RADARBANDUNG.id, CIMAHI– Dalam rangka meningkatkan akurasi terhadap pemakaian energi listrik yang dikonsumsi oleh pelanggan. PT PLN (Persero) UP3 Kota Cimahi melaksanakan program penggantian KWH meter konvensional ke Automatic Meter Reading (AMR).
KWH meter AMR Automatic Meter Reading merupakan teknologi yang secara otomatis mengumpulkan data konsumsi dari perangkat metering energi. Data ini digunakan untuk tujuan penagihan, menganalisis penggunaan, mengelola konsumsi, mengidentifikasi serta mengatasi masalah teknis.
Dengan kata lain, AMR ini merupakan teknologi lebih lanjut dari metode pengukuran penggunaan energi listrik yang ada di sisi pelanggan.
ULP Cililin sebagai salah satu unit layanan yang ada di PLN UP3 Cimahi berhasil melakukan migrasi untuk 100% pelanggan 3 phasa dengan daya 6,6 – 197 KVA. Hal ini tentu menjadi tantangan sendiri bagi PLN ULP Cililin mengingat hingga saat ini belum ada satupun unit layanan pelanggan yang bisa merealisasikan hal tersebut.
Jumlah pelanggan yang telah dilakukan penggantian meter AMR di wilayah kerja PLN ULP Cililin berjumlah 182 pelanggan yang tersebar di beberapa lokasi diantaranya di wilayah Cihampelas, Cipatik, Sindangkerta, Gununghalu dan Rongga.
Manager PLN UP3 Cimahi Yusra Helmi mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi upaya dari rekan-rekan di ULP Cililin dalam migrasi pelanggan daya 6,6- 197 Kva, dimana seluruhnya menggunakan meter AMR.
“Kami apresiasi upaya dari ULP Cililin, dengan begitu tentunya hal ini sangat menguntungkan tidak hanya bagi PLN tapi bagi pelanggan itu sendiri. Karena lebih memudahkan dalam pemantauan pemakaian energi serta akurasi pengukurannya,” ujarnya, Kamis (27/7).
Lebih lanjut, pihaknya akan terus berupaya agar seluruh pelanggan dengan daya 6,6-197 KVA ini bisa seluruhnya dan diganti dengan meter AMR.
Sementara itu General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat, Susiana Mutia, menyampaikan PLN terus berinovasi dalam semua aspek bisnisnya untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.
“Semua yang kita lakukan tentunya untuk meningkatkan kepuasan pelanggan,” ucap dia. (gat)