Hasil Sidang Isbat Hari Ini, 1 Ramadhan 2021 Jatuh pada 13 April

oleh -
Hasil Sidang Isbat 1 Ramadhan 2021 Pada 13 April
Petugas dari Kemenag Provinsi Riau melakukan pemantauan hilal menggunakan teleskop di puncak gedung The Zuri Pekanbaru untuk menentukan jatuhnya 1 syawal, Pekanbaru. ( MHD AKHWAN/RIAUPOS)

RADARBANDUNG.id – HASIL sidang isbat Ramadhan 2021. Pemerintah menetapkan 1 Ramadhan 1442 H 2021 yang menandai awal pelaksanaan ibadah Puasa 2021 jatuh pada Selasa (13/4).

Penetapan tersebut sebagai hasil sidang isbat Ramadhan 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama (Kemenag) pada Senin (12/4) sore.

Adapun, rapat sidang isbat sidang Ramadhan 2021 ini dipimpin langsung Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Kesepakatan Hasil Sidang Isbat Ramadhan 2021

Menurutnya, hasil sidang isbat menyepakati besok adalah 1 Ramadhan 1442 H berdasarkan perhitungan hisab dan pemantauan hilal.

“Di sidang isbat tadi kami mendapatkan laporan sudah ada 13 orang yang dibawah sumpah menyaksikan bahwa hilal sudah dilihat itu sehingga keputusan dari sidang isbat tadi tanpa ada perbedaan, tanpa ada dissenting opinion (perbedaan pendapat), bersepakat dan kami menetapkan bahwa 1 Ramadhan 1442 Hijriah jatuh pada tanggal 13 April,” ungkap Yaqut dalam siaran YouTube Kemenag RI, Senin (12/4).

Baca Juga: 24 Lagu Ramadhan 2021 yang Menenangkan Hati

Adapun, pemantauan hilal ini dilakukan di 88 titik di sejumlah wilayah Tanah Air. Mulai dari Sabang sampai Merauke oleh para petugas Kanwil Kemenag provinsi bekerja sama dengan ormas Islam, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dan Mahkamah Agung untuk melakukan rukyatul hilal.

Berdasarkan laporan tim pemantau hilal, bahwa bulan baru terlihat. Hal itu pun menandai awal bulan Ramadhan 1442 Hijriah.

Baca Juga: Hilal Terlihat, Insya Allah Awal Ramadhan 2021 Besok

“Selamat menjalankan ibadah puasa kepada saudara-saudara muslim yang menjalankan dan di perbolehkan secara syar’i untuk menjalankan ibadah puasa, mari kita ciptakan suasana Ramadan ini dengan kekhusukan dengan ketenangan, tanpa kita ciderai dengan hal-hal yang justru menjauhkan kita dari hikmah Ramadan itu sendiri,” imbuhnya.

Sebelum dilakukan sesi pemantauan, sidang juga mendengarkan paparan posisi hilal awal Ramadhan 1442 Hijriah oleh Tim Falakiyah Kemenag, Cecep Nurwendaya.

Atas keputusan tersebut, mulai Senin malam ini, para umat muslim di Indonesia sudah melaksanakan salat tarawih. Sementara itu, ibadah puasa perdana akan dilakukan mulai besok.

(jpc)