir bandang (puncak) dan warga sudah dievakuasi oleh BPBD, dan sekarang lokasi-lokasinya sedang BPBD benahi supaya tidak tergenang air dan penumpukan sampah,” kata Bupati Bogor Ade Yasin.

Adapun untuk penyebabnya banjir bandang, Ade Yasin masih menunggu laporan dari lokasi.

Baca Juga: Gempa Guncang Pangandaran, Terasa hingga Tasikmalaya dan Banjar

“Longsor dan banjir bandang entah dari mana. Kita sedang tunggu laporannya. Apakah itu akibat dari pengelupasan di hutan atau di kebun teh? saya belum resmi mendapatkan informasi lengkap. Yang penting selamatkan dulu masyarakat evakuasi dulu setelah itu yang lain-lain,” jelasnya.

Warga sekitar Komplek Gunung Mas, Tugu Selatan, Puncak, Bogor diimbau waspada akan datangnya banjir bandang susulan.

Baca Juga: PVMBG Pantau 6 Gunung Api Aktif di Jawa Barat

Kondisi itu pun sempat membuat ratusan warga panik. Tak sedikit mereka berlarian menyelamatkan diri. Namun tak sedikit pula warga berdoa meminta perlindungan pada sang pencipta.

Seperti yang terekam video warga. Terdengar lantunan adzan berkumandang saat air bah banjir bandang menerjang kawasan Komplek Gunung Mas Puncak.

“Allahuakbar-Allahuakbar,” suara lantunan adzan dalam video.