News

Aice Sebut Pertumbuhan Industri Es Krim Masih Akan Moncer

Radar Bandung - 24/06/2021, 06:40 WIB
Ali Yusuf
Ali Yusuf
Tim Redaksi
Aice Sebut Pertumbuhan Industri Es Krim Masih Akan Moncer
Foto: Istimewa

Aice Group sebagai produsen es krim Indonesia mengalami peningkatan konsumsi es krim yang meningkat setiap harinya

RADARBANDUNG.id – PERTUMBUHAN industri es krim di Indonesia dalam setengah dasawarsa terakhir sedang moncer-moncernya. Selain pertumbuhan jumlah produsen yang berlipat, titik penjualan es krim ritelnya pun mengalami hal yang sama.

Aice Group sebagai produsen es krim Indonesia juga alami peningkatan konsumsi es krim yang meningkat setiap harinya.

Brand Manager Aice Group Sylvana memperkirakan produk FMCG satu ini akan memasuki fase modernisasi dalam beberapa tahun ke depan.

Sylvana menjelaskan, pelaku industri es krim sedang mengalami pertumbuhan produksi sekaligus penjualan yang cukup tinggi di sekitar 5 tahun terakhir.

Perusahaannya sendiri dalam 3 tahun kebelakang telah membangun dua pabrik baru dengan skala cukup besar.

Tahun 2017, Aice Group membangun pabrik modern dengan konsep factory visit di Mojokerto, Jawa Timur.

Produsen Aice Mochi ini sebelumnya sudah memiliki pabrik pertamanya di Bekasi, Jawa Barat dan terakhir membangun juta sebuah pabrik di Kawasan Ekonomi Khusus Sei Mangkei di Sumatera Utara.

“Aice Group melihat pasar es krim Indonesia masih akan tumbuh cukup besar. Konsentrasi perusahaan saat ini ada pada penguatan kemampuan produksi kami memenuhi permintaan dalam dan luar negeri yang tumbuh. Pipeline investasi kami sudah sesuai dengan pencapaian di pasar dan juga dengan roadmap bisnis kami beberapa tahun ke depan,” tuturnya, Rabu (23/6).

Menurut laporan profil industri dan Marketline, laju pertumbuhan majemuk (CAGR) dan industri ini pada periode 2015 hingga 2019 mengalami pertumbuhan CAGR 10,4 persen.

Selain itu, volume konsumsi pasar juga meningkat dengan CAGR 6,3 persen periode yang sama mencapai 105,3 juta kilogram pada 2019.

Secara makro, Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI) juga memberikan gambaran positif atas industri makanan dan minuman.

Industri ini dinilai tahan kritis, termasuk terhadap adanya pandemi sejak tahun lalu.

Pada kuartal II tahun lalu, industri makanan dan minuman masih tumbuh 0,22 persen di tengah kontraksi ekonomi minus 5,32 persen.

“Industri makanan dan minuman positif di kuartal III 2020 dengan tumbuh 0,66 persen. Perkiraan kami akhir 2020 ditutup tumbuh satu persen,” tutur Wakil Ketua Umum Bidang Kebijakan Publik GAPMMI Rachmat Hidayat.

Di tengah pandemi Covid-19, apalagi saat ini sejumlah daerah kembali menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Aice Group masih merasakan pertumbuhan positif.

Kata Sylvana, pemberlakuan PSBB pada beberapa wilayah serta penurunan konsumsi makanan dan minuman di luar rumah menjadi faktor penekan pertumbuhan semua industri makanan dan minuman (FMCG).

“Akselerasi atas penjualan di warung kami nilai seirama dengan anjuran pemerintah untuk berada di rumah saja. Konsumen tidak perlu ke pasar atau modern market. Banyak warung yang dekat rumah konsumen bisa menyediakan kebutuhan es krim dengan Prokes yang tetap jalan,” jelas Sylvana.

Sementara itu, besarnya pasar es krim dan peluang pertumbuhan di masa depan menjadi insentif utama bagi Aice Group.

Saat masuk ke Indonesia beberapa tahun lalu, Aice Group sudah memperhitungkan besaran dan pertumbuhan pasar tersebut.


Terkait Ekonomi Bisnis
Pemerintah Tegaskan Konsumen Akhir Tak Dipungut Pajak Atas Pembelian Emas
Ekonomi Bisnis
Pemerintah Tegaskan Konsumen Akhir Tak Dipungut Pajak Atas Pembelian Emas

Pemerintah menerbitkan dua Peraturan Menteri Keuangan (PMK) yang mengatur ketentuan perpajakan atas kegiatan usaha bulion.

BRI Raih Penghargaan ASEAN Corporate Governance Scorecard (ACGS), Bukti Komitmen Tata Kelola yang Unggul
Ekonomi Bisnis
BRI Raih Penghargaan ASEAN Corporate Governance Scorecard (ACGS), Bukti Komitmen Tata Kelola yang Unggul

RADARBANDUNG.id, JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus menegaskan komitmennya dalam menerapkan prinsip-prinsip Tata Kelola Perusahaan yang Baik (Good Corporate Governance / GCG). Hal ini dibuktikan dengan diraihnya penghargaan prestisius sekaligus dalam ajang ASEAN Corporate Governance Scorecard (ACGS) 2024, yaitu sebagai TOP 5 Public Listed Companies (PLC) Indonesia dan ASEAN Asset Class […]

Syafif Goes to Bandung 2025 Berakhir, OJK Dorong Pertumbuhan Keuangan Syariah di Jabar
Ekonomi Bisnis
Syafif Goes to Bandung 2025 Berakhir, OJK Dorong Pertumbuhan Keuangan Syariah di Jabar

OJK bersama Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PUJK) Syariah sukses menyelenggarakan Sharia Financial Fair (Syafif) Goes to Bandung 2025 yang berlangsung selama dua hari, 2–3 Agustus 2025, di Main Atrium Trans Studio Mall Bandung.

Dukung Pemerintah Perkuat Jaring Pengaman Sosial, BRI Salurkan BSU 2025 kepada 3,76 Juta Penerima Senilai Rp2,25 Triliun
Ekonomi Bisnis
Dukung Pemerintah Perkuat Jaring Pengaman Sosial, BRI Salurkan BSU 2025 kepada 3,76 Juta Penerima Senilai Rp2,25 Triliun

RADARBANDUNG.id, JAKARTA- PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus memperkuat peran strategisnya sebagai mitra utama Pemerintah dalam menghadirkan manfaat nyata bagi masyarakat. Komitmen tersebut kembali ditunjukkan melalui peran BRI dalam menyalurkan Bantuan Subsidi Upah (BSU) tahun 2025. Program ini menjadi salah satu upaya Pemerintah untuk menjaga daya beli pekerja dan memperkuat pondasi pemulihan […]

location_on Mendapatkan lokasi...
RadarBandung AI Radar Bandung Jelajahi fitur berita terbaru dengan AI
👋 Cobalah demo eksperimental yang menampilkan fitur AI terkini dari Radar Bandung.