RADARBANDUNG.id, BANDUNG – Membangkitkan kembali perekonomian para pegiat fesyen muslim, Indonesia Hijab Walk (IHW) akan menjadi pagelaran fashion show dan pameran yang diikuti oleh 100 brand muslim di Indonesia.
Event fesyen tersebut rencananya diselenggarakan pada tanggal 25-27 Maret 2022 mendatang. Dengan demikian, perekonomian pegiat fesyen dapat kembali menggeliat meski di tengah kondisi pandemi Covid-19.
IHW diresmikan oleh Atalia Praratya Ridwan Kamil sebagai Ketua Dekranasda Jabar dan diramaikan para Artis Ibu Kota. Ajang tersebut juga dihadiri Lina Marlina Ruzhan, Founder IHW sekaligus istri Wakil Gubernur Jawa Barat secara virtual.
IHW sebagai wadah para pebisnis fashion untuk mempresentasikan karyanya yang beragam melalui Fashion Show dan melakukan transaksi secara langsung melalui Pameran.
Ketua IHW, Hany Lovely mengatakan, pihaknya menargetkan kenaikan transaksi sebesar 30 persen pada event fesyen muslim tersebut, setelah sebelumnya telah dilaksanakan pada tahun 2021 silam.
“Kami berharap dalam event tahun ini, meskipun masih pandemi, ada kenaikan transaksi hingga 30 persen. Sebab pada event sebelumnya ada transaksi antara Rp 150 juta sampai Rp 400 juta untuk satu brand saja. Maka ini yang terus kita dorong,” ungkapnya.
Menurutnya dengan mengangkat tema “Colorfull Ramadhan”, maka diharapkan mampu memotivasi kaum muslim untuk tetap bersemangat menghadapi bulan suci Ramadhan.
Tujuan dengan diadakannya IHW adalah untuk branding , scale up para pebisnis fashion dari penjual baju biasa menjadi fashion designer juga mencetak para pebisnis fashion unggulan yang besar dan kuat baik skala nasional maupun internasional.
Adapun, Founder IHW, Dewi Kulsum menambahkan IHW sebagai wadah para pebisnis fashion untuk mempresentasikan karyanya yang beragam melalui Fashion Show dan melakukan transaksi secara langsung melalui pameran.
Baca Juga: Cara Kreatif Industri fesyen Lokal Bertahan di Masa Pandemi
“Event IHW diikuti oleh para Fashion Designer ternama di Indonesia dan Brand Authentic Indonesia. Tentu saja pelaksanaan event saat pandemi ini menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Salah satunya menghindari kerumunan pengunjung,” pungkasnya.
Saat ini, kata Dewi, IHW sendiri menjadi event nasional tahunan yang dilaksanakan di Bandung setiap menjelang bulan Ramadhan. Event IHW selain skala Nasional juga melakukan Event Internasional, yang perdana adalah gelar Fashion Show di Istanbul Turki.
Baca Juga: Homeleisure Wear, Tren Fesyen di Tengah Pandemi
Selanjutnya, IHW akan mengikuti event Internasional di New York (US), London (Inggris), dan negara-negara lainnya. Upaya ini dilakukan supaya para pebisnis fashion dapat mempresentasikan karyanya di dunia Internasional dan bisa menjalin bisnis lebih luas lagi secara global di era digital sekarang.
“Kita tetap optimis produk busana muslim Indonesia mampu bersaing di pasar global. Mengingat selama ini banyak peminat produk kita di Turki, Canada, Toronto , dan Korea,” pungkasnya.
(pra)