Buka Event Triathlon, Ridwan Kamil Ajak Jaga Produktivitas di Tengah Pandemi

oleh -

RADARBANDUNG.id, KAB. BANDUNG BARAT – Sejak pandemi COVID-19 melanda, olahraga jadi salah satu pilihan terbaik guna memperkuat imun tubuh. Sebagian masyarakat melakukan berbagai macam olahraga untuk menjaga kesehatan jasmani. Salah satunya adalah triathlon.

Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menyatakan, olahraga di ruang terbuka dengan menerapkan protokol kesehatan memiliki banyak khasiat. Selain memperkuat imunitas, olahraga dapat merawat kesehatan jiwa.

Hal itu dikatakan Ridwan Kamil saat membuka Bandung Barat Triathlon di Kota Baru Parahyangan, Kabupaten Bandung Barat, Minggu (14/03/2021).

“Hari ini, melalui gagasan (Wakil Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan) yang luar biasa, pertama kalinya diadakan triathlon. Pandemi ini memberikan semangat agar kita tetap produktif,” kata Kang Emil.

“Gara-gara COVID-19, banyak yang menjadi generasi rebahan, mudah-mudahan dengan kegiatan outdoor seperti hari ini bisa memberikan semangat,” imbuhnya.

Bandung Barat Triathlon diikuti 50 peserta karena pendafatarn terbatas dan menyesuaikan dengan protokol kesehatan. Para peserta melewati tahapan awal dengan bersepeda sejauh 20 kilometer. Lalu, berlari sejauh 3 kilometer. Dan diakhiri dengan golf sebanyak 18 holes. Seluruh kegiatan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Hadir juga sejumlah tokoh publik yang ikut berpartisipasi dalam acara Bandung Barat Triathlon yakni, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto, Wakil Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan, Wakil Bupati Indramayu Lucky Hakim serta artis nasional Raffi Ahmad.

Dalam keadaan pandemi seperti ini, Kang Emil menginginkan penyelenggaraan kegiatan seperti Bandung Barat Triathlon bisa digelar di 27 kabupaten/kota di Jabar.

“Saya motivasi juga untuk menyelenggarakan kegiatan serupa, titip untuk pak Bima Arya agar bisa dilakukan di Kota Bogor,” tuturnya.

“Kita sukseskan juga vaksinasi, maka kegiatan yang kita rindukan InsyaAllah masih bisa terjaga. Dengan apapun produktivitasnya, kita gunakan protokol kesehatan yang ketat,” tambahnya.

Selain meningkatkan imun tubuh dan meningkatkan semangat, kegiatan seperti Bandung Barat Triathlon dapat meningkatkan pendapatan UMKM setempat, karena ada juga stand-stand khas yang ada dalam acara tersebut.

“Mari kita mulai kegiatan yang luar biasa ini, mudah-mudahan UMKM Bandung Barat dapat meningkat,” ucap Kang Emil.

Pada acara tersebut, Jabar Bergerak memberikan bantuan alat masak untuk UMKM Kabupaten Bandung Barat.

Sementara itu, Wakil Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan sekaligus penggagas acara Bandung Barat Triathlon menyebutkan bahwa hasil kegiatan outdoor ini akan diberikan untuk UMKM di Bandung Barat.

“Kehadiran para peserta tentu ini menjadi penyemangat bagi kita semua dan acara ini momentum untuk kita bangkit kembali, khususnya UMKM Bandung Barat. Alhamdulillah dengan kegiatan ini sangat terbantu ada omzet bagi mereka,” ucapnya.

“Alhamdulillah hari ini kita bisa berkegiatan meskipun sederhana mudah-mudahan ini bermakna,” imbuhnya.

(rls)