RADARBANDUNG.id – Untuk memastikan adanya peningkatan pelayanan yang diberikan fasilitas kesehatan kepada peserta JKN-KIS, BPJS Kesehatan menyelenggarakan kegiatan customer visit kepada peserta JKN–KIS yang mendapatkan pelayanan kesehatan di rumah sakit. Customer visit sendiri dilakukan dalam rangka menilai pelayanan yang diberikan oleh fasilitas kesehatan kepada peserta, sehingga bisa menjadi tolak ukur untuk menilai pelayanan yang telah diberikan dan apakah terdapat keluhan terhadap pelayanan yang telah diberikan.
Bertempat di Rumah Sakit AMC Ruang Perawatan Yasmin, Petugas Informasi dan Pengaduan Peserta (PIPP) BPJS Kesehatan Cabang Soreang, Rahayu Idrayani melakukan kegiatan Iuntuk melihat kualitas layanan yang diberikan di rumah sakit, Kamis (24/3/2022).
“Kami bersyukur karena mendapatkan pelayanan yang baik dari pihak rumah sakit khususnya para petugas medis yang sudah merawat dengan tulus dan baik,” ujar salah satu peserta JKN-KIS, Akbar Ramadhan saat ditemui petugas PIPP.
Ia menambahkan kualitas layanan yang diberikan rumah sakit dan kenyamanan pasien menjadi kunci utama untuk meningkatkan kepuasan peserta JKN-KIS.
“Menurut saya, kunjungan seperti ini sangat bermanfaat baik bagi kami peserta JKN-KIS maupun BPJS Kesehatan dan juga rumah sakit,” ucapnya.
Menurut Akbar, masih ada persepsi dari masyarakat yang takut melaporkan apabila adanya keluhan pada saat proses pelayanan kesehatan di rumah sakit karena menurut bila dilaporkan akan berdampak pada proses pelayanan yang sedang dijalani.
“Dengan kegiatan kunjungan customer visit seperti ini mematahkan persepsi tersebut sehingga masyarakat tidak perlu khawatir dan dapat memperoleh pelayanan yang terbaik. Semoga ke depannya pelayanan kepada masyarakat terus membaik,” katanya.
Sementara itu di tempat terpisah, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Soreang, Heni Riswanti menyampaikan rutin hasil kegiatan customer visit disampaikan kepada fasilitas kesehatan agar dapat menjadi bahan masukan dan perbaikan untuk peningkatan proses layanan kesehatan di rumah sakit.
“Tentunya ini sebagai bahan penilaian internal untuk jalinan kerjsama yang telah terjalin antara BPJS Kesehatan dan fasilitas kesehatan. Semoga dengan pelayanan customer visit ini menjadi bentuk wujud perhatian BPJS Kesehatan untuk memastikan pelayanan kesehatan yang terbaik bagi semua peserta JKN-KIS,” tuturnya. (*)