Waspada Varian Baru Corona, Bandara Husein Perketat Pemeriksaan Wisman

oleh -
Waspada Varian Baru Corona, Bandara Husein Perketat Pemeriksaan Wisman
Ilustrasi: Pesawat boing 737 milik maskapai Lion Air mendarat di Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung. Foto : Taofik Achmad Hidayat/Radar Bandung

Bandara Husein Sastranegara menerapkan penanganan varian baru Corona B117 

RADARBANDUNG.id, BANDUNG – Adanya varian baru Corona B117 di Indonesia tentunya membuat masyarakat semakin waspada. Apalagi dua pasien pertama ditemukan di Karawang, Jawa Barat dengan penanganan yang lebih serius.

Guna mengantisipasi penyebaran virus baru, sarana transportasi memperketat protokol kesehatan, khususnya dalam kedatangan tamu luar negeri.

Salah satunya Bandara Husein Sastranegara yang menerapkan penanganan virus Covid-19 sebagai antisipasi B117.

Executive General Manager Kantor cabang Bandara Husein Sastranegara, R Iwan Winaya Mahdar menuturkan, sampai saat ini pihaknya masih mengacu pada surat edaran yang masih berlaku, yaitu SE No. 21/2021 tentang petunjuk pelaksanaan perjalanan Internasional dengan transportasi udara pada masa pandemi Covid-19.

Menurutnya, pada SE tersebut berlaku peraturan tentang protokol perjalanan luar negeri, seperti pengecekan dokumen kesehatan, hasil tes PCR, dan lainnya.

“Artinya kita belum ada turunan terkait SE khusus (virus baru B117). Kemudian kita juga mengacu ada SE 08 dari Satuan Tugas Covid-19, itu juga terkait dengan penanganan penerbangan internasional, treatmentnya pun sama,” kata Iwan dihubungi, Kamis (4/3).

Kendati belum ada penanganan atau protokol khusus terkait virus Corona B117, pihak Bandara Husein Sastranegara tetap memperketat kedatangan wisatawan lokal dan wisatawan mancanegara (Wisman), atau yang akan bepergian.

Pengetatan protokol kesehatan seperti menggunakan masker dan APD lengkap bagi petugas bandara.

Kemudian, di beberapa sudut ruangan bandara juga disediakan disinfektan automatic, wastafel, dan pembersihan area bandara dengan cairan disinfektan sebanyak tiga kali dalam sehari.

Baca Juga: