News

Kembali Hadir! Pasar Ramadan BRI Tingkatkan Geliat Aktivitas Ekonomi Secara Digital

Radar Bandung - 05/04/2023, 17:46 WIB
Ali Yusuf
Ali Yusuf
Tim Redaksi
Kembali Hadir! Pasar Ramadan BRI Tingkatkan Geliat Aktivitas Ekonomi Secara Digital

RADARBANDUNG.id, JAKARTA- Bulan Ramadan tahun ini menjadi momen spesial bagi masyarakat, terutama setelah pemerintah secara resmi mengumumkan pencabutan kebijakan Pemberlakuan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pasca Covid-19.

Masyarakat kembali dapat beraktivitas secara normal termasuk dalam mengembangkan bisnisnya, hal ini menjadi momentum bagi para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk memperkuat daya jualnya.

Untuk mendukung dan memfasilitasi UMKM tersebut, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI menggelar kegiatan tahunan “Pasar Ramadan Simpedes 2023” yang digelar pada 1 – 16 April 2023. Kegiatan tahunan berbentuk bazar tersebut pada tahun ini digelar di 4.281 titik seluruh Indonesia dan melibatkan lebih dari 48.000 pelaku UMKM.

Melalui rangkaian kegiatan ini, BRI berkolaborasi dengan pelaku UMKM binaan setempat memberikan berbagai penawaran kepada masyarakat sehingga berdampak pada peningkatan perekonomian di daerah tersebut. Dari total titik bazar pada program ini, tersebar sebanyak 379 titik yang dilaksanakan di tingkat kota/kabupaten (Pasar Ramadan Utama), sementara 3.902 titik lainnya tersebar di tingkat kecamatan/desa (Pasar Ramadan Lokal).

Terkait dengan hal tersebut, Direktur Bisnis Mikro BRI Supari mengungkapkan bahwa Pasar Ramadan BRI tahun ini juga menjadi ajang edukasi dan peningkatan literasi bagi pelaku UMKM dan masyarakat atas akses layanan digital perbankan melalui transaksi pembayaran non tunai menggunakan QRIS BRI.

“Selain menggerakkan aktivitas ekonomi, melalui Pasar Ramadan BRI ini, perseroan ingin meningkatkan literasi masyarakat terhadap layanan digital perbankan. Dengan begitu diharapkan juga dapat mendongkrak tingkat inklusi layanan digital. Karena pada dasarnya digitalisasi memudahkan nasabah dan mampu meningkatkan efisiensi”, jelas Supari.

Pelaksanaan pasar Ramadan BRI ini juga sejalan dengan optimisme UMKM yang semakin meningkat pada kuartal IV 2022 lalu. Sebagaimana ditunjukkan dalam hasil riset Indeks Bisnis (IB) UMKM BRI yang naik dari level 130,2 ke 105,9. Dari sini juga diketahui bahwa para pelaku UMKM melihat aktivitas selama satu kuartal ke depan masih sangat baik.

“Dengan optimisme pelaku UMKM, aktivitas usaha dan ekonomi akan cepat recovery dan target pertumbuhan ekonomi nasional dapat tercapai. Dengan begitu, BRI juga optimistis mampu mendorong keberlanjutan bisnis UMKM”, tambah Supari.

Dalam mendukung ekosistem digital, BRI juga mengembangkan pemberdayaan terhadap UMKM berbasis online. Hingga februari 2023, BRI telah melakukan berbagai macam bentuk pemberdayaan UMKM, salah satunya dengan self asessment naik kelas yang dapat diakses LinkUMKM oleh lebih dari 2,3 juta pelaku UMKM. Platform ini bisa diakses secara gratis, baik melalui website linkumkm.id maupun aplikasi yang dapat diunduh di google playstore.

Sebagai journey pemberdayaan kepada UMKM, BRI juga mendorong pelaku UMKM binaan masuk ke dalam ekosistem digital atau market place dalam rangka memperluas akses pasar. Beberapa kolaborasi pengembangan ekosistem diwujudkan melalui sinergi dengan Pasar Rakyat Indonesia (PARI) yang berfokus kepada pasar komoditas. (*)


Terkait Ekonomi Bisnis
Pemerintah Tegaskan Konsumen Akhir Tak Dipungut Pajak Atas Pembelian Emas
Ekonomi Bisnis
Pemerintah Tegaskan Konsumen Akhir Tak Dipungut Pajak Atas Pembelian Emas

Pemerintah menerbitkan dua Peraturan Menteri Keuangan (PMK) yang mengatur ketentuan perpajakan atas kegiatan usaha bulion.

BRI Raih Penghargaan ASEAN Corporate Governance Scorecard (ACGS), Bukti Komitmen Tata Kelola yang Unggul
Ekonomi Bisnis
BRI Raih Penghargaan ASEAN Corporate Governance Scorecard (ACGS), Bukti Komitmen Tata Kelola yang Unggul

RADARBANDUNG.id, JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus menegaskan komitmennya dalam menerapkan prinsip-prinsip Tata Kelola Perusahaan yang Baik (Good Corporate Governance / GCG). Hal ini dibuktikan dengan diraihnya penghargaan prestisius sekaligus dalam ajang ASEAN Corporate Governance Scorecard (ACGS) 2024, yaitu sebagai TOP 5 Public Listed Companies (PLC) Indonesia dan ASEAN Asset Class […]

Syafif Goes to Bandung 2025 Berakhir, OJK Dorong Pertumbuhan Keuangan Syariah di Jabar
Ekonomi Bisnis
Syafif Goes to Bandung 2025 Berakhir, OJK Dorong Pertumbuhan Keuangan Syariah di Jabar

OJK bersama Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PUJK) Syariah sukses menyelenggarakan Sharia Financial Fair (Syafif) Goes to Bandung 2025 yang berlangsung selama dua hari, 2–3 Agustus 2025, di Main Atrium Trans Studio Mall Bandung.

Dukung Pemerintah Perkuat Jaring Pengaman Sosial, BRI Salurkan BSU 2025 kepada 3,76 Juta Penerima Senilai Rp2,25 Triliun
Ekonomi Bisnis
Dukung Pemerintah Perkuat Jaring Pengaman Sosial, BRI Salurkan BSU 2025 kepada 3,76 Juta Penerima Senilai Rp2,25 Triliun

RADARBANDUNG.id, JAKARTA- PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus memperkuat peran strategisnya sebagai mitra utama Pemerintah dalam menghadirkan manfaat nyata bagi masyarakat. Komitmen tersebut kembali ditunjukkan melalui peran BRI dalam menyalurkan Bantuan Subsidi Upah (BSU) tahun 2025. Program ini menjadi salah satu upaya Pemerintah untuk menjaga daya beli pekerja dan memperkuat pondasi pemulihan […]

location_on Mendapatkan lokasi...
RadarBandung AI Radar Bandung Jelajahi fitur berita terbaru dengan AI
👋 Cobalah demo eksperimental yang menampilkan fitur AI terkini dari Radar Bandung.