News

BCA Terus Pacu UMKM Naik Kelas Ke Pasar Ekspor

Radar Bandung - 11/05/2021, 10:29 WIB
Oche Rahmat
Oche Rahmat
Tim Redaksi
BCA Terus Pacu UMKM Naik Kelas Ke Pasar Ekspor

RADARBANDUNG.id – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) terus mendorong sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) agar memiliki daya saing global dan memberikan kontribusi lebih tinggi terhadap nilai ekspor Indonesia. Agar UMKM dapat naik kelas, inovasi kreatif terhadap produk dan strategi jitu pemasaran skala global merupakan hal penting sehingga produk UMKM dapat tembus ke pasar global. Hal ini dapat diperoleh jika pelaku UMKM terus menerus mendapat pembekalan dan pembelajaran sehingga mampu beradaptasi terhadap permintaan global.

Sebagai bagian dari acara UMKM Fest, webinar dengan topik kesiapan ekspor juga diharapkan dapat memberikan wawasan dan pendampingan bagi para UMKM agar siap go internasional.

Pada Kamis (6/5/2021), BCA menghadirkan webinar bertajuk “Strategi Inovasi Kreatif UMKM dalam Menembus Pasar Ekspor,” dengan narasumber, antara lain Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kementerian Perdagangan Didi Sumedi dan Sekretaris Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan Johni Martha.

Hadir pula dalam webinar tersebut Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja, Direktur BCA Rudy Susanto, Direktur BCA John Kosasih, SeniorEVP International Banking Branko Windoe, EVP International Banking Fanny Surjadi, dan EVP Bisnis Komersial & SME Freddy Iman.

Jahja mengatakan, Indonesia memiliki ragam produk yang unik dan memiliki histori yang kuat untuk dapat dipasarkan. Ragam produk yang unik tersebut kebanyakan dikembangkan oleh UMKM Indonesia yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

Kendati demikian, produk UMKM Indonesia belum dapat berbuat banyak di kancah global karena belum memiliki daya saing global yang dapat diterima pasar internasional. Hal ini diperlihatkan dari kontribusi UMKM terhadap ekspor Indonesia yang masih belum signifikan dan dapat ditingkatkan.

“Terdapat 64 juta UMKM di Indonesia yang memiliki ragam produk. Kami ingin agar UMKM Indonesia terus dapat bertumbuh dan berkembang, sehingga mampu berkontribusi secara signifikan terhadap perekonomian Indonesia. Karena itu, kami terus menyediakan forum pembelajaran dan pembekalan bersama bagi para UMKM dan mempertemukan para pelaku UMKM itu dengan pelaku pasar global. Dengan dukungan tersebut, kami harapkanUMKM Indonesia naik kelas dan unjuk gigi di pasar global,” ujar Jahja.

Sebagai bagian dari sistem keuangan nasional, BCA senantiasa mendorong UMKM agar makin cepat tumbuh, berdaya saing, dan segera pulih dari masa sulit. Sejalan dengan visi Pemerintah, BCA menggagas program Bangga Lokal yang selaras dengan gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia, serta menyelenggarakan BCA UMKM Fest, sebuah expo virtual yang menghadirkan lebih dari 18.000 produk unggulan dari seluruh Indonesia.


Terkait Ekonomi Bisnis
bank bjb Tumbuh Positif di Tengah Tantangan, Cetak Laba Rp606 Miliar pada Triwulan I 2025
Ekonomi Bisnis
bank bjb Tumbuh Positif di Tengah Tantangan, Cetak Laba Rp606 Miliar pada Triwulan I 2025

RADARBANDUNG.id, BANDUNG- PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten, Tbk (bank bjb) kembali menunjukkan performa solid dengan mencatatkan pertumbuhan kinerja yang positif sepanjang triwulan I 2025. Di tengah tantangan kondisi ekonomi global, terutama dampak perang dagang dan dinamika bisnis, bank bjb berhasil membukukan laba sebelum pajak sebesar Rp606 Miliar. Tak hanya laba, pencapaian bank […]

Berkat LinkUMKM BRI Pengusaha Ini Mampu Naik Kelas, Kembangkan Produk dan Perluas Skala Usaha
Ekonomi Bisnis
Berkat LinkUMKM BRI Pengusaha Ini Mampu Naik Kelas, Kembangkan Produk dan Perluas Skala Usaha

RADARBANDUNG.id, JAKARTA- BRI terus menunjukkan komitmennya dalam melakukan pemberdayaan dan pendampingan bagi pengusaha Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) untuk dapat meningkatkan skala bisnis dan mengembangkan usahanya. Salah satu inisiatif unggulan dalam pendampingan pelaku UMKM adalah melalui platform digital LinkUMKM yang menjembatani kebutuhan pelaku UMKM terhadap akses pasar, pembiayaan, pelatihan serta pendampingan usaha. LinkUMKM tidak hanya menjadi […]

PT. Pradana Ardiany Perkasa, dari Lembaran Buku Menuju Rasa Makaroni Garing yang Mendunia
Ekonomi Bisnis
PT. Pradana Ardiany Perkasa, dari Lembaran Buku Menuju Rasa Makaroni Garing yang Mendunia

RADARBANDUNG.id- Dunia bisnis setiap kisah sukses selalu bermula dari satu langkah berani. Begitu pula perjalanan Bartolomeus Dono Tri Setiadi, pria kelahiran Semarang, sosok dibalik lahirnya PT. Pradana Ardiany Perkasa. Berlokasi di Majalaya, Kabupaten Bandung, PT. Pradana Ardiany Perkasa menjadi bukti nyata tekad, kolaborasi dan keberanian untuk berubah bisa melahirkan sesuatu yang besar. Dari seorang pekerja […]

Memperingati Hari Kartini, Srikandi PLN UIP JBT Salurkan Donasi Cinta bagi Perempuan Penyintas Kekerasan
Ekonomi Bisnis
Memperingati Hari Kartini, Srikandi PLN UIP JBT Salurkan Donasi Cinta bagi Perempuan Penyintas Kekerasan

RADARBANDUNG.id, BANDUNG — Dalam rangka memperingati Hari Kartini, Srikandi PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah (PLN UIP JBT) menggelar program “Donasi Cinta: Paket Kasih untuk Perempuan Berjuang”, sebuah inisiatif sosial yang ditujukan bagi perempuan penyintas kekerasan di wilayah Jawa Barat. Melalui program ini, terkumpul sebanyak 67 paket sembako yang kemudian disalurkan kepada […]

location_on Mendapatkan lokasi...
RadarBandung AI Radar Bandung Jelajahi fitur berita terbaru dengan AI
👋 Cobalah demo eksperimental yang menampilkan fitur AI terkini dari Radar Bandung.