News

ASN Berjuang untuk Public Trust!

Radar Bandung - 05/07/2023, 12:10 WIB
Oche Rahmat
Oche Rahmat
Tim Redaksi
ASN Berjuang untuk Public Trust!

RADARBANDUNG.id – Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik dan Peraturan Pemerintah Nomor 96 Tahun 2012 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik mengamanatkan setiap institusi penyelenggara negara baik di pusat maupun daerah agar mempermudah dan mempercepat pelayanan kepada Masyarakat. Hal tersebut dilaksanakan dengan mewajibkan penyelenggara pelayanan menyusun, menetapkan, dan menerapkan Standar Pelayanan dengan melibatkan masyarakat serta berbagai pihak yang terkait. Standar Pelayanan merupakan tolok ukur yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan. Disamping itu harus disusun Maklumat Pelayanan sebagai kewajiban dan janji Penyelenggara kepada Masyarakat untuk melaksanakan Standar Pelayanan dalam rangka pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau dan terukur. Penerapan Standar Pelayanan dimaksudkan sebagai salah satu upaya untuk meminimalisir terjadinya penyimpangan atau penurunan kinerja dalam penyelenggaraan pelayanan.

Dalam rangka memenuhi tuntutan kebutuhan masyarakat sebagai akibat kemajuan ekonomi dan tuntutan pelayanan yang lebih nyaman, penyelenggara dapat menyediakan pelayanan berjenjang dengan mempertimbangkan proporsionalitas dan kebutuhan masyarakat agar tidak menimbulkan diskriminasi dengan tetap menjunjung tinggi prinsip keadila dengan tidak mengurangi kualitas pelayanan bagi masyarakat pada umumnya. Peran serta Masyarakat dalam penyelenggaraan Pelayanan Publik diperlukan untuk menjamin Pelayanan Publik dilaksanakan secara transparan dan akuntabel serta sesuai dengan kebutuhan dan harapan masyarakat. Bahwa untuk peran serta masyarakat tidak hanya dalam bentuk peran serta secara aktif dalam penyusunan Standar Pelayanan, tetapi juga sampai dengan pengawasan dan evaluasi penerapan standar, evaluasi kinerja dan pemberian penghargaan, serta penyusunan kebijakan Pelayanan Publik. Kualitas Pelayanan Publik merupakan salah satu indikator terhadap tingkat kepercayaan publik kepada Aparatur Sipil Negara (ASN).

Berdasarkan data Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Tahun 2022 yang dirilis oleh Ombudsman RI, diketahui penilaian terhadap pemerintah sebagai berikut:

Data diatas menggambarkan bahwa pada level pemerintah daerah masih terdapat yang berkategori sedang dan rendah dalam melaksanakan pelayanan publik . Hal ini dapat disebabkan salah satunya karena aparatur pada Pemerintah Daerah kurang memiliki komitmen dan mempunyai keinginan untuk berubah sehingga pelayanan publik belum memenuhi harapan dari masyarakat.

Peran Aparatur Sipil Negara (ASN) sangat sentral dalam pelayanan publik, dimana ASN merupakan perencana, pelaksana, dan pengawas penyelenggaraan tugas umum pemerintahan dan pembangunan nasional melalui pelaksanaan kebijakan dan pelayanan publik yang profesional, bebas dari intervensi politik, serta bersih dari praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme.

Dalam Undang-Undang No. 5 Tahun 2014, fungsi ASN adalah sebagai pelaksana kebijakan publik, pelayanan publik serta perekat dan pemersatu bangsa. Terkait peran, fungsi, dan nilai dasar yang harus dimiliki oleh ASN, termaktub esensi yang sangat jelas, yakni pelayanan kepada masyarakat merupakan ruh utama dari setiap pengabdian seorang ASN, sehingga ASN harus melayani bukan dilayani, kepercayaan publik (public trust) merupakan outcome yang diharapkan dalam setiap pelayanan yang diberikan oleh pemerintah, dengan ASN sebagai roda penggeraknya, sehingga sudah sepatutnya setiap ASN terus berupaya mengembangkan potensi dirinya demi terciptanya pelayanan prima kepada masyarakat.

