News

Masyarakat Bisa Dapat Tambahan Dengan Manfaatkan Tokopedia Affiliate Program Melalui Media Sosialnya

Radar Bandung - 08/12/2023, 15:18 WIB
Oche Rahmat
Oche Rahmat
Tim Redaksi
Masyarakat Bisa Dapat Tambahan Dengan Manfaatkan Tokopedia Affiliate Program Melalui Media Sosialnya

RADARBANDUNG.id, BANDUNG – Pemanfaatan media sosial makin banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Berdasarkan laporan Digital 2023 Indonesia, terdapat 167 juta penduduk Indonesia yang menggunakan media sosial atau sekitar 60,4 persen dari total populasi.

Menurut Associate Vice President of Content Marketing Platform Tokopedia, Nirmala Hapsari, seiring majunya pemanfaatan media sosial di era digital ini dapat membuka peluang usaha yang sangat luas bagi masyarakat, termasuk ibu rumah tangga.

“Melihat potensi ini, Tokopedia melalui Tokopedia Affiliate Program, memungkinkan siapa pun menjadi influencer dan mendapatkan komisi dengan mempromosikan miliaran produk di Tokopedia melalui link afiliasi yang dibagikan lewat media sosial,” ungkap Nirmala, di Bandung.

Dalam hal ini, bagi pengguna Tokopedia Affiliate (disebut Affiliate) bisa meraih komisi hingga 10 persen setiap produk berhasil terjual dari link afiliasi yang mereka bagikan.

Ada juga komisi tambahan Rp10 untuk setiap kunjungan tervalidasi (page visits) ke halaman produk atau toko yang dipromosikan Affiliate.

Nirmala menambahkan, kehadiran Tokopedia Affiliate disambut positif oleh masyarakat. Terbukti dari jumlah Affiliate yang naik hampir 16 kali lipat pada Juni 2023. Peningkatan itu terjadi dibandingkan akhir bulan pertama saat Tokopedia Affiliate diluncurkan pada Februari 2022.

“Siapa pun dengan media sosial yang aktif, tanpa minimal jumlah followers, bisa mendaftar sebagai Affiliate. Inisiatif Tokopedia Affiliate sejalan dengan salah satu komitmen ESG GoTo Tiga Nol (Three Zeroes), yaitu Nol Hambatan (Zero Barriers), yang bertujuan untuk membantu masyarakat menciptakan peluang tanpa hambatan lewat ekosistem GoTo, termasuk Tokopedia,” jelas Nirmala.

Para pengguna Tokopedia Affiliate tersebut berasal dari berbagai latar belakang, mulai dari mahasiswa, karyawan hingga ibu rumah tangga seperti Yuanita Indra asal Bandung, Jawa Barat dan Ely Masfufah asal Jombang, Jawa Timur.

Berkat komisi Tokopedia Affiliate, ibu rumah tangga Yuanita Indra bisa nabung emas dan investasi reksa dana

Yuanita Indra adalah seorang ibu rumah tangga asal Bandung, Jawa Barat. Yuanita bergabung menjadi pengguna Tokopedia Affiliate pada tahun 2022 setelah mengetahui program tersebut dari teman-temannya di grup pesan singkat. Saat itu, Yuanita telah berhenti dari pekerjaan sebelumnya karena ingin fokus menjaga anak dari rumah.

“Saya bergabung menjadi pengguna Tokopedia Affiliate agar bisa mendapatkan penghasilan tambahan sambil menjaga anak dari rumah. Proses pendaftaran Tokopedia Affiliate mudah untuk diikuti oleh pemula dan komisi yang ditawarkan juga sangat menguntungkan,” ungkap Yuanita.

“Produk yang paling banyak saya promosikan adalah produk kebutuhan sehari-hari, seperti bahan makanan, produk kecantikan hingga fesyen anak. Komisi yang saya dapatkan dari Tokopedia Affiliate bisa membantu saya memenuhi kebutuhan sehari-hari tanpa harus bergantung dengan pemasukan suami. Saya pun bisa menabung emas dan berinvestasi reksa dana dari komisi Tokopedia Affiliate,” kata Yuanita.

Tokopedia melalui Nirmala pun menambahkan, “Produk kebutuhan sehari-hari seperti produk kecantikan dan perawatan tubuh cenderung banyak dibagikan oleh pengguna Tokopedia Affiliate. Selama kuartal III 2023, produk serum wajah, sabun mandi, masker wajah, bedak wajah dan krim tirai matahari menjadi beberapa produk kecantikan dan perawatan tubuh di Tokopedia yang paling sering direkomendasikan oleh pengguna Tokopedia Affiliate.”

Strategi yang Yuanita lakukan dalam mempromosikan produknya sebagai Tokopedia Affiliate adalah konsisten membagikan tautan produk lewat grup pesan singkat.


“Dalam sehari, saya bisa mempromosikan hingga puluhan tautan produk yang sedang diskon atau memiliki cashback menarik. Tautan produk yang saya bagikan juga dilengkapi screenshot layar halaman checkout yang memperlihatkan keuntungan yang didapatkan pembeli,” tambah Yuanita.

