Disnakertrans KBB Segera Sebar Surat Edaran THR 2021, Ini Isinya

oleh -
Disnakertrans KBB Segera Sebar Surat Edaran THR 2021
Ilustrasi/Ist

RADARBANDUNG.id, NGAMPRAH – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kab. Bandung Barat (KBB) bakal menyebarkan Surat Edaran (SE) terkait pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) 2021 ke setiap perusahaan.

Kadisnakertrans KBB, Panji Hermawan mengatakan, pemerintah pusat resmi mengeluarkan Surat Edaran (SE) Menteri Tenaga Kerja RI Nomor M/6/HK.04/IV/2021 Tentang Pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) Keagamaan Tahun 2021 Bagi Pekerja /Buruh di Perusahaan.

Surat Edaran Pembayaran THR 2021

“Pada pembagian THR Keagamaan 2021, perusahaan membayar 7 hari sebelum Hari Raya Idul Fitri dengan nominal penuh,” katanya saat ditemui Radar Bandung, Selasa (13/4).

Panji katakan, sejauh ini dari jumlah kurang lebih 800 perusahaan tidak ada yang mengajukan penangguhan maupun pembayaran secara dicicil. Hal itu terlihat dari belum adanya laporan tertulis kepada Disnakertrans.

“Pada saat penandatanganan UMK Kab/Kota Bandung Barat beberapa waktu lalu, perusahaan tidak ada yang mengajukan keberatan untuk pembayaran THR,” ucapnya.

Panji menyebut, jika di kemudian hari ada perusahaan yang terganjal untuk membayarkan THR lantaran kesulitan ekonomi, penyelesaian adalah dengan melakukan mediasi antara perusahaan dan pekerja.

“Kalau ada yang seperti itu nantinya akan ada upaya mediasi, dengan catatan tidak ada satu pihak pun yang dirugikan,” katanya.

Ia pun menegaskan, pada pelaksanaan pembayaran THR keagamaan tahun ini dibayar sekaligus berdasarkan SE tersebut. Dengan begitu, diharapkan perusahaan dapat merealisasikan secara maksimal.

“Dalam SE tadi sudah jelas dibayar sekaligus, kalau dulu dicicil karena pandemi Covid-19 baru masuk dan benar benar berdampak pada perekonomian,” pungkasnya.

Halaman Berikutnya: Isi Surat Edaran Pembayaran THR Idul Fitri 2021