News

Artugo Terus Melakukan Penetrasi Bisnis di Masa Pemulihan Ekonomi

Radar Bandung - 04/11/2022, 17:21 WIB
Ali Yusuf
Ali Yusuf
Tim Redaksi
Artugo Terus Melakukan Penetrasi Bisnis di Masa Pemulihan Ekonomi

RADARBANDUNG.id, BANDUNG- Pasar peranti rumah tangga menunjukkan peningkatan yang baik di masa pemulihan ekonomi. Hal ini menjadi landasan Artugo, brand home appliance- penyedia peralatan rumah tangga- Indonesia terus melakukan penetrasi bisnis.

Mentalitas dan kematangan strategi perusahaan tersebut sudah boleh dikatakan teruji. Artugo berdiri pada Agustus 2020 saat pandemi berlangsung. Selama 3 tahun berjalan dan terbilang sebagai pendatang baru, namun bisnisnya berkembang bahkan bisa bersaing dengan perusahaan sejenis yang sudah lebih dulu malang melintang.

Artugo melihat peluang peralihan menuju era normal baru dengan segala dinamikanya, yakni meningkatnya pekerja non-formal karena imbas dari dampak ekonomi hingga kebiasaan baru menyimpan lebih banyak bahan makanan.

Respon dari Artugo saat itu adalah meluncurkan lini produk chezt freezer. Mereka memanfaatkan momentum setelah pasar produk itu menjadi lahan basah, permintaan pasarnya mencapai 300 sampai 400 ribu dalam setahun.

Inovasi pun dilakukan untuk produknya. Salah satunya berupa chest freezer dengan pre-Coated material untuk kabinetnya. Sehingga produknya tahan karat, tahan gores, mudah dibersihkan hingga lebih kuat. Kemudian, mengembangkan Wide Range Voltage Compressor yang bisa membuat mesin bekerja optimal saat tegangan listrik tak stabil.

Seiring berjalannya waktu, produk lebih berkembang. Namun, fokusnya ada di tiga sektor, yakni hot, cold dan hygiene. Distribusi produk dan kerjasama dengan dealer terus digenjot.

Branch Manager Artugo Cabang Bandung, Budi Iskandar mengatakan strategi lainnya adalah menggelar sejumlah event berupa pameran produk. Salah satunya berlokasi di Log In Megastore, Jalan ABC, Kota Bandung yang sudah berlangsung sejak 20 Oktober hingga 21 November.

“Semua lini produk kami pamerkan. Ini adalah bentuk fokus kami berkolaborasi denga partner dealer. Kami hadirkan semua produknya, dari mulai showcase, sampai lini product cool, hot hygien, turun semua,” ucapnys, Jumat (4/11).

“Kami sudah bekerjasama beberapa kali dengan Log In. Tempat ini juga adalah pusat elektronik terbesar di Jalan ABC. Traffic penjualannya juga bagus. Makanya kami rasa tepat untuk menyelenggarakan pameran disini,” lanjutnya.

Menurutnya, Jawa Barat menjadi salah satu pasar penting selaras dengan kebutuhan peranti rumah tangga hingga meningkatnya UMKM. Sejauh ini, distribusi produk sudah ada di Sukabumi hingga Cirebon.

Promo lain juga dihadirkan. Contohnya adalah saat konsumen membeli kompor listrik, maka ada diskon penambahan daya listrik untuk rumah. “Kalau konsumen beli (kompor listrik), ada diskon untuk tambah dayanya dengan melihatkan kwitansi,” ucap dia.

Sementara itu, Store Manager Log In Megastor, Zainal mengatakan kolaborasi dengan Artugo sudah kali ketiga. Peningkatan penjualannya dinilai sangat positif.

“Dari mulai pertama, dari sisi presentase ada kenaikan 20 persenan growth-nya. Artugo pertama masuk nambah dan market sharenya sudah mendekati (perusahaan) yang sudah dulu (berjalan). Artugo juga ngambil marketshare yang udah besar,” pungkasnya. (*)


Terkait Ekonomi Bisnis
Kolaborasi UNPAD dan CoEHAR Dorong Kebijakan Pengendalian Rokok Berbasis Bukti
Ekonomi Bisnis
Kolaborasi UNPAD dan CoEHAR Dorong Kebijakan Pengendalian Rokok Berbasis Bukti

RADARBANDUNG.id – Upaya pengendalian dampak merokok di kawasan Asia Pasifik mendapat dorongan baru lewat penyelenggaraan Asia-Pacific Conference on Harm Reduction 2025 yang digelar di Bandung pada Sabtu (14/6). Acara ini terselenggara atas kolaborasi antara The Center of Excellence for the Acceleration of Harm Reduction (CoEHAR) dan Universitas Padjadjaran (UNPAD), menghadirkan forum strategis untuk memperkuat sinergi […]

ALDO Optimistis Jaga Kinerja Lewat Buyback Saham dan Strategi Operasional Baru
Ekonomi Bisnis
ALDO Optimistis Jaga Kinerja Lewat Buyback Saham dan Strategi Operasional Baru

RADARBANDUNG.id –  PT Alkindo Naratama Tbk (ALDO), emiten industri kertas dan bahan kimia terintegrasi, mengumumkan rencana pembelian kembali saham (buyback) senilai maksimal Rp10 miliar. Rencana buyback ini disampaikan bersamaan dengan penyampaian kinerja keuangan tahun buku 2024 dalam Paparan Publik (Public Expose) yang digelar secara hybrid di Kota Baru Parahyangan, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (12/6). Direktur […]

Bank Mandiri Taspen Terbitkan Obligasi Rp3 Triliun, Targetkan Pertumbuhan 11,6 Persen
Ekonomi Bisnis
Bank Mandiri Taspen Terbitkan Obligasi Rp3 Triliun, Targetkan Pertumbuhan 11,6 Persen

RADARBANDUNG.ID, JAKARTA – Bank Mandiri Taspen (Bank Mantap) akan menerbitkan obligasi melalui skema Penawaran Umum Berkelanjutan (PUB) II, dengan target total dana sebesar Rp3 triliun. Inisiatif ini mencerminkan komitmen berkelanjutan Bank Mandiri Taspen dalam memperkuat portofolio kredit pensiun dan mendorong pemberdayaan ekonomi para pensiunan di Indonesia. Direktur Bisnis Bank Mandiri Taspen Maswar Purnama mengatakan, langkah […]

9.700 Pelajar Indonesia Raih Keterampilan Wirausaha Berkat Zurich Entrepreneurship Program
Ekonomi Bisnis
9.700 Pelajar Indonesia Raih Keterampilan Wirausaha Berkat Zurich Entrepreneurship Program

RADARBANDUNG.id – Zurich Indonesia bersama Z Zurich Foundation dan Prestasi Junior Indonesia resmi menuntaskan pelaksanaan tahun ketiga Zurich Entrepreneurship Program (ZEP) dengan capaian signifikan. Program pengembangan kewirausahaan, literasi keuangan, dan kesiapan kerja ini telah memberikan manfaat bagi lebih dari 9.700 siswa dari 50 SMA dan SMK yang tersebar di 14 kota/kabupaten di seluruh Indonesia, mendorong […]

location_on Mendapatkan lokasi...
RadarBandung AI Radar Bandung Jelajahi fitur berita terbaru dengan AI
👋 Cobalah demo eksperimental yang menampilkan fitur AI terkini dari Radar Bandung.