Terima Keluhan Warga, Satpol PP Kota Bandung akan Tertibkan Pasar Tumpah Sukapura

oleh -
Terima Keluhan Warga, Satpol PP Kota Bandung akan Tertibkan Pasar Tumpah Sukapura
Aparat kewilayah Kelurahan Sukapura beserta pihak kepolisian dan TNI melakukan koordinasi terkait keberadaan pasar tumpah di Komplek Pindad Timur, Kota Bandung, belum lama ini.

RADARBANDUNG.id, BANDUNG – Warga  masih mengeluhkan adanya pasar tumpah di komplek KPAD Pindad Timur RW 8, Kelurahan Sukapura, Kiaracondong, Kota Bandung.

Keluhan warga tersebut, baik secara lisan maupun disampaikan melalui media sosial. Warga menganggap keberadaan serta aktivitas pasar tumpah itu banyak melanggar protokol kesehatan.

Aktivitas pada pasar dinilai menghambat jalannya perapan prokes sebagaimana diatur dalam Peraturan Walikota No. 37/2021.

Dari hasil pengawasan, pihak Kelurahan Sukapura, misalnya disoroti beberapa persoalan seperti terkait perubahan jadwal yang tidak menentu, jumlah pedagang yang telah melebihi kapasitas, dan pelanggaran gerakan 5M (Memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, membatasi mobilisasi dan interaksi).

Atas dasar itu, pihak kelurahan pun telah melayangkan surat permintaan sosialisasi Perwal No. 37/2021 kepada pihak Satpol PP Kota Bandung agar memberikan atensi terhadap kegiatan pasar tumpah Sukapura.

“Betul (telah melayangkan surat ke Satpol-PP Kota Bandung),” ungkap Lurah Sukapura, Melinasari, kepada Radar Bandung, Selasa (20/4).

Sebelumnya, Melinasari menyampaikan, pada awalnya, pembukaan pasar tumpah itu hanya diperuntukkan khusus bagi pedagang yang menjual kebutuhan pokok. Namun, seiring waktu, pedagang yang bukan menjual kebutuhan pokok ikut membuka lapak. Pihak kelurahan, kesulitan mengendalikan kondisi tersebut.

“Setelah ada penurunan kasus Covid-19, kami memberikan kelonggaran dengan catatan hanya dibolehkan untuk pedagang sembako. Tapi di lapangan susah dikendalikan, jadi makin ramai,” katanya.

Dikonfirmasi, Kasatpol PP Kota Bandung, Rasdian Setiadi membenarkan terkait keluhan warga dan penyerahan surat dari Kelurahan Sukapura.