Keluh Kesah Pekerja PO Bus di Bandung soal Larangan Mudik Lebaran 2021

oleh -
Keluh Kesah Pekerja PO Bus di Bandung soal Larangan Mudik Lebaran 2021

RADARBANDUNG.id, BANDUNG Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan memperpanjang rentang waktu larangan mudik Lebaran 2021.

Satgas Penanganan Covid-19, larangan mudik selama pra dan pasca Lebaran 2021 sebelumnya dari 6-17 Mei 2021 diperpanjang menjadi 22 April hingga 24 Mei 2021, sebagaimana yang tertuang dalam Addendum Surat Edaran perihal pengetatan persyaratan Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN).

Menyikapi hal tersebut, secara mendasar PO bus di Kota Bandung mengaku keberatan dengan adanya larangan mudik Lebaran tahun ini. Mereka sangat berharap pemerintah tak melarang mudik, tapi cukup mengetatkan pengawasan prokes.

Keberatan tersebut misalnya Koordinator Kantor PO Bus Pahala Kencana di Jalan Riau, Kota Bandung, Agus Purnama sampaikan. Ia katakan, PO bus sejak pandemi sangat terpukul dengan pembatasan-pembatasan transportasi.

“Misalnya, dilihat dari jumlah pengurangan pekerja. Di kantor ini awalnya ada 24 pegawai secara keseluruhan, terus berkurang jadi 17 dan sekarang hanya sisa tiga pegawai. Belum lagi kekurangan pendapatan,” katanya kepada Radar Bandung, Kamis (22/4).

Secara keseluruhan PO bus Pahala Kencana Kota Bandung, terdapat 18 armada keberangkatan, tapi jumlah itu anjlok drastis saat pandemi, rata-rata hanya 4 sampai 5 keberangkatan saja.

“Banyak aset juga yang sudah kami jual. Sekarang itungannya bukan cari keuntungan tapi bertahan untuk agar kantor ini tidak bubar,” katanya.

Atas kondisi inilah Agus mengaku keberatan dengan adanya larangan mudik Lebaran 2021. Harapannya, pemerintah bisa memberikan keringanan bagi PO bus.

Selain dengan tidak melarang mudik, salah satunya dengan memberikan suntikan insentif atau modal penguat bagi bisnis bus.

Agus mengaku pihak PO bus tak bisa berbuat banyak. Jika memang pelarangan sudah resmi dikeluarkan mau tidak mau harus menaatinya.

Baca Juga: Larangan Mudik Dipercepat Per 22 April, Ini Syarat Ketat Perjalanan Mobil Pribadi

Agus sendiri mengaku belum mengetahui soal perpanjangan masa larangan mudik Lebaran 2021.

Pantauan Radar Bandung, sejumlah armada masih memberangkatkan penumpang ke beberapa tujuan menuju daerah Jawa.

Sementara itu, untuk mengantisipasi mudik kali ini, Polda Jabar sendiri telah menyiapkan strategi penyekatan, baik di jalan tol maupun jalur biasa yang digunakan oleh roda dua maupun roda empat. Jalur alternatif menjadi salah satu fokus penyekatan.

(muh/radarbandung)