News

Lanjutkan Transformasi Digital, Bank Mandiri Implementasi Smart Branch

Radar Bandung - 01/07/2022, 21:56 WIB
AR Hidayat
AR Hidayat
Tim Redaksi
Lanjutkan Transformasi Digital, Bank Mandiri Implementasi Smart Branch

RADARBANDUNG.id, BANDUNG – Setelah meluncurkan Financial Super App Livin’ by Mandiri dan KOPRA by Mandiri sebagai bagian dari akselerasi transformasi digital pada HUT Bank Mandiri ke-23 di 2 Oktober 2021 lalu, Bank Mandiri kembali melanjutkan transformasi digital dengan mendorong implementasi Mandiri Smart Branch yang mampu memproses beragam kebutuhan finansial nasabah di cabang menjadi lebih cepat, praktis dan andal.

Inovasi Smart Branch ini memiliki konsep layanan berorientasi pada nasabah atau customer centrik. Dengan demikian, nasabah yang datang akan langsung dilayani oleh customer service (CS) untuk memandu kebutuhan finansial di cabang.

Regional CEO Bank Mandiri Region VI / Jawa 1, M. Wisnu Trihanggodo menjelaskan, langkah transformasi digital ini juga menjadi bagian dari inisiatif Bank Mandiri dalam mendorong peningkatan literasi keuangan digital di Tanah Air. Untuk itu, Mandiri Smart Branch akan hadir dalam tiga tipe kantor cabang, antara lain Digital Box, Hybrid Branch dan Upgrade Branch.

“Ketiga tipe ini diharapkan dapat mengakomodir seluruh karakter nasabah maupun masyarakat yang masih membutuhkan layanan perbankan di cabang maupun edukasi finansial dengan lebih leluasa,” ujarnya.

Nantinya, lanjut Wisnu, Digital Box akan hadir untuk nasabah yang membutuhkan layanan perbankan secara cepat dan praktis serta ditempatkan di pusat aktivitas masyarakat.

Baca Juga: Livin Mandiri Indonesia 3×3 Tournament Bagus untuk Menambah Jam Terbang, Diharapkan Rutin Digelar

Smart Branch tipe ini akan dibekali dengan self-service machine seperti ATM Setor Tarik dan Customer Service Machine (CSM), serta Video Conference Box yang dapat memungkinkan nasabah berinteraksi secara daring dengan staf Bank Mandiri.

Adapun, tipe Hybrid Branch dapat dimanfaatkan oleh nasabah yang membutuhkan layanan perbankan secara kompleks, namun terdigitalisasi. Hybrid Branch hadir dengan kelengkapan digital seperti ATM Setor Tarik, CSM dan Video Conference Box, serta General Banker yang selalu siap memberikan solusi produk-produk finansial, edukasi digital banking maupun layanan transaksional perbankan lainnya.

Baca Juga: Favorit! Transfer BI-Fast di Bank Mandiri Tembus 35 Juta Transaksi

Tipe ketiga, Upgrade Branch hadir bagi nasabah yang membutuhkan layanan perbankan, namun masih belum siap dengan perubahan digitalisasi. Upgrade Branch memiliki zona-zona khusus layanan digital yang berdampingan dengan zona layanan konvensional, sehingga nasabah dapat mencoba bertransaksi di zona digital untuk mulai membiasakan diri dengan pengalaman perbankan yang baru.

“Mandiri Smart Branch hadir untuk memberikan solusi kemudahan transaksi nasabah melalui pengembangan system operasional cabang yang terintegrasi dengan Livin’ by Mandiri, untuk memudahkan reservasi nasabah sehingga transaksi di cabang dapat menjadi lebih cepat, praktis dan mudah,” ujarnya.


Terkait Ekonomi Bisnis
Dukung Pemerintah Perkuat Jaring Pengaman Sosial, BRI Salurkan BSU 2025 kepada 3,76 Juta Penerima Senilai Rp2,25 Triliun
Ekonomi Bisnis
Dukung Pemerintah Perkuat Jaring Pengaman Sosial, BRI Salurkan BSU 2025 kepada 3,76 Juta Penerima Senilai Rp2,25 Triliun

RADARBANDUNG.id, JAKARTA- PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus memperkuat peran strategisnya sebagai mitra utama Pemerintah dalam menghadirkan manfaat nyata bagi masyarakat. Komitmen tersebut kembali ditunjukkan melalui peran BRI dalam menyalurkan Bantuan Subsidi Upah (BSU) tahun 2025. Program ini menjadi salah satu upaya Pemerintah untuk menjaga daya beli pekerja dan memperkuat pondasi pemulihan […]

APINDO Expo & UMKM Fair 2025 Resmi Dibuka: Dorong UMKM Naik Kelas dan Terhubung ke Rantai Pasok Global
Ekonomi Bisnis
APINDO Expo & UMKM Fair 2025 Resmi Dibuka: Dorong UMKM Naik Kelas dan Terhubung ke Rantai Pasok Global

RADARBANDUNG.id – Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) meresmikan APINDO Expo & UMKM Fair 2025 di Kota Bandung sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Rapat Kerja dan Konsultasi Nasional (RAKERKONAS) APINDO ke-34. Acara ini menghadirkan 34 stan dari pelaku UMKM anggota APINDO yang menampilkan ragam produk unggulan mulai dari kuliner, kriya, batik, hingga fesyen lokal. Ketua Umum APINDO […]

Bank Mandiri Siapkan Formasi Kepemimpinan Baru untuk Perkuat Akselerasi Ekonomi Nasional
Ekonomi Bisnis
Bank Mandiri Siapkan Formasi Kepemimpinan Baru untuk Perkuat Akselerasi Ekonomi Nasional

RADARBANDUNG.ID, JAKARTA – Bank Mandiri telah menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada Senin (4/8/2025) dengan agenda tunggal, yaitu perubahan susunan pengurus perseroan. Langkah Bank Mandiri ini merupakan bagian dari strategi perusahaan untuk memperkuat tata kelola dan memastikan kesinambungan kepemimpinan guna mendukung transformasi serta pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. Corporate Secretary Bank Mandiri, M. […]

PPATK Blokir Rekening Pasif, BRI Buka Suara
Ekonomi Bisnis
PPATK Blokir Rekening Pasif, BRI Buka Suara

RADARBANDUNG.id, JAKARTA– PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI berkomitmen untuk mematuhi regulasi dan melaksanakan apa yang menjadi concerns dari regulator, dalam melaksanakan penghentian transaksi atas rekening dormant. Hal itu disampaikan Corporate Secretary BRI Agustya Hendy Bernadi terkait dengan adanya kebijakan penghentian sementara rekening dormant sebagai upaya melindungi sistem keuangan nasional dari potensi penyalahgunaan. BRI berkomitmen […]

location_on Mendapatkan lokasi...
RadarBandung AI Radar Bandung Jelajahi fitur berita terbaru dengan AI
👋 Cobalah demo eksperimental yang menampilkan fitur AI terkini dari Radar Bandung.