RADARBANDUNG.id, BANDUNG- Pasar peranti rumah tangga menunjukkan peningkatan yang baik di masa pemulihan ekonomi. Hal ini menjadi landasan Artugo, brand home appliance- penyedia peralatan rumah tangga- Indonesia terus melakukan penetrasi bisnis.
Mentalitas dan kematangan strategi perusahaan tersebut sudah boleh dikatakan teruji. Artugo berdiri pada Agustus 2020 saat pandemi berlangsung. Selama 3 tahun berjalan dan terbilang sebagai pendatang baru, namun bisnisnya berkembang bahkan bisa bersaing dengan perusahaan sejenis yang sudah lebih dulu malang melintang.
Artugo melihat peluang peralihan menuju era normal baru dengan segala dinamikanya, yakni meningkatnya pekerja non-formal karena imbas dari dampak ekonomi hingga kebiasaan baru menyimpan lebih banyak bahan makanan.
Respon dari Artugo saat itu adalah meluncurkan lini produk chezt freezer. Mereka memanfaatkan momentum setelah pasar produk itu menjadi lahan basah, permintaan pasarnya mencapai 300 sampai 400 ribu dalam setahun.
Inovasi pun dilakukan untuk produknya. Salah satunya berupa chest freezer dengan pre-Coated material untuk kabinetnya. Sehingga produknya tahan karat, tahan gores, mudah dibersihkan hingga lebih kuat. Kemudian, mengembangkan Wide Range Voltage Compressor yang bisa membuat mesin bekerja optimal saat tegangan listrik tak stabil.
Seiring berjalannya waktu, produk lebih berkembang. Namun, fokusnya ada di tiga sektor, yakni hot, cold dan hygiene. Distribusi produk dan kerjasama dengan dealer terus digenjot.
Branch Manager Artugo Cabang Bandung, Budi Iskandar mengatakan strategi lainnya adalah menggelar sejumlah event berupa pameran produk. Salah satunya berlokasi di Log In Megastore, Jalan ABC, Kota Bandung yang sudah berlangsung sejak 20 Oktober hingga 21 November.
“Semua lini produk kami pamerkan. Ini adalah bentuk fokus kami berkolaborasi denga partner dealer. Kami hadirkan semua produknya, dari mulai showcase, sampai lini product cool, hot hygien, turun semua,” ucapnys, Jumat (4/11).
“Kami sudah bekerjasama beberapa kali dengan Log In. Tempat ini juga adalah pusat elektronik terbesar di Jalan ABC. Traffic penjualannya juga bagus. Makanya kami rasa tepat untuk menyelenggarakan pameran disini,” lanjutnya.
Menurutnya, Jawa Barat menjadi salah satu pasar penting selaras dengan kebutuhan peranti rumah tangga hingga meningkatnya UMKM. Sejauh ini, distribusi produk sudah ada di Sukabumi hingga Cirebon.
Promo lain juga dihadirkan. Contohnya adalah saat konsumen membeli kompor listrik, maka ada diskon penambahan daya listrik untuk rumah. “Kalau konsumen beli (kompor listrik), ada diskon untuk tambah dayanya dengan melihatkan kwitansi,” ucap dia.
Sementara itu, Store Manager Log In Megastor, Zainal mengatakan kolaborasi dengan Artugo sudah kali ketiga. Peningkatan penjualannya dinilai sangat positif.
“Dari mulai pertama, dari sisi presentase ada kenaikan 20 persenan growth-nya. Artugo pertama masuk nambah dan market sharenya sudah mendekati (perusahaan) yang sudah dulu (berjalan). Artugo juga ngambil marketshare yang udah besar,” pungkasnya. (*)