News

Industri Fashion Masih Potensial, Motzint Produksi 40 Ribu Produk Setiap Bulan

Radar Bandung - 05/02/2021, 11:43 WIB
Oche Rahmat
Oche Rahmat
Tim Redaksi
Industri Fashion Masih Potensial, Motzint Produksi 40 Ribu Produk Setiap Bulan

RADARBANDUNG.id, BANDUNG — Bisnis industri fashion tetap potensial meningkat di tengah pandemi Covid-19. Salah satu brand asal Kota Bandung, Motzint Original bisa mendistribusikan 40 ribu produk setiap bulan ke hampir seluruh wilayah Indonesia.

Pemilik Motzint Origina, Gilang Permana Kencana (26) mengatakan industri fashion punya pangsa pasarnya yang luas. Dengan demikian, perlu beberapa strategi dan adaptasi sesuai dengan kondisi agar kinerja bisnis tetap terjaga.

“Karena fashion semua orang membutuhkan, pangsa pasarnya luas, dan barangnya gak cepat basi,” ujar Gilang.

Motzint Original fokus mengembangkan produk fashion pria, seperti jaket trucker, celana chino, dan kaos. Namun, produk yang paling dijagokan brand ini adalah celana cargo pendek dan panjang. Seiring berjalannya waktu, banyak konsumen perempuan yang bisa dijangkau.

Harga yang ditawarkan mulai dari Rp100.000 untuk produk celana, Rp80.000 untuk kemeja, Rp55.000 untuk kaos, dan Rp145.000 untuk jaket dengan kualitas premium.

Brand tersebut kini memiliki 15 orang yang mengurus pesanan daring dan 500 reseller yang tersebar di seluruh Indonesia. Sedangkan untuk produksi, ia bisa mempekerjakan 40 penjahit.

Gilang dan timnya mampu memproduksi hingga 48.000 produk per bulan. Perinciannya, Celana 16.000 produk, kaos 20.000 produk, kemeja 8.000 produk, dan jaket 4.000 produk.

Ia membocorkan sejumlah rahasia dalam menjaga kinerja bisnis Motzint, di antaranya adalah rutin memberikan promo dan potongan besar 70 persen hingga 89 persen.

“Promonya dan diskon bisa per produk, double deals atau flash sale. Pada awal pertama kali kami mengadakan flash sale, produk terjual 1.000 buah hanya dalam beberapa jam saja,” kata dia.

Pemberian promo dan diskon tersebut tidak terlepas dari kondisi konsumen yang banyak kesulitan dengan kondisi pandemi. Gilang berencana di tahun ini mengalokasikan sebagian keuntungan untuk donasi kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Bantuannya bisa dikerjasamakan dengan lembaga penyalur bantuan, atau kami bisa saja situasional, misalnya bantuan diberikan kepada warga yang terkena bencana alam, bentuknya bisa uang atau barang. Mudah-mudahan bisa terealisasi,” ungkapnya.

Gilang yakin bahwa industri fashion masih bisa berkembang meski berada dalam situasi pandemi. Ia pun berharap banyak pengusaha khususnya anak muda yang memiliki optimisme serupa.

Dari pengalamannya, ada sejumlah hal yang menjadi kunci dalam beradaptasi. Beberapa di antaranya adalah menguasai ekosistem daring yang memiliki pasar lebih luas.

“Pelajari sistemnya, karena kan harus dipikirkan biaya iklan untuk promosi, konten dan lain sebagainya. Tentukan target market, harus tahu selera pasar dan perbanyak relasi. Poin terakhir, khusus anak muda kalu bisa harus punya mentor yang punya pengalaman,” terang dia.

(bbs)


Terkait Lifestyle
Menstruasi Bukan Halangan! Ini Tips agar Tetap Aktif dan Percaya Diri
Lifestyle
Menstruasi Bukan Halangan! Ini Tips agar Tetap Aktif dan Percaya Diri

RADARBANDUNG.id –  Bagi perempuan aktif, terutama dari kalangan Gen Z yang sibuk dengan aktivitas kuliah maupun pekerjaan, menstruasi kerap menjadi tantangan tersendiri. Mulai dari perubahan mood, nyeri fisik, hingga masalah kebersihan area kewanitaan bisa mengganggu produktivitas. Menyadari hal ini, PT Uni-Charm Indonesia Tbk (UCI) melalui brand Charm, menghadirkan kampanye bertajuk “Ekspresikan Diri Tanpa Henti” sebagai […]

Hadirkan Kembali Quality Time Bersama Faber-Castell Creative Family Award
Lifestyle
Hadirkan Kembali Quality Time Bersama Faber-Castell Creative Family Award

RADARBANDUNG.ID, JAKARTA – Sukses dengan pelaksanaan di tahun-tahun sebelumnya, Faber-Castell di tahun ini kembali mengajak anak-anak Indonesia berkreasi bersama keluarga dalam lomba gambar melalui Faber-Castell Creative Family Award. Sama dengan beberapa tahun sebelumnya, tahun ini Faber-Castell menawarkan hadiah utama yakni berwisata kreatif ke Malaysia untuk para pemenang nasional/utama. “Perbedaanya tahun ini kami menggunakan nama Creative […]

Vans Perkuat Pasar Bandung dengan Buka Gerai di 23 Paskal  
Lifestyle
Vans Perkuat Pasar Bandung dengan Buka Gerai di 23 Paskal  

RADARBANDUNG.id – Vans Indonesia kembali memperluas jangkauan retailnya dengan membuka toko ketiga di Kota Bandung, yang berlokasi di 23 Paskal. Kehadiran toko baru ini menambah total jaringan Vans menjadi 38 toko di seluruh Indonesia. Johanes Adjie Putra, Asisten Marketing Manager, menjelaskan bahwa ekspansi ini merupakan bagian dari strategi untuk lebih mendekatkan diri ke konsumen, terutama […]

Buka di Mall PVJ Bandung, Platinum Resto & Cafe Bawa Konsep Baru dan Spesial Menu
Lifestyle
Buka di Mall PVJ Bandung, Platinum Resto & Cafe Bawa Konsep Baru dan Spesial Menu

Platinum Resto & Cafe resmi membuka gerai barunya di mall Paris Van Java (PVJ) Kota Bandung dengan menghadirkan konsep baru pada Rabu (4/6)..

location_on Mendapatkan lokasi...
RadarBandung AI Radar Bandung Jelajahi fitur berita terbaru dengan AI
👋 Cobalah demo eksperimental yang menampilkan fitur AI terkini dari Radar Bandung.