RADARBANDUNG.id, BANDUNG – Ahmad Dhani memulai bisnis rokok dengan merk Dewa 19 Legend. Ia berharap keuntungan yang didapatkan bisa mendukung musisi hingga menyumbang pajak untuk negara.
Ia menceritakan, Band Dewa 19 pernah mendapat sponsor dari sebuah perusahaan rokok untuk menggelar tur pada tahun 1995, bahkan tahun 2000, dukungannya bisa membuat band-nya manggung di 30 kota.
Padahal perusahaan tersebut terbilang baru. Hingga akhirnya, kisah itu menjadi salah satu inspirasinya membuat sebuah perusahaan yang bergerak di bidang yang sama.
Ide itu ia akhirnya bisa dia realisasikan. Tujuannya, keuntungan perusahaan bisa mendukung musisi lain.
“Bagaimana rokok Dewa 19 Legend ini bisa konsisten hadir mensponsori Dewa 19, tapi juga grup musik lain. Kita berharap, kita bisa sukses,” kata dia dalam konferensi pers launching rokok Dewa 19 Legend di U-berkopi, Jalan Nagrog, Ujungberung, Kota Bandung, Kamis (15/12)
“Jadi, kita juga ingin berkontribusi kepada pemerintah dari cukai yang nanti kita bayarkan,” tegas Dhani.
Adapun strategi yang akan dilakukan untuk memasarkannya, ia mengaku memilih cara konvensional dari mulut ke mulut. Kemudian, ia akan memanfaatkan media sosial band Dewa 19 ataupun milik pribadi.
“Terbukti hampir semua tiket konser Dewa 19 yang kita jual lewat medsos itu selalu sold out,” kata Dhani. “Suatu saat kita akan bikin vape, tapi sampai saat ini, kita masih berkontrak dengan salah satu perusahaan vape yang menggunakan nama Dewa 19 sebagi endorse,” ungkapnya.
Sementara itu, Komisaris Utama Perusahan Distribusi Rokok Dewa 19 Legend, Bambang Setiadi memiliki strategi lain dalam pemasarannya. “Salah satunya menggunakan distributor dan agen di berbagai daerah, seperti Bandung Raya, Sumedang, Majalengka, hingga wilayah Pantura,” kata dia menambahkan. (dbs)