RADARBANDUNG.id – PT Pegadaian Kanwil X Bandung mencetak laba Rp277 miliar per Juli 2023. Jumlah tersebut setengah dari target yang diemban yakni Rp550 miliar.
Pemimpin Wilayah PT Pegadaian Kanwil X Bandung, Muh Ariyadi Purwanto mengatakan Pertumbuhan positif ini salah satunya berkat kenaikan jumlah nasabah dan jumlah agen aktif.
Laba juga berhasil diraih berkat beragam layanan, dari gadai (konvensional dan syariah) maupun non gadai meliputi cicil emas, tabungan emas, haji dan umrah, mikro, kredit kendaraan, invoice financing, sertifikat tanah, payment dan remittance, titip emas, KUR syariah, dan lainnya.
“Layanan gadai masih mendominasi dengan kontribusi mencapai 84 persen tapi kami terus kembangkan layanan lainnya. Peruntukan kredit kami juga cukup baik sekitar 58 persen untuk produktif,” ujarnya dalam acara Gathering Media, Selasa (5/9/2023).
Saat ini, pihaknya fokus mendorong pertumbuhan jumlah agen aktif Pegadaian Kanwil X Bandung yang kini tercatat sebanyak 4.749 agen dari sebelumnya hanya 1.800 agen di awal tahun.
Jumlah agen diharapkan terus meningkat hingga menyentuh 5.000 agen di akhir tahun ini. Ia terus mendorong jumlah agen yang tersebar diberbagai daerah.
“Arena kontribusi agen sekitar 10 persen terhadap all omzet atau sekitar Rp600 miliar dalam pembiayaan,” katanya.
Menurutnya, kenaikan jumlah agen juga diharapkan dapat mendorong jumlah nasabah Pegadaian di wilayahnya yang kini mencapai 1,6 juta nasabah dan ditargetkan dapat tumbuh hingga 15 persen hingga akhir tahun ini. Sekitar 74 persen dari total nasabah merupakan perempuan.
“Kami juga terus mendorong kenaikan jumlah nasabah melalui pengguna aplikasi Pegadaian Digital yang dapat digunakan kapan pun dan di mana pun,” katanya.
Selain itu, kenaikan agen diharapkan dapat mendorong kesejahteraan masyarakat khususnya di wilayah Jawa Barat karena dengan menjadi agen Pegadaian bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Terlebih Jabar punya penduduk paling banyak di Indonesia.
Ariyadi juga menjelaskan kehadiran agen juga bagian dari upaya edukasi literasi keuangan bagi masyarakat serta untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Pegadaian.
“Kami juga terus berkolaborasi dengan pemerintah dan berbagai pihak agar layanan dari Pegadaian bisa bermanfaat dan dirasakan langsung oleh masyarakat,” katanya. (pra)