News

Seafood Show of Asia-Sial Interfood 2022 Bangkitkan Industri Pengolahan Ikan Hingga Ekspor dan Dalam Negeri

Radar Bandung - 04/11/2022, 17:09 WIB
AR Hidayat
AR Hidayat
Tim Redaksi
Seafood Show of Asia-Sial Interfood 2022 Bangkitkan Industri Pengolahan Ikan Hingga Ekspor dan Dalam Negeri

RADARBANDUNG.id, BANDUNG – Indonesia adalah negara archipelago yang kaya akan hasil laut. Luas Perairan Indonesia adalah 6,4 juta kilometer persegi dengan garis pantai mencapai 108 ribu kilometer.

Trend produksi perikanan Indonesia, baik tangkap maupun budidaya terus mengalami peningkatan. Dalam tiga tahun terakhir rata-rata peningkatan produksi sebesar 2,8 persen. Pada 2021, produksi perikanan mencapai 24,4 juta ton. (satudata.kkp).

Hal ini menempatkan Indonesia sebagai salah satu negara pengekspor hasil kelautan utama di dunia bersanding dengan eksportir utama lainnya seperti China, Norway, Viertnam, India dan Amerika Serikat.

Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) mencatat nilai ekspor produk hasil perikanan Indonesia tahun 2021 mencapai USD 5.7 milliar atau sekitar Rp90 trillun.

Kementrian Kelautan perikanan terus berupaya meningkatkan target nilai ekspor mencapai USD 7,13 milliar di tahun 2024. Tujuan ekspor hasil kelautan utama adalah Amerika Serikat, Cina, ASEAN, Jepang, dan Uni Eropa.

Baca Juga: Mendag Lutfi Sebut Indonesia Siap Berkontribusi dalam Negosiasi Sektor Pertanian

KKP terus berupaya memperluas jangkauan pasar produk perikanan Indonesia di kancah global. Salah satu program terobosan adalah pengembangan perikanan budi daya berbasis komoditas ekspor dengan udang sebagai salah satu komoditas unggulan selain, lobster, kepiting/ rajungan dan rumput laut.

Udang merupakan salah satu komoditas perikanan andalan Indonesia yang
sangat potensial untuk diekspor. Sebagai salah satu komoditas unggulan nasional, udang selalu menjadi pilihan untuk bisa dilibatkan dalam upaya peningkatan pendapatan negara.

Baca Juga: Natuna, Harta Karun di Dasar Lautan, dan Pencurian

Erwin Dwiyana Direktur Pemasaran, Ditjen Penguatan Daya Saing Kementrian Kelautan Perikanan dalam konferensi Pres Pameran Seafood Show Of Asia 22022 menyampaikan, KKP akan terus mendorong penguatan branding Indonesian Seafood di kancah dunia guna menarik minat buyer dan investor dengan branding Indonesia Seafood: Naturally Diverse, Safe and Sustainable.

“Dengan mengangkat jaminan mutu dan keamanan hasil perikanan (safe) serta kebijakan pada keberlanjutan sumberdaya ikan dan usaha (sustainable) dan dukungan pengembangan akses pasar dan penanganan hambatan ekspor diharapkan dapat memacu ekspor produk perikanan Indonesia ke mancanegara,” ujarnya.


Terkait Ekonomi Bisnis
location_on Mendapatkan lokasi...
RadarBandung AI Radar Bandung Jelajahi fitur berita terbaru dengan AI
👋 Cobalah demo eksperimental yang menampilkan fitur AI terkini dari Radar Bandung.