RADARBANDUNG.id, BANDUNG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat menargetkan angka kunjungan wisatawan tahun ini mencapai 40 juta jiwa.
Salah satu upaya yang dilakukan adalah merekrut 108 konten kreator untuk mempromosikan destinasi wisata.
Ratusan konten kreator tersebut didapuk sebagai ambasador pariwisata. Mereka mempromosikan destinasi wisata di Jabar lewat akun media sosial (Medsos) masing-masing.
Baca Juga: Ridwan Kamil Matangkan Konsep Wisata Religi Jawa Barat
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melakukan pengukuhan di Gedung Sate, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (21/6).
Ridwan Kamil mengatakan, ini merupakan cara baru dalam mempromosikan sektor wisata yang memposisikan diri sebagai tulang punggung ekonomi Jawa Barat saat ini. Apalagi, Jabar menargetkan 40 juta kunjungan wisata tahun ini.
Baca Juga: Pilihan Destinasi Wisata di Jawa Barat untuk Habiskan Akhir Pekan
“Satu inovasi dari Pemprov Jabar mengangkat pariwisata sebagai unggulan ekonomi. Kita melihat fenomena bahwa mempromosikan wisata tidak bisa lagi dengan teori lama. Seperti pasang baligo besar-besaran. Pola promosi hari ini berbeda,” ujar Ridwan Kamil.
Pendekatan promosi lewat dunia digital menjadi pilihan saat ini mengingat keterikatan masyarakat dengan media sosial sangat erat.
“Karena kita hidup di era digital maka digital marketing jadi pilihan. Nah digital marketing juga kita tidak menyewa kantor besar tapi gunakan citizen journalism. Maka lahirlah ambasador wisata Jabar ada 108 konten kreator yang follower-nya banyak itu kriterianya, hasilnya bagus, dari 2000-an yang mendaftar,” tuturnya.