Nasib Kebun Binatang Bandung Saat Pandemi Covid-19

oleh -
Nasib Kebun Binatang Bandung Saat Pandemi Covid-19
Pengunjung melihat kolesi satwa di Kebun Binatang Bandung (Bandung Zoological Garden), Kota Bandung. FOTO: TAOFIK ACHMAD HIDAYAT/RADAR BANDUNG

RADARBANDUNG.id, BANDUNG Kebun binatang Bandung atau Bandung Zoological Garden (Bazoga) ikut terkena imbas pandemi Covid-19.

Selama penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Proporsional Jawa Bali terjadi penurunan pengunjung yang cukup terasa.

Penurunan pengunjung terjadi sejak 11 Januari 2021 hingga penerapan PSBB Proporsional Kota Bandung.

Humas Bazoga, Sulhan Syafi’i menuturkan, dalam sehari jumlah pengunjung tidak pernah lebih dari 200 orang.

“Selama hari reguler, pengunjung kebun binatang Bandung menurun. Sekarang cuma 200 orang perhari, sedangkan selama hari libur akhir pekan seperti Sabtu kurang dari 500,” kata Sulhan via ponsel.

Meski ada penurunan, Sulhan tetap bersyukur. Pasalnya selama PSBB Proporsional Jawa Bali berlangsung, pihaknya tidak diminta untuk tutup.

Baca Juga: Restoran Simba Kebun Binatang Bandung, Sensasi Makan di Depan Kandang Singa

Menurutnya, saat ini tidak cuma Kebun Binatang Bandung saja yang terdampak pandemi, tapi hampir seluruh industri pariwisata terkena dampak pandemi yang berjalan hampir setahun ini.

“Kalau tutup pasti repot, sekarang sih meski pengunjung sedikit, tapi ya tetap dapat pemasukan,” tuturnya.

Terkait pertunjukan virtual, Sulhan mengaku belum memikirkan opsi tersebut. Menurutnya, pengunjung Kebun Binatang Bandung masih lebih senang datang langsung melihat atraksi para binatang.

Baca Juga: Nasib Saung Angklung Udjo di Ujung Tanduk, Terancam Bangkrut

“Kita sih sebenarnya kalau virtual itu SDM-nya belum ada dan justru itu mengeluarkan biaya lagi, sehingga kita belum rencana ke sana. Kita kemungkinan bersiap ke YouTube konten,” ungkapnya.

Sulhan menegaskan, selama Bazoga masih boleh beroperasi, kemungkinan akan tetap bertahan dan tetap ada pemasukan.

Ke depan, Sulhan menyebut akan memperketat aturan pengunjung berdasarkan aturan Pemkot Bandung.

“Jam buka kita pukul 10.00 WIB, kita tutup seperti biasa dikurangi jam operasional 2 jam saja sesuai ketentuan pemerintah,” imbuhnya.

(fid)