Mengenal Mataharikecil, Komunitas yang Tetap Aktif di Masa Pandemi

oleh -
Mengenal Mataharikecil, Komunitas yang Tetap Aktif di Masa Pandemi
Logo Mataharikecil Community Indonesia

RADARBANDUNG.id, BANDUNG – Mataharikecil Indonesia merupakan suatu komunitas di bidang sosial dan pendidikan yang sudah berdiri sejak tahun 2015, dan tercatat secara legal dengan nama Yayasan Mataharikecil Indonesia pada Januari 2019.

Yasser Muhammad Syaiful yang merupakan inisiator berdirinya Mataharikecil Indonesia,  melihat salah satu isu sosial, dimana ditemukan anak-anak yang berkeliaran pada waktu sekolah di Kota Bandung.

Hal itu disebabkan karena kewajiban dari anak-anak tersebut telah berubah yang sebelumnya menjadi pelajar, kini harus membantu orang tua mereka untuk mencari nafkah.

Dengan kondisi tersebut, solusi sementara yang dapat dilakukan yaitu dengan mendirikan SMP Terbuka Gading Regency di bawah koordinasi SMPN 8 Bandung sebagai induk Sekolah Terbuka area Bandung Timur.

Selama kurang lebih 2 tahun, kegiatan belajar mengajar untuk siswa-siswi SMP Terbuka Gading Regency dilaksanakan dengan menggunakan sistem voluntary teaching, dimana sistem ini membuka kesempatan untuk para pemuda pemudi turut aktif memberikan dampak lebih di bidang sosial dan pendidikan.

Setelah perjalanan selama empat tahun, SMP Terbuka Gading Regency telah meluluskan lebih dari 49 siswa. Akan tetapi, siswa-siswi itu masih terancam putus sekolah dikarenakan orang tua yang memiliki pendapatan yang rendah, bahkan tidak mempunyai pekerjaan.

Karena itu, Mataharikecil Indonesia tidak hanya membantu anak untuk melanjutkan pendidikannya, namun juga membantu keluarga siswa/orang tua siswa untuk meningkatkan pendapatannya melalui program sociopreneruship.

Komunitas Mataharikecil terus melebarkan sayapnya hingga ke ibukota Jakarta pada tahun 2017 dengan melaksanakan kegiatan belajar mengajar di TK Warga Teladan, Kebon Kacang.

Saat ini, meskipun di tengah pandemi, Mataharikecil Community Indonesia tetap berkontribusi aktif dengan melaksanakan program-program yang bermanfaat.

Beberapa kegiatan Mataharikecil Community Jakarta yaitu SAMACIL (Satu Jam Bersama Matcil) merupakan siaran langsung melalui media sosial instagram @mataharikecil_id untuk membahas isu terkini secara interaktif bersama narasumber yang ahli di bidangnya.

CAREER DAY telah dilaksanakan pada 20 Maret 2021, dengan mengundang narasumber dari berbagai profesi untuk menambah wawasan dan membantu anak-anak dalam menemukan minat dan ketertarikannya serta motivasi untuk mempersiapkan jenjang karier.

EDUCATION DAY diadakan dalam rangka memperingati Hari Pendidikan berupa rangkaian perlombaan seperti membaca puisi, membaca dongeng, tari kreasi dan desain poster diperuntukkan siswa-siswi SMP dan SMA, serta mengadakan talkshow dengan narasumber yang berperan aktif dalam bidang pendidikan.

Bila keadaan telah membaik, Mataharikecil Community Jakarta juga memiliki program EMPOWEERING TEACHING yaitu kelas informal untuk anak-anak keluarga pra-sejahtera yang bertujuan untuk mengedukasi hal-hal fundamental seperti pembelajaran mengenai etika, pentingnya membaca, sopan santun dan lainnya.

“Kami juga berencana melaksanakan kegiatan MATAHARIKECIL SUMMIT yaitu forum diskusi antar komunitas yang bergerak di bidang sosial dan pendidikan yang bertujuan untuk membantu menyelesaikan permasalahan terkait sosial dan pendidikan.”

Sedangkan pada Mataharikecil Community Bandung, terdapat program seperti MATCIL TALKS berbentuk webinar atau talkshow online membahas isu sosial dan pendidikan bersama para ahli di bidangnya.

STUDI BANDING berupa kegiatan sharing dan menjalin relasi dengan komunitas lain, perusahaan, pemerintah ataupun media.

Baca Juga: Meneropong Mataharikecil, Komunitas Peduli Anak Putus Sekolah di Bandung

POWERTEA (Empoweering and Teaching) yang dilaksanakan pada  6-7 Maret 2020 di Desa Benyeng berupa kegiatan pelatihan digital marketing bersama IYS (Indonesia Youth Sociopreneur), pelatihan lingkungan bersama Wanoja Jawa Barat, pengenalan profesi atau Career Day kepada anak-anak usia SD-SMP serta peletakan batu pertama yang mengawali pembangunan  rumah baca.

LANGKAH CAHAYA  merupakan program selama bulan Ramadhan yang bekerja sama dengan FundAction untuk membagikan  500 paket makanan kepada warga Desa Benyeng dan diikuti acara sharing session.

Dengan mengedepankan semangat jiwa muda dan penyebaran misi kebaikan yang berkelanjutan, Mataharikecil Community Indonesia beraspirasi menjadi wadah positif untuk anak muda dalam menebarkan dan melaksanakan kegiatan yang bermanfaat. Join us to create big impact, through small contribution. ***