News

Ribuan Pengaduan Konsumen Didominasi Sektor E-commerce

Radar Bandung - 29/07/2022, 10:49 WIB
Ali Yusuf
Ali Yusuf
Tim Redaksi
Ribuan Pengaduan Konsumen Didominasi Sektor E-commerce
Ilustrasi (Istimewa)

RADARBANDUNG.id, BANDUNG- Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (Ditjen PKTN) mencatat 3.692 pengaduan konsumen pada semester I 2022. Dari jumlah itu, pengaduan sektor niaga elektronik (e-commerce) mendominasi hingga 86,1 persen.

Dirjen PKTN Veri Anggrijono mengatakan dominasi sektor niaga-el didorong pembatasan sosial sebagian besar sektor bisnis beralih ke transaksi digital dengan menawarkan produk harga kompetitif dan meningkatnya minat belanja daring.

Ia memastikan komitmen untuk penyelesaian pengaduan terus menjadi prioritas.

Baca Juga: 7 Cara Ampuh Menghindari Penipuan Toko Online

“Penyelesaian pengaduan konsumen tetap menjadi prioritas Kementerian Perdagangan sebagai wujud tindakan nyata pemerintah dalam melindungi konsumen Indonesia, menciptakan konsumen berdaya serta pelaku usaha yang tertib,” katanya melalui keterangan tertulis yang diterima.

Pengaduan di sektor niaga-el meliputi sektor makanan dan minuman; jasa keuangan; jasa
transportasi; pariwisata; dan elektonika/kendaraan bermotor.

Baca Juga: Pengaduan Konsumen Meningkat Tajam Sejak 2017

Adapun jenis pengaduan antara lain pembelian barang yang tidak sesuai dengan perjanjian atau rusak; barang tidak diterima konsumen; pembatalan sepihak oleh pelaku usaha; waktu kedatangan barang tidak sesuai yang dijanjikan; pengembalian dana (refund), menambah (top up) saldo, serta penggunaan aplikasi platform/media sosial.

Menurutnya, sebanyak 99,8 persen atau 3.687 pengaduan konsumen telah diselesaikan dan 5 sedang dalam proses. Dengan kata lain, Direktorat Pemberdayaan Konsumen Ditjen PKTN tengah menunggu kelengkapan data, menganalisis dokumen, mengklarifikasi, dan memfasilitasi penyelesaian pengaduan antara konsumen dan pelaku usaha.

Selama Januari- Juni 2022, aplikasi perpesanan WhatsApp menjadi saluran layanan pengaduan konsumen yang paling banyak digunakan, yaitu sebanyak 3.116 pengaduan. Selanjutnya, situs web menerima 307 pengaduan, surat elektronik (e-mail) 228 pengaduan, telepon 34 pengaduan, datang langsung ke Direktorat Pemberdayaan Konsumen 6 pengaduan, dan surat 1 pengaduan.

(dbs)


Terkait Ekonomi Bisnis
Jenius Ajak Digital Savvy Siap Hadapi Dinamika Dunia Lewat Sesi Financial Wellness
Ekonomi Bisnis
Jenius Ajak Digital Savvy Siap Hadapi Dinamika Dunia Lewat Sesi Financial Wellness

RADARBANDUNG.id, BANDUNG – Di tengah dinamika ekonomi global dan nasional yang terus bergerak dan menantang, penting bagi masyarakat untuk semakin cermat dan bijak dalam mengelola fisik, mental, hingga keuangan. Menjawab kebutuhan tersebut, Jenius dari SMBC Indonesia mengadakan program Jenius Unplugged: Where Finance Meets Wellness melalui acara Kelas Finansial Media bertajuk “Cara Jenius Menghadapi Situasi Ekonomi […]

Samsung Galaxy Z Fold 7 dan Z Flip 7 Makin Tipis serta Bertenaga
Ekonomi Bisnis
Samsung Galaxy Z Fold 7 dan Z Flip 7 Makin Tipis serta Bertenaga

RADARBANDUNG.id- Samsung kembali meluncurkan hape lipat terbaru Galaxy Z Fold7 dan Z Flip7 yang diklaim memiliki lompatan inovasi dan teknologi. Beragam fitur disematkan untuk memberikan kemudahan produktivitas para pengguna. Ilham Indrawan, MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia menjelaskan Samsung memangkas hampir setengah ketebalan dari Galaxy Z Fold edisi pertama, dan merancang Galaxy Z […]

BTN Perkuat Layanan KPR Lewat Record Center Bandung, Kelola 380 Ribu Dokumen Debitur
Ekonomi Bisnis
BTN Perkuat Layanan KPR Lewat Record Center Bandung, Kelola 380 Ribu Dokumen Debitur

RADARBANDUNG.id – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) terus meningkatkan kualitas layanan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) melalui penguatan sistem tata kelola dokumen berbasis digital dan terintegrasi. Salah satu langkah strategis yang dilakukan adalah mengoperasikan gedung arsip terpadu atau Record Center di Bandung, Jawa Barat. Fasilitas yang telah beroperasi sejak November 2024 ini menjadi pusat […]

Danamon Rayakan HUT ke-69 dengan Semangat Tumbuh Bersama, Maju Bersama
Ekonomi Bisnis
Danamon Rayakan HUT ke-69 dengan Semangat Tumbuh Bersama, Maju Bersama

RADARBANDUNG.id, JAKARTA – PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) hari ini merayakan Hari Ulang Tahun (“HUT”) ke-69 dengan mengusung tema Tumbuh Bersama, Maju Bersama. Semangat ini menjadi simbol kolaborasi Danamon dengan perusahaan induk, anggota grup perusahaan, dan mitra strategis untuk memberikan solusi finansial holistik bagi seluruh nasabah. Perjalanan Danamon selama 69 tahun adalah pencapaian yang […]

location_on Mendapatkan lokasi...
RadarBandung AI Radar Bandung Jelajahi fitur berita terbaru dengan AI
👋 Cobalah demo eksperimental yang menampilkan fitur AI terkini dari Radar Bandung.