RADARBANDUNG.id- Pelamar kerja perlu memerhatikan 4 hal ini dalam proses rekrutmen perusahaan. Karena banyak kasus pemalsuan informasi pelamar kerja dalam proses rekrutmen, banyak perusahaan menerapkan background checking atau pemeriksaan latar belakang dalam proses rekrutmen.
Hal itu perusahaan lakukan untuk mencari karyawan terbaik sekaligus memastikan informasi yang diberikan pelamar adalah informasi yang benar.
Sebagaimana pengalaman seorang rekruter dan career coach, Teddy Diego, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan pelamar kerja terkait background checking ini. Apa saja? Berikut ulasannya, dikutip Minggu (19/2):
1. Pengalaman sebelumnya
Istilah lainnya yakni reference check, dalam hal ini biasanya HRD akan menghubungi HRD atau atasan di tempat kerja Anda yang lama untuk mengkonfirmasi riwayat kerja.
Baca Juga: Tips Menciptakan Kesan Pertama yang Baik di 10 Detik Pertama Wawancara Kerja
2. Ijazah
Untuk menghindari ijazah atau gelar yang dipalsukan demi mendapatkan pekerjaan, Anda akan diminta membawa copy atau ijazah asli ketika datang ke perusahaan.
3. Catatan kriminal
Surat Keterangan Catatan Kepolisian atau SKCK ini memiliki fungsi sebagai bukti bahwa kamu tidak pernah terlibat kasus kriminal yang tercatat di kepolisian.
4. BI checking
Beberapa perusahaan menerapkan pemeriksaan background keuangan, untuk menghindari resiko kejahatan dan menerima karyawan dengan kondisi psikologis yang tertekan. Hal ini karena banyak kasus kejahatan yang terjadi dengan motif kesulitan ekonomi.
Tetapi Anda tidak perlu khawatir selama informasi yang berikan dalam CV dan interview adalah informasi yang benar dan jujur.
Itulah beberapa informasi yang akan diperiksa pada proses background checking, tetapi itu semua tergantung pada posisi dan kebijakan perusahaan tempat kamu melamar kerja. (Milda Narulita Gunawan)