Setahun Pandemi, Cara Forest Interactive Kelola Hubungan dengan Karyawan

oleh -
Setahun Pandemi, Cara Forest Interactive Kelola Hubungan dengan Karyawan
Keberagaman Karyawan Forest Interactive dari 30 kewarganegaraan saat Gala Dinner tahun 2019.

Cara Forest Interactive Kelola Hubungan dengan Karyawan selama setahun pandemi Covid-19 mewabah

RADARBANDUNG.id – Selama pandemi, perusahaan teknologi kerap dianggap sebagai sektor yang paling mampu menyesuaikan diri. Hal ini karena pada sektor ini sudah terbiasa beraktivitas menggunakan teknologi untuk berkomunikasi maupun menjalankan aktivitas bisnis dan mengatasi tantangan pekerjaan tatap muka.

Ternyata, anggapan ini tidak sepenuhnya benar. Apalagi di tengah isu yang kerap mewarnai industri teknologi, seperti Forest Interactive. Yakni, tingginya angka turn over karyawan dikarenakan adanya fenomena bajak-membajak karyawan (hijacking) SDM.

Selain itu, tentu saja harus beradaptasi menemukan cara-cara inovatif agar karyawan dapat tetap produktif dan kepuasan konsisten terjaga, tanpa meningkatkan risiko kesehatan mental selama bekerja dari rumah.

Menyikapi hal tersebut, Forest Interactive yang merupakan perusahaan platform seluler yang menyediakan produk dan layanan seperti digital voucher platforms, value added service, ringback tone, portal pembelian voucher games, hingga  mobile esports ecosystem ini menginisiasi program untuk internal karyawan bernama #BetterTogether.

Tujuannya, selain untuk menjawab berbagai isu tadi, juga agar lebih dari 220 karyawan Forest Interactive di 17 kantor fisik di seluruh dunia dapat tetap terhubung, solid dan harmonis meski sedang menghadapi masa sulit.

“Lockdown yang diterapkan di seluruh 17 kantor kami secara global benar-benar suatu pengalaman baru. Padahal selama ini aset terbesar kami ada pada pertemuan tatap muka dan kegiatan fisik. Perubahan drastis ini menimbulkan banyak dinamika yang menuntut kami untuk segera beradaptasi,” kata Sheena Pimentel, Head of Corporate PR Forest Interactive.

Untungnya, pihaknya memiliki talenta-talenta yang menyenangkan, cerdas dan memiliki segudang ide, yang tersebar pada hampir 30 negara. Mereka dilibatkan untuk ambil bagian dalam aktivitas virtual, baik yang resmi maupun untuk tujuan bersenang-senang.

Perusahaan lantas merangkum ide dan gagasan mereka ke dalam tiga rumusan strategi komunikasi program #BetterTogether yang mengandung makna “Meski bekerja secara jarak jauh, kami lebih baik bersama” itu. Pertama, sebagai wadah untuk berkegiatan dan berinteraksi secara digital.

Kedua, menyelenggarakan berbagai kegiatan guna mempererat hubungan antarkaryawan. Ketiga, memproduksi konten digital berupa newsletter, poster, video singkat untuk disampaikan secara berkala dengan tujuan memotivasi karyawan selama periode bekerja dari rumah.

Aksi komunikasi tersebut selanjutnya dituangkan ke dalam berbagai program inovatif Forest Interactive seperti Virtual Pantry, 30 Minutes Product Knowledge Webinar, kompetisi TikTok, After Hour Friday Quiz Nights, turnamen esport antarkaryawan, hingga masih banyak lagi.

“Sebagai perusahaan berbasis komunitas, kami selama ini rutin memberikan perhatian dan anggaran yang cukup besar untuk program seperti penguatan persahabatan antar tim, perayaan nasional, hari keagamaan, penghargaan besar, dan lainnya. Pandemi mendorong kami untuk menghasilkan strategi baru agar standar kualitas dan budaya perusahaan tetap terjaga dan dipegang teguh,” ujarnya.

Program Forest Interactive untuk internal ini mendapat respons positif. Hasilnya, berdasarkan audit indeks kepuasan karyawan pada Desember 2020 tercatat 92% dari total 181 responden menyatakan puas dengan program dan upaya yang sudah manajemen Forest Interactive lakukan.

Tingkat kepercayaan karyawan Forest Interactive pun terbilang tinggi, mencapai 83%. Serta, 73% responden menyatakan tidak memiliki keinginan mengundurkan diri dari perusahaan. Adapun pengukurannya menggunakan Microsoft Productivity Score.

Berbagai upaya mengelola hubungan dengan internal karyawan selama pandemi ini berbuah makin manis. Sebab, Rabu (31/3/2021), Forest Interactive, perusahaan yang hadir di Indonesia sejak tahun 2012 mendapat apresiasi dua Gold Winner di ajang PR INDONESIA Awards (PRIA) 2021, kompetisi kehumasan/public relations (PR) paling komprehensif setanah air. Masing-masing untuk subkategori Website dan Corporate PR dengan program #BetterTogether.

“Pandemi telah memperkuat keyakinan kami bahwa perusahaan yang kuat dibangun di atas hubungan yang baik antara manajemen dengan karyawan. Kami juga percaya bahwa tidak ada ide yang menakutkan atau ‘gila’ selama niatnya baik,” pungkas Sheena.

(pra)