 

Peningkatan kualitas pelayanan publik dapat dilakukan ASN dengan cara meningkatkan rasa cinta kepada tanah air sebagai bentuk bela negara dan menerapkan nilai-nilai kepemimpinan pancasila dalam melakukan pelayanan publik serta meningkatkan integritas. Lebih daripada itu selaku ASN dalam melaksanakan pelayanan publik harus mempunyai integritas dalam melaksanakan tugas, integritas sangat berguna terutama dalam melaksanakan komitmen yang telah ditetapkan dalam standar pelayanan.
Selain itu untuk bisa menumbuhkan kepercayaan publik, ASN sebagai seorang pemimpin pada institusi pelayanan publik harus mempunyai 5 karakter dalam kemimpinan Pancasila, yaitu Kepemimpinan yang takut kepada Tuhan, memiliki rasa kemanusiaan yang tinggi, menjadi pemersatu dalam organisasi, mengutamakan kepentingan umum/masyarakat daripada kepentingan pribadi dan harus berlaku adil terhadap pemohon pelayanan. Dengan memiliki integritas dalam melayani dan melaksanakan kepemimpinan Pancasila diyakini akan meningkatkan pelayanan publik yang secara tidak langsung akan menumbuhkan kembali dan meningkatkan kepercayaan publik/masyarakat kepada pemerintah. Konsepsi ini yang harus dimaknai dengan baik oleh setiap ASN di tanah air agar apa yang diharapkan dapat terwujud.

Penulis : Kelompok 2 (dua) Diklat PKA Angkatan II LAN RI


Terkait Nasional
Sidang Kongres PDIP Dipercepat, Usai Pembukaan Megawati Soekarnoputri Kembali Dikukuhkan Periode 2025-2030, Hasto Bebas, Peluang Jabat Sekjen Tiga Periode
Nasional
Sidang Kongres PDIP Dipercepat, Usai Pembukaan Megawati Soekarnoputri Kembali Dikukuhkan Periode 2025-2030, Hasto Bebas, Peluang Jabat Sekjen Tiga Periode

RADARBANDUNG.ID, MANGUPURA –  Sidang kongres PDIP hari pertama selesai cepat kilat. Agenda sidang kongres PDIP yang direncanakan selesai pukul 10.00 malam, tapi siang hari sudah tuntas. Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dikukuhkan  dan diambil sumpah. Sidang  dibuka, peserta kongres langsung meminta Megawati dikukuhkan sesuai dengan keputusan rakernas. Itu disampaikan Ketua Steering Committee Kongres ke-6 PDIP, […]

Luciano Guaycochea: Uji Coba di GBLA Jadi Ajang Buktikan Kesiapan Tim
Nasional
Luciano Guaycochea: Uji Coba di GBLA Jadi Ajang Buktikan Kesiapan Tim

  RADARBANDUNG.id – Gelandang asing Persib Bandung, Luciano Guaycochea, menyambut positif laga uji coba menghadapi salah satu tim empat besar Liga Australia Western Sydney yang akan digelar besok. Menurut Luciano Guaycochea pertandingan ini menjadi bagian penting dari rangkaian persiapan Persibb Bandung jelang kompetisi Super Leavue 2025/2026 dan babak play-off AFC Champions League Two. “Seperti yang […]

Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan, Anggota MPR RI Muhammad Hoerudin Amin Fraksi PAN Sambangi Cisurupan
Nasional
Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan, Anggota MPR RI Muhammad Hoerudin Amin Fraksi PAN Sambangi Cisurupan

RADARBANDUNG.ID, KABUPATEN GARUT – Anggota MPR RI Muhammad Hoerudin Amin kembali menggelar Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Cisurupan, Kabupaten Garut, Kamis (31/7/2025). Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan oleh Anggota MPR RI Muhammad Hoerudin Amin merupakan Media Sosialisasi Dapil (Sosdap) MPR RI membahas tentang Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika serta berjalan hangat dan interaktif. […]

Penghargaan JNE Content Competition 2025, Merayakan Kreativitas Anak Bangsa
Nasional
Penghargaan JNE Content Competition 2025, Merayakan Kreativitas Anak Bangsa

RADARBANDUNG.id- JNE menyelenggarakan acara puncak penghargaan JNE Content Competition 2025 di CGV FX Sudirman, Jakarta Selatan. Acara ini menjadi penutup rangkaian kompetisi yang telah menjadi wadah bagi para kreator Indonesia untuk menunjukkan talenta kreatif mereka. Tahun ini, kompetisi berhasil menjaring sebanyak 3.952 karya dari empat kategori lomba yakni karya tulis, foto, video, dan desain yang menunjukkan […]

location_on Mendapatkan lokasi...
RadarBandung AI Radar Bandung Jelajahi fitur berita terbaru dengan AI
👋 Cobalah demo eksperimental yang menampilkan fitur AI terkini dari Radar Bandung.