News

Industri Fashion Masih Potensial, Motzint Produksi 40 Ribu Produk Setiap Bulan

Radar Bandung - 05/02/2021, 11:43 WIB
Oche Rahmat
Oche Rahmat
Tim Redaksi
Industri Fashion Masih Potensial, Motzint Produksi 40 Ribu Produk Setiap Bulan

RADARBANDUNG.id, BANDUNG — Bisnis industri fashion tetap potensial meningkat di tengah pandemi Covid-19. Salah satu brand asal Kota Bandung, Motzint Original bisa mendistribusikan 40 ribu produk setiap bulan ke hampir seluruh wilayah Indonesia.

Pemilik Motzint Origina, Gilang Permana Kencana (26) mengatakan industri fashion punya pangsa pasarnya yang luas. Dengan demikian, perlu beberapa strategi dan adaptasi sesuai dengan kondisi agar kinerja bisnis tetap terjaga.

“Karena fashion semua orang membutuhkan, pangsa pasarnya luas, dan barangnya gak cepat basi,” ujar Gilang.

Motzint Original fokus mengembangkan produk fashion pria, seperti jaket trucker, celana chino, dan kaos. Namun, produk yang paling dijagokan brand ini adalah celana cargo pendek dan panjang. Seiring berjalannya waktu, banyak konsumen perempuan yang bisa dijangkau.

Harga yang ditawarkan mulai dari Rp100.000 untuk produk celana, Rp80.000 untuk kemeja, Rp55.000 untuk kaos, dan Rp145.000 untuk jaket dengan kualitas premium.

Brand tersebut kini memiliki 15 orang yang mengurus pesanan daring dan 500 reseller yang tersebar di seluruh Indonesia. Sedangkan untuk produksi, ia bisa mempekerjakan 40 penjahit.

Gilang dan timnya mampu memproduksi hingga 48.000 produk per bulan. Perinciannya, Celana 16.000 produk, kaos 20.000 produk, kemeja 8.000 produk, dan jaket 4.000 produk.

Ia membocorkan sejumlah rahasia dalam menjaga kinerja bisnis Motzint, di antaranya adalah rutin memberikan promo dan potongan besar 70 persen hingga 89 persen.

“Promonya dan diskon bisa per produk, double deals atau flash sale. Pada awal pertama kali kami mengadakan flash sale, produk terjual 1.000 buah hanya dalam beberapa jam saja,” kata dia.

Pemberian promo dan diskon tersebut tidak terlepas dari kondisi konsumen yang banyak kesulitan dengan kondisi pandemi. Gilang berencana di tahun ini mengalokasikan sebagian keuntungan untuk donasi kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Bantuannya bisa dikerjasamakan dengan lembaga penyalur bantuan, atau kami bisa saja situasional, misalnya bantuan diberikan kepada warga yang terkena bencana alam, bentuknya bisa uang atau barang. Mudah-mudahan bisa terealisasi,” ungkapnya.

Gilang yakin bahwa industri fashion masih bisa berkembang meski berada dalam situasi pandemi. Ia pun berharap banyak pengusaha khususnya anak muda yang memiliki optimisme serupa.

Dari pengalamannya, ada sejumlah hal yang menjadi kunci dalam beradaptasi. Beberapa di antaranya adalah menguasai ekosistem daring yang memiliki pasar lebih luas.

“Pelajari sistemnya, karena kan harus dipikirkan biaya iklan untuk promosi, konten dan lain sebagainya. Tentukan target market, harus tahu selera pasar dan perbanyak relasi. Poin terakhir, khusus anak muda kalu bisa harus punya mentor yang punya pengalaman,” terang dia.

(bbs)


Terkait Lifestyle
IHG Hotels & Resorts Hadirkan Voco Bandung Setiabudi Dengan Kamar Bergaya Modern
Lifestyle
IHG Hotels & Resorts Hadirkan Voco Bandung Setiabudi Dengan Kamar Bergaya Modern

RADARBANDUNG.id – IHG Hotels & Resorts, salah satu perusahaan jaringan perhotelan internasional, membuka Voco Bandung Setiabudi. Setiap properti Voco memiliki pesona khasnya masing-masing, yang memberikan pengalaman unik bagi para tamu, sekaligus menciptakan suasana hangat yang lebih santai dan nyaman. Diperkaya dengan sentuhan personal yang memikat dan nuansa khas Bandung, Voco Bandung Setiabudi menjadi gerbang sempurna […]

MODENA Luncurkan Onyx Series, Water Heater Bergaya Elegan untuk Kamar Mandi Modern
Lifestyle
MODENA Luncurkan Onyx Series, Water Heater Bergaya Elegan untuk Kamar Mandi Modern

RADARBANDUNG.id — MODENA memperkenalkan Onyx Series, lini pemanas air terbaru yang memadukan desain sleek dengan teknologi pintar, hadir sebagai jawaban atas kebutuhan rumah tangga modern yang mengutamakan fungsionalitas dan estetika. Koleksi flagship ini kini tersedia di RKM Ahmad Yani, Bandung, dan siap memberikan pengalaman mandi yang lebih nyaman, stylish, dan efisien. Tampil dengan balutan warna […]

Pekan Raya Ina Meriahkan Milad ke-33 Ina Cookies
Lifestyle
Pekan Raya Ina Meriahkan Milad ke-33 Ina Cookies

  RADARBANDUNG.id – Merayakan lebih dari tiga dekade perjalanan manisnya, Ina Cookies, brand kue kering handmade nomor satu di Indonesia, menggelar rangkaian acara spesial bertajuk Pekan Raya Ina. Founder dan Komisaris Ina Cookies, Ina Wiyandini mengatakan, Pekan Raya Ina berlangsung pada 25–27 Juli 2025 secara serentak di Bandung, Bekasi, dan Surabaya, sebagai bagian dari perayaan […]

MOC Hadirkan Konsep Toko Baru di 23 Paskal, Bandung
Lifestyle
MOC Hadirkan Konsep Toko Baru di 23 Paskal, Bandung

RADARBANDUNG.id — Brand fashion pria MOC yang berada di bawah naungan PT Mega Perintis Tbk resmi membuka kembali tokonya dengan tampilan terbaru di 23 Paskal Shopping Center, Bandung. Gerai ini kini berlokasi di Lantai 3 Unit 63B dengan area yang lebih luas, mencapai 97,85 meter persegi. “Kami sangat antusias memperkenalkan konsep toko terbaru MOC di […]

location_on Mendapatkan lokasi...
RadarBandung AI Radar Bandung Jelajahi fitur berita terbaru dengan AI
👋 Cobalah demo eksperimental yang menampilkan fitur AI terkini dari Radar Bandung.