Sajian Kuliner Buka Puasa, Legitnya Daging Durian

oleh -
Sajian Kuliner Buka Puasa, Legitnya Daging Durian
Stall durian yang jadi salah satu menu andalan berbuka puasa di Purnawarman Restauran, Hilton Hotel Bandung, Jalan HOS Tjokroaminoto. (NUR FIDHIAH SHABRINA/RADAR BANDUNG)

Sajian kuliner buka puasa di Purnawarman Restauran menyajikan olahan durian sebagai salah satu menu berbuka puasa

RADARBANDUNG.id – PEMERINTAH kembali mengizinkan masyarakat menggelar buka puasa bersama dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Momentum ini dimanfaatkan industri kuliner untuk berinovasi dengan sajian kuliner buka puasa yang lezat dan mengenyangkan. Seperti di Purnawarman Restauran yang menyajikan olahan durian sebagai salah satu menu berbuka puasa.

Buah bercita rasa manis dan dagingnya yang tebal dibuat menjadi aneka makanan, baik sebagai takjil atau makanan pencuci mulut.

Executive Chef Hilton Hotel Bandung Tony Saputra menuturkan, durian sudah jadi primadona dari Purnawarman Restauran. Berangkat dari sana, tim f&b Hilton Hotel Bandung akhirnya memilih durian sebagai sajian pendamping berbuka puasa, disamping menu-menu lainnya yang tak kalah lezat.

Menurut Tony, setelah tahun lalu tidak ada kegiatan buka puasa bersama, diyakini banyak tamu yang merindukan hidangan di Hilton Hotel Bandung. Maka, ia menghadirkan hidangan terbaik di Purnawarman Restauran.

“Kita mau mengembalikan tamu-tamu yang rindu gak ketemu sama menu-menu di Purnawarman Restauran. Salah satunya adalah durian karena banyak yang suka buah ini. Hidangan ini sekaligus memanjakan tamu yang sudah setahun gak ngerasain makanan di sini,” kata Tony di Hilton Hotel Bandung, Jalan HOS Tjokroaminoto, Selasa (13/4).

Khusus untuk menu buka puasa, Tony mengolah durian menjadi dua jenis hidangan, yakni es campur dan daging durian. Es campur yang segar dengan isian ragam buah-buahan, ditambah daging durian yang masih utuh membuat rasanya semakin segar dan tepat diminum untuk buka puasa.

Sedangkan, kalau tamu mau makan daging duriannya saja, pihaknya juga menyediakan dengan batas waktu makan selama dua jam saja.

Baca Juga: Puasa Sebentar Lagi, Selalu Sediakan Hidangan Ini di Rumah

“Buah durian ini menyegarkan dan pakai durian lokal jadi dijamin kesehatannya. Saya buat dua jenis, pertama sebagai campuran di menu es campur, atau orang ada yang pengin makan duriannya langsung,” jelasnya.

Sajian Kuliner Buka Puasa, Legitnya Daging Durian
Ragam masakan berbuka puasa mulai dari menu andalan Indonesia, Asia, hingga masakan Timur Tengah dalam tajuk ‘Karnaval Ramadhan Stall Serving’, di Purnawarman Restauran, Hilton Hotel Bandung, Jalan HOS Tjokroaminoto. (NUR FIDHIAH SHABRINA/RADAR BANDUNG)

Paket Kuliner Buka Puasa

Selain itu, dalam tajuk ‘Karnaval Ramadhan Stall Serving’, tamu bisa menemukan ragam masakan lain, mulai dari menu andalan Indonesia, Asia, hingga masakan Timur Tengah.

Baca Juga: Begini Menu Sahur dan Buka Puasa Kaya Gizi yang Mesti Kamu Konsumsi Selama Ramadan

Kata Tony, yang jadi spesial menu pada paket kuliner buka puasa di sini adalah jajaran makanan yang melimpah.

Iga Sapi Konro Bakar dan Kambing Guling adalah dua masakan yang biasanya paling diburu. Ada juga aneka sushi, rujak Nusantara, angkringan, ikan bakar colo-colo, hingga live cooking seafood yang bisa jadi alternatif makan berat setelah takjil.

Baca Juga: Cicipi Ragam Menu Buka Puasa Terbaru ala Upnormal Coffee Roasters, Maknyos!

Live cooking seafood terdiri atas kepiting, udang, cumi, hingga aneka kerang dan ikan yang dimasak dengan berbagai saus, di antaranya saus Padang, blackpepper, kari, Singapura, dan lainnya. “Tamu bisa pilih seafood mana yang mau dimasak kemudian pilih sausnya. Stall seafood juga jadi primadona tamu Purnawarman Restauran,” ungkapnya.

Terkait protokol kesehatan, Tony memastikan tamu tetap merasa nyaman ketika makan di sini. Meski dihidangkan secara buffet, tamu tidak bisa mengambil langsung makanannya.

Tim dari Hilton Hotel Bandung akan membantu menyajikan menu yang dipilih. Ini supaya tidak ada kontak langsung dengan alat makan yang disediakan.

(fid)