Deretan Coffee Shop di Bandung, Punya Wika Salim sampai yang Bergaya KPop

oleh -
Deretan Coffee Shop di Bandung, Punya Wika Salim sampai Bergaya KPop

MENIKMATI berbagai sudut Kota Bandung memang gak ada habisnya. Bandung punya tempat menarik, termasuk tempat kuliner dan coffee shop.

Nah, berikut beberapa tempat ngopi di Bandung sebagai referensi:

kedai kopi wika salim bandung

  1. 26 Coffee milik Wika Salim

Artis sekaligus penyanyi dangdut Wika Salim membuka bisnis Coffee Shop di Club House Bikers Brotherhood Motorcycle Club (BBMC), Jalan Wastu Kencana, Kota Bandung.

Wika Salim membuka bisnis saat kondisi pandemi Covid-19 dengan menawarkan kopi dan berbagai menu dengan harga murah, tanpa mengurangi kualitasnya.

Tempatnya pun strategis menjangkau banyak segmen. Ada minuman lain juga yang seger dengan harga kurang dari Rp20 ribu.

kedai kopi siniih kopi bandung

  1. Siniih Kopi

Desain interior bergaya Yunani atau Santorini jadi inspirasi Coffee Shop ‘Siniih Kopi’ di Jalan Bukit Pakar Timur, Bandung ini.

Siniih Kopi memperkenalkan ragam menu makanan dan minuman lezat dengan tempatnya yang sangat instagramable. Layaknya rumah bergaya Santorini, warna biru dongker dan putih mendominasi semua bagian kedai.

Dibuat bertingkat, pengunjung perlu menaiki tangga menuju bar kopi berukuran minimalis. Di sini pengunjung bisa memilih menu-menu makanan untuk mengisi perut.

Paling terkenal Johnpucino, signature kopinya. Johnpucino merupakan racikan es kopi susu yang meluber seperti bir dingin.

Foamnya lebih pekat dan banyak, sehingga akan meluber pada gelasnya. Saat-saat meluber ini yang membuat minuman ini begitu unik.

Kemudian, Kopi Colek. Sama seperti Johnpucino, Kopi Colek racikan terbaru barista. Mirip cappucino, foam pada Kopi Colek dibuat agak tebal, sehingga bisa dicolek dengan kue atau pastry.

Saat menikmatinya, pengunjung mendapatkan cheese roll sebagai teman santap Kopi Colek.

Coffee Shop Siniih Kopi juga menyajikan ragam menu makanan western dan Indonesia yang tak kalah lezat.

Beberapa rekomendasinya Mantau Beef Teriyaki, nasi Goreng Teriyaki, Bala-Bala Sambal Spesial, dan lainnya. Per gelas kopi di Siniih Kopi dibandrol mulai Rp 22 ribu-Rp 35 ribu.

Cafe atau tempat kopi dengan nuansa kental pop culture Korea Selatan hadir di Kota Bandung dengan nama Chuseyo.

  1. Chuseyo

Coffee Shop dengan nuansa kental pop culture Korea Selatan hadir di Bandung dengan nama Chuseyo. Berlokasi di Cihampelas, tempat ini bisa dimanfaatkan untuk beragam acara para penggemar KPop.

Sejauh ini, Kota Bandung merupakan cabang ke-22 karena potensial dengan banyaknya komunitas pecinta KPop.

Di sini pengunjung bisa menikmati beragam variasi minuman kopi dan non kopi resep Korea dengan harga yang bersahabat mulai Rp 19 ribu-Rp 30 ribu.

Ragam menu seperti Dalgona Coffee spesial Kopi Chuseyo yang creamy dengan resep asli Korea; Kopi Oppa, Banana Uyu, dan lainnya. Kopi Chuseyo selalu menyediakan kopi fresh brew sehingga tidak membuat kembung atau sakit maag.

kopi koprock candil

  1. ‘Koprock’

Vokalis rock ternama Tanah Air, Dian Dipa Chandra alis Candil terjun berbisnis bersama rekan seprofesinya.

