RADARBANDUNG.id, SOREANG – Implementasi inovasi drive thru yang dikembangkan BPJS Kesehatan Kantor Cabang Soreang memberikan kemudahan bagi warga Kabupaten Bandung, salah satunya adalah Lenny Herliyani (64). Ia sudah menjajal sendiri layanan ini dengan menggunakan sepeda lipatnya, Selasa (9/8/2022).
Warga Sukamenak Indah ini awalnya berniat untuk berolahraga sepeda mengarah ke Cibodas, Kabupaten Bandung, namun karena rute yang dilalui tidak jauh dari BPJS Kesehatan Cabang Soreang, akhirnya ia berencana untuk mengurus administrasi BPJS Kesehatan sekaligus.
“Pelayanan drive thru ini lebih cepat. Saya ke sini mau urus ganti fasilitas kesehatan, dan rencananya juga mau ganti kartu karena kartu saya masih yang lama. Tadi saya diarahkan ke layanan drive thru tanpa harus parkir atau turun dari sepeda. Alhamdulillah pelayanannya cepat. Namun kartu saya menurut petugas tidak perlu diganti karena kartu yang lama masih dapat digunakan ke fasilitas kesehatan,” ungkapnya, Kamis (11/08).
Lenny mengaku ia belum pernah menggunakan kartu JKN, ia bersyukur selalu diberikan kesehatan. Menurutnya hal tersebut karena ia terus menjalani gaya hidup sehat dengan rutin berolahraga, terutama bersepeda.
“Dari awal saya kerja hingga sekarang, saya tidak pernah menggunakan kartu JKN, alhamdulillah diberi sehat terus. Urus administrasi di sini untuk jaga-jaga saja,” kata pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS) ini.
Berdasarkan pengalaman yang baru ia rasakan, Lenny mengusulkan untuk administrasi, kerja sama dengan instansi atau pemerintah daerah perlu ditingkatkan lagi terkait dengan status kepegawaian misalnya integrasi sistem yang digunakan. Jadi saat memperbarui status di sebuah instansi, sistem BPJS Kesehatan juga mengikuti.
“Hal tersebut akan sangat bermanfaat bagi para pensiunan yang kurang paham akan teknologi dan juga bagi tidak dapat langsung datang ke kantor BPJS Kesehatan untuk mengurus administrasi,” ucapnya.
Lenny menambahkan, menurutnya saat ini pelayanan di Puskesmas sudah sangat baik, dan ia berharap BPJS Kesehatan terus membuat inovasi-inovasi agar pelayanan yang diberikan lebih baik lagi ke depannya. (*)