Masih Dibuka Sampai 26 April, Ini Link Pendaftaran BPUM 2021 Online di Kota Bandung

oleh -
Masih Dibuka Sampai 26 April, Ini Link Pendaftaran BPUM 2021 Online di Bandung
Ilustrasi

RADARBANDUNG.id, BANDUNG – Link pendaftaran program BPUM 2021 atau BLT UMKM Online di Kota Bandung bisa diperoleh dalam artikel ini. Pendaftaran BPUM 2021 di Kota Bandung masih dibuka hingga 26 April.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bandung, Atet Dedi Handiman mengingatkan pada warga penerima Program Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) 2021, agar menggunakan bantuan untuk keperluan produksi.

“Gunakan bantuan sebagaimana judulnya, untuk keperluan produksi, bukan untuk pangan,” ujar Atet, kepada wartawan, Kamis (22/4).

Hingga berita ini diturunkan, Atet menyebut, sudah 47 ribu pendaftar program BPUM 2021 senilai Rp 1,2 juta ini dari kuota nasional yang berjumlah sebanyak 9 juta.

“Untuk yang belum mendaftar namun berminat, silakan cek di web. Karena pendaftaran masih dibuka hingga 26 April,” jelasnya.

Untuk bantuan tahap 1, Atet mengatakan, Kota Bandung mengajukan 246 ribu dengan 170 ribu di antaranya merupakan ajuan dari dinas, sisanya ajuan bank dan instansi lain.

“Kota Bandung merupakan kota tertinggi ke-6 yang mengajukan penerima bantuan ini, dan merupakan kota yang paling banyak mendapatkan bantuan,” tegasnya.

Kata Atet, pihaknya tidak tahu persis berapa banyak ajuan yang lolos verifikasi. Hanya saja, yang tidak memenuhi syarat tentu tidak akan lolos verifikasi.

Contohnya, mereka yang mengajukan KUR, ASN, TNI dan yang pada rekening tabungannya terdapat saldo lebih dari Rp2 juta.

Soal kemungkinan orang yang sudah mendapat banntuan pada tahap satu kembali mendapatkan bantuan pada tahap kedua ini, Atet mengatakan masih bisa mendapatkan lagi, asal sudah terverifikasi. Namun, tetap harus melakukan proses pancairan di bank.

“Jadi mereka hanya tinggal menanyakan ke bank apakah mereka dapat bantuan kedua,” terangnya.

Atet mengatakan, tujuan bantuan ini untuk meningkatkan pendapatan, sehingga geliat ekonomi di Kota Bandung menjadi lebih baik,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Paguyuban Camat Kota Bandung, Firman Nugraha mengatakan, sekarang, kerumunan di Kantor Kecamatan sudah berkurang. Kerumunan banyak terjadi di bank karena masyarakat yang lolos verifikasi akan mendapatkan pesan singkat lewat telepon genggam, dan bisa langsung datang ke bank.

Baca Juga: Akses Website Ini untuk Cek Penerima BST Rp300 Ribu

“Jadi warga  yang datang ke bank, bukan hanya untuk mencairkan, tapi juga mengecek apakah mendapat lagi yang tahap kedua ini,” tambahnya.

Firman menegaskan, tidak ada pungutan apapaun dalam proses pengajuan dan pencairan bantuan ini. Selain itu, Firman berharap semua proses dilakukan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Halaman berikutnya: Tahapan Pendaftaran program BPUM 2021