News

Kolaborasi dengan UiTM Kedah Malaysia dan Uniku, FEB Unisba Gelar PKM Halal Natural Resource Based Tourism Education

Radar Bandung - 23/09/2023, 22:56 WIB
AR Hidayat
AR Hidayat
Tim Redaksi
Kolaborasi dengan UiTM Kedah Malaysia dan Uniku, FEB Unisba Gelar PKM Halal Natural Resource Based Tourism Education
FEB Unisba bersama UiTM Kedah Malaysia dan Uniku mengelar Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) dengan tema Halal Natural Resource Based Tourism Education.

RADARBANDUNG.id, BANDUNG – Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unisba berkolaborasi dengan Universiti Teknologi MARA (UiTM) Kedah Malaysia dan Universitas Kuningan (Uniku), serta bekerja sama dengan Desa Ciburial Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) dengan tema “Halal Natural Resource Based Tourism Education” yang diselenggarakan di Cocorico Cafe & Resto, pada Jumat (22/9/2023).

Kegiatan ini diikuti sebanyak 90 orang peserta terdiri dari UMKM Desa Ciburial, Ibu-Ibu PKK Desa Ciburial, dan mahasiswa UiTM.

PKM ini menghadirkan tiga orang narasumber antara lain Kaprodi Manajemen FEB Unisba, Dr. Sri Suwarsi, SE., M.Si., Deputy Rector Division of Academic Affairs UiTM Kedah Malaysia, Assoc. Prof. Dr. Komarudin Othman, dan Kaprodi Manajemen Uniku, Dr. Rina Masruroh, SE, M.E.Sy.

Dr. Sri dalam pemaparan materinya mengatakan bahwa strategi dalam memasarkan produk UMKM agar menerapkan digital marketing yakni pemasaran melalui website serta aktif di berbagai media sosial, tidak hanya Facebook dan Instagram tapi juga TikTok.

“Digital maketing itu efektif apalagi produk makanan. Semakin banyak aktivitas pemasaran yang dilaksanakan melalui digital marketing maka akan membranding produk apalagi tinggi viewernya dan bisa jadi viral,” ujarnya.

Baca Juga: Liga Buku Jabar Juara Jadi Momentum Tingkatkan Literasi Membaca

Menurutnya, viral marketing menjadi salah satu strategi bisnis melalui digital marketing yang dapat berefek pada produk yang tidak dikenal menjadi viral.

“Viral merupakan momen terbaik untuk para UMKM ataupun pengusaha sehingga bisa meningkatkan penjualan, tentu dengan cara yang etis. Jangan sampai dengan cara yang tidak etis karena viral juga nantinya akan ada efek ke masyarakat,” tuturnya.

Baca Juga: Terbentur Status Plh Sekda, DPRD Belum Bahas APBD Jabar 2024

Ia mengungkapkan, promosi lainnya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan penjualan yaitu dengan mengikuti berbagai event dan pameran, serta mengikuti kegiatan yang bisa mengundang wisatawan untuk datang sehingga bisa menjadi media promosi bagi pelaku UMKM.

Disamping itu, harus memiliki banyak relasi dengan masuk ke berbagai grup, dan membuat planning untuk berinovasi menghasilkan produk baru setiap minggunya.

Menurut Dr. Sri, sebagai upaya dalam membantu meningkatkan penjualan produk UMKM, disemester ganjil tahun akademik ini Prodi Manajemen FEB Unisba menerjunkan 250 orang mahasiswa melalui mata kuliah Bina Usaha untuk mendampingi setiap UMKM sesuai dengan kebutuhannya.


Terkait Kota Bandung
location_on Mendapatkan lokasi...
RadarBandung AI Radar Bandung Jelajahi fitur berita terbaru dengan AI
👋 Cobalah demo eksperimental yang menampilkan fitur AI terkini dari Radar Bandung.