Pelantun ‘Rocker Juga Manusia’ ini menghadirkan ‘Koprock’, kedai Kopi dengan tagline ‘Rocker Juga Ngopi’.

Kedai kopi ‘Koprock’ punya dua varian rasa menarik, blackmore dan brownnstone.

Brownstone merupakan es kopi yang rasanya lebih ringan dan cocok bagi penikmat es kopi susu pada umumnya. Sementara, blackmore racikan kopi hitam v60 yang cocok bagi pecinta kopi tanpa gula dan susu.

Bisnis kopi Candil eks Seurieus ini ia bangun bersama rekannya dalam grup band Seurieus, Dinar.

Konsepnya waralaba dengan menggunakan gerobak, dan menjual harga kopi lebih murah Rp 12 ribu -15 ribu.

Meskipun dibanderol cukup terjangkau, Candil memastikan kopi buatanya punya kualitas yang bagus. Koprock menggunakan 100 persen biji kopi arabika untuk hasilnya cita rasa yang sesuai.

Noka Coffee

  1. Noka Coffee

Tidak melulu soal rasa, kehadiran Coffee Shop rupanya bisa jadi kesempatan bagi petani kopi untuk meraih rezeki. Seperti yang Noka Coffee lakukan. Kedai kopi ini menjadikan petani-petani kopi Indonesia sebagai ciri khas dari kafenya.

Coffee Shop yang berlokasi di Jalan Bali No 15a, Bandung ini hadir dengan tema ‘The Infinite Story of Farmers’. Cerita-cerita dari petani kopi Indonesia coba diangkat dan bawa sampai ke tangan pembeli.

Banderol segelas kopi Rp15 ribu. Termasuk jenis specialty coffee. Karena memutus 7 rantai distribusi harga menjadi jauh lebih murah.

Kopi di sini dari ladang para petani yang punya keunikan tersendiri. Misalnya kopi Pak Tumino yang di tanam di Kayu Aro dengan ketinggian 1.600 mdpl tepat di kaki gunung api tertinggi, Gunung Kerinci.

Kemudian, pak Tumino juga pernah jadi finalis dalam kontes kopi specialty Indonesia dan punya ciri khas sendiri.

Lalu, Mak Santi, yang menanam biji kopi di Sungai Penuh yang berjarak sekitar 45 km dari kebun Pak Tumino.

Mak Santi memiliki satu proses kopi yang sangat diidolakan yaitu honey process dan juga fine robusta wash, yang pada tahun 2018 menjadi finalis kontes kopi specialty Yogyakarta dan mendapat posisi runner up.

kedai kopi kanyaah bandung

  1. Kopi Kanyaah

Konsep kopi ‘to-go’ belakangan banyak pelaku usaha Coffee Shopm khususnya di Bandung. Lebih minimalis dan hemat budget, konsep ini menarik banyak minat konsumen yang ingin mendapat kopi tapi terkendala waktu.

Salah satu Coffee Shop di Bandung yang mengusung konsep ini Kopi Kanyaah yang punya market pekerja kantoran dan pelajar yang sedang mencari kopi secara praktis.

Kopi Kanyaah berlokasi Jalan Kayu Agung II/C, Buah Batu. Perihal rasa jangan diragukan. Ada banyak ragam menu kopi dan non kopi yang semuanya bercita rasa lembut dan creamy.

Andalan Kopi Kanyaah Es Kopi Kanyaah yang merupakan es kopi susu dengan gula aren.

Rasa kopi yang tidak terlalu strong, berpadu dengan susu dan gula aren yang menyeimbangkan minuman ini.

Es kopi ini memang untuk konsumen yang baru mau coba minum kopi. Kadar kafein yang tidak terlalu tinggi, sangat cocok untuk perut peminum kopi pemula.

