RADARBANDUNG.id– Indosat Ooredoo Hutchison, dengan visinya menjadi perusahaan telekomunikasi digital pilihan di Indonesia, hari ini mempersembahkan THIS: The IOH Show, dan untuk episode pertama ini berbagi pemikiran tentang Metaverse sebagai teknologi besar berikutnya.
Membawa tema ’Pack Your Bags to Metaverse’, bersama dengan raksasa teknologi Meta, perusahaan menyoroti bagaimana Metaverse menghadirkan kasus penggunaan 5G terbaik untuk telekomunikasi digital.
Metaverse menjanjikan interaksi sosial generasi berikutnya di mana dunia digital tampak realistis namun tak terbatas. Dibentuk oleh virtual reality (VR), augmented reality (AR), kecerdasan buatan (AI), dan blockchain, Metaverse berfokus pada membangun kehadiran di alam semesta virtual untuk meningkatkan pengalaman manusia.
Meskipun berada di awal evolusinya, Metaverse menarik investasi besar di seluruh industri secara global dan di Indonesia, dengan peluang pendapatan potensial, menurut Bloomberg, mencapai $800 miliar pada tahun 2024.
Chief Enterprise Data Analytics Officer IOH, Chirag Sukhadia, mengatakan, metaverse, yang membawa kita ke fase internet berikutnya, telah berkembang pesat beberapa tahun terakhir ini dan mengalami percepatan sejak pandemi. Ini memberikan peluang besar bagi perusahaan telekomunikasi digital untuk menjadi titik masuk berkat konektivitas canggih dan latensi yang lebih rendah yang ditawarkan oleh teknologi 5G.
“Kami bersemangat memainkan peran penting untuk bergerak maju dengan ekosistem besar kami, basis pelanggan, dan kolaborasi ekstensif dengan mitra teknologi raksasa, termasuk Meta,” katanya.
Chirag percaya bahwa kunci masa depan Metaverse adalah ekosistem yang berkembang, didorong oleh tiga dasar: kehadiran, interoperabilitas, dan adopsi pelanggan. Yang pertama adalah hadirnya perangkat berteknologi VR/AR yang terjangkau, seperti headset. Yang kedua adalah interoperabilitas, yang berarti kemampuan untuk berpindah dengan mulus di antara ruang virtual sambil mempertahankan aset virtual yang sama; dengan demikian, standardisasi teknologi menjadi penting.
Yang terakhir adalah adopsi pelanggan besar-besaran di semua segmen, bukan hanya generasi muda.