Ely Masfufah, ibu tunggal yang sukses buka warung berkat komisi Tokopedia Affiliate

Ibu rumah tangga asal Jombang, Jawa Timur, Ely Masfufah mendaftar sebagai pengguna Tokopedia Affiliate sejak tahun 2022. Sebagai seorang ibu tunggal, Ely memutuskan untuk mencari pekerjaan yang bisa dilakukan dari rumah sambil menghidupi kedua putra dan putri Ely.

Ely pertama kali mengetahui tentang Tokopedia Affiliate dari media sosial. Sama seperti Yuanita, Ely rajin zq perawatan tubuh dan masih banyak lagi. Ely pun memanfaatkan jaringan sosialnya, termasuk berbagai grup di aplikasi pesan singkat, untuk mempromosikan produk di Tokopedia.

“Setiap tautan promosi produk yang dijual di Tokopedia dilengkapi dengan foto dan deskripsi produk, promo diskon hingga keterangan bebas ongkir. Saya berusaha membuat kata-kata yang menarik perhatian ibu-ibu agar mereka belanja menggunakan tautan yang saya bagikan lewat Tokopedia Affiliate. Kunci menjadi Affiliate yang baik adalah konsistensi,” jelas Ely.

“Melalui Tokopedia Affiliate, komisi rata-rata per bulan yang bisa saya dapatkan mencapai lebih dari Rp5 juta. Dari penghasilan tambahan lewat Tokopedia Affiliate, saya bisa membiayai banyak kebutuhan sehari-hari, seperti membayar biaya sekolah anak-anak dan menabung untuk dana darurat. Bahkan karena Tokopedia Affiliate, saya bisa mengumpulkan modal yang cukup untuk membuka warung kelontong di rumah,” tambah Ely.

(*)


Terkait Bandung Raya
Workshop: Strategi Go-Public & Holding Rumah Sakit di Jawa Barat
Bandung Raya
Workshop: Strategi Go-Public & Holding Rumah Sakit di Jawa Barat

RADARBANDUNG.id, BANDUNG- Bertempat di Menara bank bjb, Lantai 9, Bandung, telah diselenggarakan Workshop bertajuk “Strategi Go-Public & Holding Rumah Sakit di Jawa Barat” dengan tema “Menyatukan Rumah Sakit, Meningkatkan Kesehatan Negeri”. Acara ini dihadiri oleh Ketua Asosiasi Rumah Sakit Swasta Indonesia (ARSSI) Bandung Raya, dr. Tammy J. Siarif, SH., M.Kes, President Director PT Jasamedika Saranatama, […]

Pelayanan Spesial BPJS Ketenagakerjaan Bandung Suci pada Hari Buruh 2025
Bandung Raya
Pelayanan Spesial BPJS Ketenagakerjaan Bandung Suci pada Hari Buruh 2025

RADARBANDUNG.id, BANDUNG- May Day atau Hari Buruh Internasional yang jatuh pada tanggal 1 Mei setiap tahunnya, selalu menjadi momentum untuk merayakan hak-hak pekerja atau buruh di seluruh penjuru dunia. Dalam memperingati Hari Buruh tersebut, BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Bandung Suci melakukan serangkaian kegiatan dengan mengusung tema “Transformasi Tenaga Kerja untuk Produktivitas yang Inklusif, Kunci Perekonomian […]

Peradi Bandung Pererat Silaturahmi dan Perkuat Layanan Hukum Masyarakat
Bandung Raya
Peradi Bandung Pererat Silaturahmi dan Perkuat Layanan Hukum Masyarakat

  RADARBANDUNG.ID, BANDUNG- Acara Halal Bihalal yang digelar DPC Peradi Kota Bandung berlangsung penuh kehangatan. Acara tahunan ini berlangsung di Suasana Ballroom Hotel Grand Cokro Premiere Bandung , Sabtu (17/5/2025). Tak sekadar silaturahmi, momentum ini dimanfaatkan untuk langkah strategis dalam penguatan layanan hukum. “Halal Bihalal adalah tradisi kami setelah Idul Fitri untuk mempererat tali persaudaraan,” […]

Resmi Dibuka, Bandung Dessert Week 2025 Membawa Semangat Retro ke Kota Kreatif
Bandung Raya
Resmi Dibuka, Bandung Dessert Week 2025 Membawa Semangat Retro ke Kota Kreatif

RADARBANDUNG.id, BANDUNG- Indonesia Dessert Week memperluas jangkauannya ke Bandung dengan meluncurkan Bandung Dessert Week 2025 (BDW 2025), Setelah sukses menggelar Jakarta Dessert Week sejak 2019 dan Medan Dessert Week sejak 2023, pembukaan resmi BDW 2025 diselenggarakan hari ini dalam sebuah opening party yang meriah di NuArt Sculpture Park, yang juga berperan sebagai venue partner. Acara ini […]

location_on Mendapatkan lokasi...
RadarBandung AI Radar Bandung Jelajahi fitur berita terbaru dengan AI
👋 Cobalah demo eksperimental yang menampilkan fitur AI terkini dari Radar Bandung.