Tapi kalau mau yang lebih manis, Es Kopi Katresna bisa jadi pilihan. Ini adalah es kopi susu dengan campuran cokelat yang punya cita rasa sangat creamy.

Kedai kopi ini juga menggunakan dua jenis biji kopi asal Jawa Barat, yakni robusta dan arabika. Masing-masing biji menghasilkan aroma dan rasa. Yassin menambahkan, pengunjung bisa memilih biji kopi pilihan.

Untuk varian non kopinya, Kopi Kanyaah berkreasi dengan minumannya.

Beberapa varian menunya antara lain Es Mojito, Es Kadeudeuh Red Velvet (red velvet susu gula aren), Es Kadeudeuh Green Tea (green tea susu gula aren), dan Es Kadeudeuh Cokelat (cokelat susu gula aren).

Referensi lainnya: Hem.. Nikmatnya Kopi Mocktail Racikan Juara Barista

Selain bisa datang langsung, pemesanan Kopi Kanyaah juga bisa melalui layanan pesan antar dan memiliki satu cabang lain pada Jalan Mekarwangi.

Deu Coffee, kedai kopi bandung memiliki tempatnya yang unik dan instagramable

  1. Deu Coffee

Deu Coffee, dengan bangunan putih minimalis-nya belakangan jadi buah bibir kalangan anak muda karena konsep tempatnya yang unik dan instagramable.

Menempati lahan kosong pada kawasan Dipatiukur, Bandung, Deu Coffee menghadirkan menu makan dan minum. Ada banyak pilihan, baik bagi penyuka kopi atau tidak pada Coffee Shop satu ini.

Paling rekomendasi Es Kopi Susu Deu yang sangat lembut. Meski es kopi susu, pengunjung jangan terkecoh karena komposisi kopi dan susunya lebih banyak susu. Sehingga menghasilkan cita rasa kopi yang begitu light.

Sedangkan, buat yang tidak suka kopi, ragam minuman berasa seperti es cokelat, es matcha latte, es kopi strawberry, clocks, dan piscof (minuman dengan campuran biskuit) bisa jadi pilihannya.

Referensi lainnya: Varian Es Kopi Kekinian yang Bikin Nagih di Bandung

Deu Coffee juga punya banyak camilan yang jadi teman santai pengunjung. Menu-menu ringan seperti bitter bolen, cireng, pisang goreng, churros, dan bakso goreng cocok menemani segelas es kopi susu.

Skyview Coffee Bus

  1. Skyview Coffee Bus

Mengusung tagline ‘Sensasi Ngopi ala Ningrat’, Trijaya Trans melakukan terobosan baru yang hadir di Kota Bandung dengan menghadirkan Skyview Coffee Bus.

Dengan konsep bus pariwisata, pengunjung akan dibawa berkeliling Bandung sembari menikmati beragam camilan dan kopi.

Menggandeng Mercure Bandung City Centre, kolaborasi Coffee Shop tersaji unik karena menggabungkan ngopi sambil jalan-jalan.

Selama 120 menit, pengunjung akan keliling Bandung. Bus berkapasitas 26 orang ini disulap layaknya restoran mahal.

Referensi lainnya: Ngopi di Kedai Kopi Mage Bayarnya Suka-suka

Interior dalam bus tampak mewah dengan kursi dan meja lengkap yang disetting seperti meja makan.

Dalam bus juga tersedia fasilitas karaoke sebagai alternatif yang mau bersuka cita dengan nyanyi-nyanyi bersama teman-teman.

Bus ini memang bisa dipesan untuk grup atau sewa, sehingga kalau mau kumpul keluarga atau teman bisa menyewa bus ini dengan jalur sesuai pesanan, dengan jadwal keberangkatan 3 hari dalam satu minggu di hari Jumat, Sabtu, dan Minggu.

Harga yang ditawarkan yaitu Rp65 ribu untuk VIP seat dan reguler seat Rp55 ribu.

(fid/ysf/radarbandung.id)