RADARBANDUNG.id, BANDUNG – Indonesia diyakini memiliki peluang besar untuk membangun perekonomian digital yang melibatkan seluruh lapisan penggerak ekonomi bangsa, tak terkecuali Usaha Kecil Menengah (UKM).
Dengan 196,7 juta pengguna internet di seluruh Indonesia, para pelaku UKM dituntut untuk melek digital dan mampu memanfaatkan internet sebagai sarana penjualan.
Melihat urgensi ini, JNE sebagai mitra UKM Karawang mengadakan gelaran webinar JNE Ngajak Online 2021–Goll Aborasi Bisnis Online 2021 Kota Karawang.
Melalui webinar ini diharapkan UKM di Indonesia, khususnya di Karawang mampu berkembang dan bersaing di dunia digital, baik dalam skala nasional dan global.
Webinar ini dibuka oleh Ros Rohmah selaku Sales Regional JNE Jawa Barat, bagi Ros penggunaan teknologi di era ini menjadi Key Success Factor yang wajib diterapkan oleh para UKM agar tak tertinggal pasar. Penggunaan e-commerce seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan lain sebagainya menjadi salah satu kanal yang harus ditapaki oleh para pelaku usaha.
Baca Juga: JNE Salurkan Bantuan Tabung Oksigen ke RSUD Bandung
Melanjutkan pembicaraan Ros, Andre Nurdjianto selaku Branch Manager JNE Karawang mengulas pentingnya kolaborasi antar stakeholder agar tercipta inovasi-inovasi baru yang mampu direalisasikan UKM Karawang.
“Kita menekankan kerjasama dengan berbagai pihak baik itu JNE, pemerintah, dan sektor lain yang memiliki kebijakan yang dapat dikolaborasikan agar mewujudkan pemberdayaan masyarakat itu sendiri,” ujar Andre pada Goll..aborasi Bisnis Online yang diadakan secara virtual melalui Zoom, kemarin.
Baca Juga: JNE Sukabumi Tetap Berkurban di Tengah Pandemi dan PPKM Daerah
Andre mengungkap kesiapan JNE Karawang dalam mendukung dan memberikan solusi bagi UKM di daerahnya, selain menghadirkan promo berkala JNE Karawang juga selalu aktif merangkul UKM dalam menghadirkan beragam program seperti apresiasi dengan keanggotaan JLC (JNE Loyalty Card), workshop, dan pelatihan gratis seperti JNE Ngajak Online.
Salah satu aktivitas bisnis yang esensial di era ini adalah pemanfaatan sosial media sebagai sarana penjualan.