News

HRTA Catat Kinerja Positif di Tengah Kondisi Ekonomi Makro yang Tak Pasti

Radar Bandung - 16/11/2022, 18:00 WIB
Ali Yusuf
Ali Yusuf
Tim Redaksi
HRTA Catat Kinerja Positif di Tengah Kondisi Ekonomi Makro yang Tak Pasti
HRTA Catat Kinerja Positif di Tengah Kondisi Ekonomi Makro yang Tak Pasti

RADARBANDUNG.id- Ketidakpastian ekonomi global terus berlanjut dimana resesi menjadi kekhawatiran dunia. Namun, PT Hartadinata Abadi Tbk (IDX: HRTA), produsen dan penyedia perhiasan emas terintegrasi Indonesia, mencatatkan kinerja yang gemilang hingga kuartal tiga (Q3) tahun 2022 (9M2022).

HRTA berhasil mencatatkan pendapatan sebesar Rp5,10 triliun dimana terjadi peningkatan sebesar 30,67% YoY dibanding periode yang sama tahun sebelumnya. Peningkatan ini menunjukan kinerja positif dari HRTA ditengah hantu resesi yang dihadapi oleh ekonomi global.

Pertumbuhan pendapatan HRTA ini didorong oleh adanya peningkatan dalam penjualan emas murni sebesar 27,26% YoY dari 2,84 ton pada 1H2021 menjadi 3,62 ton pada 1H2022. Selain itu harga rata – rata jual (Average Selling Price/ASP) tercatat pada level Rp876,429/ gram di 1H2022, yang meningkat 3,05% YoY dari yang sebelumnya Rp850,482/ gram pada 1H2021.

Peningkatan juga tercatat pada laba bersih Perseroan sebesar 35% YoY menjadi Rp206,27 milliar. Penjualan ke grosir masih menjadi kontributor utama dengan porsi 90,87%, yang diikuti oleh penjualan eceran sebesar 7,82% dan bisnis gadai sebesar 1,08%. Sedangkan ROA meningkat ke level 7,06% dan ROE terjaga di 16,40%. Di sisi lain, Perseroan berhasil mencatatkan penurunan rasio DER dari sebelumnya 1,41x di 1H22 menjadi 1,32x di 9M22.

“Pencapaian pertumbuhan kinerja HRTA yang signifikan tersebut dikontribusikan oleh penjualan EmasKITA dan Kencana yang mencapai 45% dari total penjualan, dan menjadi produk unggulan dari PT Hartadinata Abadi Tbk. Kedepannya kita masih akan terus mendorong dan memperkenalkan EmasKITA dan Kencana kepada lebih banyak masyarakat lagi,“ kata Direktur Utama HRTA, Sandra Sunanto.

Pada tahun ini, PT Hartadinata Abadi Tbk bersama dengan PT Emas Antam Indonesia (EAI) juga terus berinovasi pada produk emas batangan Perseroan dengan menambahkan fitur BullionProtect®, yaitu teknologi terbaru proteksi keaslian logam mulia yang dikembangkan oleh SICPA bekerja sama dengan METALOR Technologies.

Teknologi BullionProtect® saat ini ditambahkan pada produk emas murni batangan ukuran 10 gram, 25 gram, 50 gram dan 100 gram, dimana tinta keamanan (security ink) telah terbukti mengamankan dan mengantisipasi tindakan pemalsuan.

Selain inovasi pada produk, PT Hartadinata Abadi Tbk juga mengadakan kemitraan dengan beberapa institusi keuangan seperti salah satu diantaranya adalah Bank Syariah Indonesia untuk terus bisa mendorong inklusifitas emas.

Untuk mendorong penjualan EmasKITA dan KENCANA, Perseroan juga telah meluncurkan e-commerce emaskita.id yang dapat langsung diakses oleh pelanggan untuk membeli produk EmasKITA dan KENCANA, melakukan buyback, serta melakukan verifikasi keaslian emas dan untuk mengakses fitur Augmented Reality. Perseroan berharap dengan kehadiran e-commerce emaskita.id dapat meningkatkan inklusifitas emas terhadap masyarakat dan penjualan ritel secara B2C. (pra)


Terkait Ekonomi Bisnis
ALDO Optimistis Jaga Kinerja Lewat Buyback Saham dan Strategi Operasional Baru
Ekonomi Bisnis
ALDO Optimistis Jaga Kinerja Lewat Buyback Saham dan Strategi Operasional Baru

RADARBANDUNG.id –  PT Alkindo Naratama Tbk (ALDO), emiten industri kertas dan bahan kimia terintegrasi, mengumumkan rencana pembelian kembali saham (buyback) senilai maksimal Rp10 miliar. Rencana buyback ini disampaikan bersamaan dengan penyampaian kinerja keuangan tahun buku 2024 dalam Paparan Publik (Public Expose) yang digelar secara hybrid di Kota Baru Parahyangan, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (12/6). Direktur […]

Bank Mandiri Taspen Terbitkan Obligasi Rp3 Triliun, Targetkan Pertumbuhan 11,6 Persen
Ekonomi Bisnis
Bank Mandiri Taspen Terbitkan Obligasi Rp3 Triliun, Targetkan Pertumbuhan 11,6 Persen

RADARBANDUNG.ID, JAKARTA – Bank Mandiri Taspen (Bank Mantap) akan menerbitkan obligasi melalui skema Penawaran Umum Berkelanjutan (PUB) II, dengan target total dana sebesar Rp3 triliun. Inisiatif ini mencerminkan komitmen berkelanjutan Bank Mandiri Taspen dalam memperkuat portofolio kredit pensiun dan mendorong pemberdayaan ekonomi para pensiunan di Indonesia. Direktur Bisnis Bank Mandiri Taspen Maswar Purnama mengatakan, langkah […]

9.700 Pelajar Indonesia Raih Keterampilan Wirausaha Berkat Zurich Entrepreneurship Program
Ekonomi Bisnis
9.700 Pelajar Indonesia Raih Keterampilan Wirausaha Berkat Zurich Entrepreneurship Program

RADARBANDUNG.id – Zurich Indonesia bersama Z Zurich Foundation dan Prestasi Junior Indonesia resmi menuntaskan pelaksanaan tahun ketiga Zurich Entrepreneurship Program (ZEP) dengan capaian signifikan. Program pengembangan kewirausahaan, literasi keuangan, dan kesiapan kerja ini telah memberikan manfaat bagi lebih dari 9.700 siswa dari 50 SMA dan SMK yang tersebar di 14 kota/kabupaten di seluruh Indonesia, mendorong […]

Kurun 7 Tahun, IHG Rayakan 100 Pembukaan Hotel Voco
Ekonomi Bisnis
Kurun 7 Tahun, IHG Rayakan 100 Pembukaan Hotel Voco

Pertumbuhan tercepat, IHG catatkan rekor 100 pembukaan hotel voco dalam kurin waktu kurang 7 tahun.

location_on Mendapatkan lokasi...
RadarBandung AI Radar Bandung Jelajahi fitur berita terbaru dengan AI
👋 Cobalah demo eksperimental yang menampilkan fitur AI terkini dari Radar Bandung.