News

Jadi Senjata Bisnis, Telkom CX Summit 2022 Tekankan Pentingnya Kepuasan Pelanggan

Radar Bandung - 18/10/2022, 13:03 WIB
Ali Yusuf
Ali Yusuf
Tim Redaksi
Jadi Senjata Bisnis, Telkom CX Summit 2022 Tekankan Pentingnya Kepuasan Pelanggan
Muhamad Fajrin Rasyid selalu Direktur Digital Business Telkom Indonesia (ist-net)

RADARBANDUNG.id- Menteri BUMN Erick Thohir menilai kepercayaan pelanggan sangat penting agar perusahaan bisa bertahan di tengah kompetisi yang semakin ketat. Karena itulah, pelanggan harus dijadikan salah satu pertimbangan utama dalam setiap keputusan bisnis. Hal tersebut diungkapkan Erick Thohir dalam pembukaan Telkom Customer Experience (CX) Summit 2022, Rabu (12/10).

Menurutnya, agenda Telkom CX Summit menunjukkan komitmen Telkom Group dalam memprioritaskan kepuasan pelanggan. Dalam situasi ekonomi politik global yang penuh dinamika dan ketidakpastian, tidak sedikit berbagai bisnis raksasa yang tumbang dihantam krisis maupun disrupsi.

“Artinya besarnya ukuran bisnis tidak selamanya bisa jadi jaminan. Kini tidak ada perusahaan yang terlalu besar untuk gagal jika menolak untuk menyesuaikan diri, ” ungkap Erick.

Pandemi Covid-19, ungkapnya, menjadi salah satu titik balik perubahan yang harus diantisipasi terutama perubahan gaya hidup masyarakat. Hal ini menuntut perusahaan-perusahaan untuk beradaptasi dengan sangat cepat.

“Mereka yang mampu menemukan solusi yang tepat dan cepat, kemudahan untuk dijangkau serta komunikasi yang mampu menciptakan trust (kepercayaan) dari pelanggan cenderung mampu bertahan di tengah ketatnya kompetisi pasca disrupsi, ” ujarnya.

“Mindset ini sangat penting diadaposi oleh BUMN. Seluruh insan BUMN harus menempatkan pelanggan sebagai vokal point atau pertimbangan utama dalam setiap keputusan bisnis. Karena tanpa adanya loayalitas pelanggan, bisnis apapun akan sulit berjalan secara sustainable tidak terkecuali BUMN, ” ungkapnya.

Sementara itu, Muhamad Fajrin Rasyid selalu Direktur Digital Business Telkom Indonesia mengatakan, Telkom CX Summit 2022 merupakan acara tahunan. Tahun ini, Telkom CX Summit merupakan gelaran kelima. Tema tahun ini adalah Thrive Your Business by Emerging Technologies for Better Customer Experince.

“Kami merasa ini sesuatu yang sangat penting, karena CX menurut kami merupakan salah satu senjata bagi bisnis terutama di era sekarang di mana ada gonjang ganjing di luar sana, dimulai awal tahun ini beberapa negara melakukan konflik ada Rusia-Ukraina, dan juga situasi yang agak memanas di Taiwan dan beberapa negara lainnya, ” ungkapnya.

Selain itu juga ditambah inflasi yang tinggi di beberapa negara. Di Amerika sampai 9 persen, Inggris 10 persen. Hal ini tentunya berdampak pada perusahaan-perusahaan yang go publik, baik di Amerika maupun Indonesia.

“Ini membuat bisnis-bisnis harus berpikir bagaimana caranya bisa survive bagaimana bisa bertahan ditengah ketidakpastian ini dan salah satu caranya menurut kami itu bagaimana kita mengembangkan CX dengan lebih baik, ” ungkapnya.

Dikatakannya, banyak studi yang mengatakan bahwasanya CX menjadi salah satu pembeda antara perusahaan yang bisa menang dengan perusahaan yang agak tertinggal. “Dan ini tidak mesti dengan biaya yang mahal. Teknologi bisa menjadi salah atau cara untuk meningkatkan CX dengan baik, misalkan dengan mengembangkan aplikasi dan lainnya. Kemudian meningkatkan efisiensi dan lainnya, ” ujarnya. (*/mur)


Terkait Ekonomi Bisnis
Syafif Goes to Bandung 2025 Berakhir, OJK Dorong Pertumbuhan Keuangan Syariah di Jabar
Ekonomi Bisnis
Syafif Goes to Bandung 2025 Berakhir, OJK Dorong Pertumbuhan Keuangan Syariah di Jabar

OJK bersama Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PUJK) Syariah sukses menyelenggarakan Sharia Financial Fair (Syafif) Goes to Bandung 2025 yang berlangsung selama dua hari, 2–3 Agustus 2025, di Main Atrium Trans Studio Mall Bandung.

Dukung Pemerintah Perkuat Jaring Pengaman Sosial, BRI Salurkan BSU 2025 kepada 3,76 Juta Penerima Senilai Rp2,25 Triliun
Ekonomi Bisnis
Dukung Pemerintah Perkuat Jaring Pengaman Sosial, BRI Salurkan BSU 2025 kepada 3,76 Juta Penerima Senilai Rp2,25 Triliun

RADARBANDUNG.id, JAKARTA- PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus memperkuat peran strategisnya sebagai mitra utama Pemerintah dalam menghadirkan manfaat nyata bagi masyarakat. Komitmen tersebut kembali ditunjukkan melalui peran BRI dalam menyalurkan Bantuan Subsidi Upah (BSU) tahun 2025. Program ini menjadi salah satu upaya Pemerintah untuk menjaga daya beli pekerja dan memperkuat pondasi pemulihan […]

APINDO Expo & UMKM Fair 2025 Resmi Dibuka: Dorong UMKM Naik Kelas dan Terhubung ke Rantai Pasok Global
Ekonomi Bisnis
APINDO Expo & UMKM Fair 2025 Resmi Dibuka: Dorong UMKM Naik Kelas dan Terhubung ke Rantai Pasok Global

RADARBANDUNG.id – Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) meresmikan APINDO Expo & UMKM Fair 2025 di Kota Bandung sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Rapat Kerja dan Konsultasi Nasional (RAKERKONAS) APINDO ke-34. Acara ini menghadirkan 34 stan dari pelaku UMKM anggota APINDO yang menampilkan ragam produk unggulan mulai dari kuliner, kriya, batik, hingga fesyen lokal. Ketua Umum APINDO […]

Perluas Jaringan Usaha, Apindo Expo dan UMKM Fair 2025 Dorong Pelaku Usaha Naik Kelas
Ekonomi Bisnis
Perluas Jaringan Usaha, Apindo Expo dan UMKM Fair 2025 Dorong Pelaku Usaha Naik Kelas

RADARBANDUNG.id, BANDUNG – Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) secara resmi membuka Apindo Expo dan UMKM Fair 2025. Kegiatan tersebut bagian dari agenda strategis Rapat Kerja dan Konsultasi Nasional (Rakerkonas) Apindo ke-XXXIV yang diselenggarakan di Bandung. Apindo Expo & UMKM Fair 2025 diikuti 34 booth yang diisi oleh anggota Apindo maupun pengusaha UMKM dari sektor kerajinan tangan, […]

location_on Mendapatkan lokasi...
RadarBandung AI Radar Bandung Jelajahi fitur berita terbaru dengan AI
👋 Cobalah demo eksperimental yang menampilkan fitur AI terkini dari Radar Bandung.