Gelar Wicara Education Day Mataharikecil Community: Budaya dan Bahasa Mendidik Diri Membangun Negeri

oleh -
Gelar Wicara Education Day Mataharikecil Community: Budaya dan Bahasa Mendidik Diri Membangun Negeri

RADARBANDUNG.id – HARI pendidikan yang diperingati setiap tanggal 2 Mei merupakan suatu tonggak sejarah melewati beragam perubahan arah pendidikan yang lebih berkualitas, menyeluruh, dan merata.

Dengan mengangkat tema Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar di  Hari Pendidikan Nasional tahun 2021 yang diusung Menteri Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, kiranya semangat dalam Hari Pendidikan dapat menciptakan ruang Merdeka Belajar bagi seluruh insan penggerak pendidikan di Indonesia.

Merdeka Belajar penting untuk mengedepankan unsur budaya dan bahasa karena kedua unsur tersebut merupakan salah satu pilar utama dalam membangun negeri. Hal ini sejalan dengan 7 Program Prioritas Pendidikan Mendikbud Nadiem Makarim pada Tahun 2021.

Pendidikan yang berbudaya dan berbahasa mengacu pada fungsi dari pendidikan itu sendiri, yaitu membangun karakter yang sesuai dengan nilai-nilai kebudayaan Indonesia melalui bahasa sebagai pilar utama pendidikan karakter.

Hal ini dapat dilakukan dengan menciptakan sistem pendidikan yang lebih lekat dengan budaya dan bahasa agar eksistensi dan identitas negara Indonesia terus berkembang.

Sebagai suatu komunitas yang bergerak di bidang pendidikan, Mataharikecil Community Indonesia menyelenggarakan acara bernama Education Day yang merupakan serangkaian kegiatan berupa lomba, campaign,  dan acara puncak yaitu  Gelar Wicara (Talkshow) bersama narasumber yang berperan aktif dalam bidang pendidikan, budaya, dan bahasa.

Gelar Wicara Education Day yang bekerja sama dengan Gramedia, Narabahasa, dan Marcks Teens merupakan sebuah Talkshow yang bertujuan untuk menambah wawasan dan meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap pendidikan di Indonesia, khususnya pendidikan yang berbudaya dan berbahasa.

Melalui acara ini, diharapkan generasi muda mengetahui gambaran kondisi dan meningkatkan pemahaman dan penghayatan terhadap budaya dan bahasa yang berpengaruh terhadap eksistensi dan pembangunan bangsa Indonesia.

Acara puncak Education Day akan diselenggarakan pada tanggal 2 Mei 2021 pukul 10.00 WIB melalui platform zoom meetings dengan mengundang para pembicara  yang berkompeten di bidangnya  yang akan memberikan wawasan dan pengetahuan baru yang bermanfaat.

Gelar Wicara Education Day akan mengundang beberapa narasumber seperti Ivan Lanin (Direktur Utama Narabahasa), Nila Tanzil (Founder Taman Bacaan Pelangi), dan Nungki Kusumastuti (Penari, Ketua Senat Institut Kesenian Jakarta) serta dipandu oleh Dharma Rivano Huseini (Duta Bahasa Nasional 2019).

Baca Juga: Membangun Negeri Melalui Budaya dan Bahasa Bersama Mataharikecil

Tidak hanya itu, acara ini akan dihadiri bintang tamu yakni penyanyi Patra Hafizh. Seorang penyanyi muda yang aktif mengcover lagu di platform sosial media miliknya dengan banyaknya jumlah pengikut yang mengidolakannya. Seperti pengikutnya di akun media sosial Tiktok mencapai 95 ribu followers dan jumlah likes mencapai 3 juta.

Lagu-lagu karya Patra Hafizh seperti Followers, Sederhana dan Eighteen yang dapat didengar dan dinikmati di berbagai platform musik.

Acara puncak kegiatan Education Day ini terbuka untuk semua kalangan, dan bagi yang ingin berpartisipasi dalam Gelar Wicara dengan topik Budaya dan Bahasa Mendidik Diri Membangun Negeri dapat melakukan registrasi melalui bit.ly/DaftarTakshowMatcil.

“Harapan kami, acara ini menjadi salah satu platform yang dapat meningkatkan kesadaran berbudaya dan berbahasa dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia.”  ***