RADARBANDUNG.id, SOREANG – BPJS kesehatan sebagai lembaga pelayanan publik menghadirkan terobosan inovasi berbasis teknologi demi meningkatkan pelayanan administrasi bagi peserta JKN-KIS antara lain Aplikasi Mobile JKN, VIKA, CHIKA, dan Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA).
Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Soreang, Tini Wartini menyampaikan bahwa untuk pengurusan administrasi peserta JKN–KIS kini tidak perlu lagi datang ke Kantor BPJS Kesehatan agar dapat dilayani. Kini peserta JKN-KIS dapat mengakses pelayanan administrasi Program JKN-KIS di mana saja dan kapan saja melalui smartphone dengan menggunakan aplikasi Whatsapp.
“Peserta dapat mengakses layanan Pandawa melalui Whatsapp di nomor 08118165165. Jadi peserta JKN-KIS pada awalnya cukup ketik salam misalnya selamat pagi, nanti PANDAWA akan membalas otomatis pesan anda, selanjutnya ikutin arahan yang ada. PANDAWA ini merupakan layanan yang diberikan BPJS Kesehatan untuk memberikan kemudahan bagi peserta JKN-KIS, PANDAWA juga mampu meminimalisir kontak fisik di saat pandemi Covid-19 sehingga peserta JKN-KIS lebih aman dan nyaman,” ujar Tini saat dijumpai di ruang kerjanya, Kamis (12/5/2022).
Sementara itu di tempat yang berbeda, salah satu peserta JKN-KIS yang mengaku telah merasakan manfaat PANDAWA, Dede Hadiat (41) mengatakan sangat senang sekali mendapatkan pelayanan administrasi tanpa harus datang ke kantor BPJS Kesehatan.
“Tentunya ini sangat membantu sekali bagi saya jadi tanpa harus datang ke kantor BPJS Kesehatan Soreang, saya bisa mendapatkan pelayanan administrasi. Tak perlu mengeluarkan biaya apapun, cukup melalui ponsel, segala kebutuhan saya sudah terpenuhi,” ujar Dede.
Dede mengaku memanfaatkan pelayanan PANDAWA untuk menambah anggota keluarga, dan menurutnya respon yang diberikan oleh PANDAWA sangat cepat.
“Tadinya saya ingin ke kantor BPJS Kesehatan untuk mengurus administrasi penambahan anggota keluarga, namun karena kesibukan saya belum sempat kesana. Kebetulan saudara saya menyampaikan bahwa saat ini sudah ada PANDAWA, dan saat itu juga langsung saya coba. Menurut saya PANDAWA sangat berguna karena praktis, tidak perlu antre, tidak perlu ke kantor BPJS Kesehatan, dan yang paling penting respon yang diberikan cepat,” kata Dede. (*)