News

Blibli Dorong Bisnis Berkelanjutan Produk Lokal

Radar Bandung - 09/01/2024, 23:10 WIB
AR Hidayat
AR Hidayat
Tim Redaksi
Blibli Dorong Bisnis Berkelanjutan Produk Lokal

RADARBANDUNG.id, BANDUNG – Blibli berkomitmen mendorong industri kreatif Jawa Barat tumbuh dan berkembang secara berkelanjutan melalui ekosistem perdagangan omnichannel yang terintegrasi.

Dukungan terhadap produk lokal diharapkan dapat berkontribusi terhadap peningkatan ekonomi masyarakat.

Komitmen Blibli sejalan dengan potensi ekonomi kreatif (ekraf) di Provinsi Jawa Barat yang cukup besar. Data Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) kontribusi ekonomi kreatif Jawa Barat terhadap pendapatan domestik regional bruto (PDRB) ekraf nasional mencapai 20,73 persen.

Subsektor ekonomi kreatif Jawa Barat yang memberi andil besar dimulai dari kerajinan tangan sebesar 27,1 persen, kuliner 26,4 persen, fesyen 16,7 persen, dan gabungan subsektor lainnya mencapai 29,8 persen. Kedepan, ekonomi kreatif diprediksi akan terus tumbuh, seiring tingginya potensi pasar di Indonesia.

Dalam upaya Blibli dalam mendorong ekonomi kreatif khususnya pengembangan produk lokal di Bandung salah satunya dengan program pemberdayaan dan pelatihan yang berkelanjutan di berbagai daerah agar para pelaku usaha naik kelas bahkan beberapa lulusan program tersebut saat ini mereknya sudah menembus pasar nasional bahkan mancanegara.

Tidak hanya itu, untuk memfasilitasi akselerasi digital pelaku usaha lokal, Blibli bekerja sama dengan pemerintah Kabupaten Bandung menghadirkan kanal khusus kabandungshop.com yang menjadi rumah kurasi ribuan produk lokal terbaik se-kabupaten Bandung. Komitmen ini dilakukan Blibli sejak awal berdiri, dengan memberikan ruang bagi pelaku usaha lokal untuk memasarkan produknya.

Melihat besarnya potensi ekonomi kreatif Jawa Barat Rissa Ria Maryani, Head of Branch Blibli Jawa Barat, mengatakan, melihat Bandung dan sekitarnya adalah pusat ekonomi kreatif di Jawa Barat yang memiliki potensi untuk terus bertumbuh, Blibli berupaya memahami tren gaya hidup dan kebutuhan masyarakat lokal.

Baca Juga: 11.049 Knalpot Bising Disita Satlantas Polrestabes Bandung

“Untuk itu, Blibli hadir dengan menawarkan solusi pemasaran yang memperkuat toko fisik dengan akses pemasaran digital kepada para mitra pelaku usaha lokal. Dengan didukung fitur-fitur unggulan Blibli yang dapat bermanfaat bagi mitra-mitra pelaku usaha lokal agar memiliki daya saing lebih di pasar nasional, diantaranya pelayanan pergudangan Blibli, jaringan omnichannel Blibli hingga fitur 2 Jam Sampai,” ujarnya.

Sementara itu, Blibli regional Jawa Barat mencatat pertumbuhan yang cukup baik sepanjang 2023 khususnya pada sektor kesehatan dan kecantikan tercatat tumbuh sekitar 48%, disusul kategori BlibliMart sebesar 25 persen.

Baca Juga: Rasyid Rajasa Ajak Anak Muda Bandung-Cimahi Geluti UMKM

Selain melengkapi ragam produk yang terkurasi, dari sisi layanan, Blibli terus memperkuat posisinya sebagai ekosistem omnichannel terintegrasi terkemuka yang memenuhi hampir 90 persen kebutuhan masyarakat Indonesia dengan fasilitas dan jasa pergudangan yang telah dilengkapi sertifikat halal. Setidaknya terdapat 367 seller di Jawa Barat yang menggunakan jasa pergudangan atau Fulfillment By Blibli (FBB).

“Kami sangat mengapresiasi Blibli atas komitmennya dalam mendukung usaha dari mitra-mitra lokal seperti kami. Berbagai fitur andalan yang ditawarkan Blibli menghubungkan kami dengan lebih banyak pelanggan di seluruh Indonesia. Hal tersebut membuat kami semakin merasa bangga berada dalam jaringan bisnis lokal Blibli, apalagi dengan adanya beragam inovasi bernilai lebih yang membuat kami semakin termotivasi dalam memberikan lebih banyak produk berkualitas untuk pelanggan,” ungkap Galih Ruslan, Owner Kylafood.


Terkait Ekonomi Bisnis
ALDO Optimistis Jaga Kinerja Lewat Buyback Saham dan Strategi Operasional Baru
Ekonomi Bisnis
ALDO Optimistis Jaga Kinerja Lewat Buyback Saham dan Strategi Operasional Baru

RADARBANDUNG.id –  PT Alkindo Naratama Tbk (ALDO), emiten industri kertas dan bahan kimia terintegrasi, mengumumkan rencana pembelian kembali saham (buyback) senilai maksimal Rp10 miliar. Rencana buyback ini disampaikan bersamaan dengan penyampaian kinerja keuangan tahun buku 2024 dalam Paparan Publik (Public Expose) yang digelar secara hybrid di Kota Baru Parahyangan, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (12/6). Direktur […]

Bank Mandiri Taspen Terbitkan Obligasi Rp3 Triliun, Targetkan Pertumbuhan 11,6 Persen
Ekonomi Bisnis
Bank Mandiri Taspen Terbitkan Obligasi Rp3 Triliun, Targetkan Pertumbuhan 11,6 Persen

RADARBANDUNG.ID, JAKARTA – Bank Mandiri Taspen (Bank Mantap) akan menerbitkan obligasi melalui skema Penawaran Umum Berkelanjutan (PUB) II, dengan target total dana sebesar Rp3 triliun. Inisiatif ini mencerminkan komitmen berkelanjutan Bank Mandiri Taspen dalam memperkuat portofolio kredit pensiun dan mendorong pemberdayaan ekonomi para pensiunan di Indonesia. Direktur Bisnis Bank Mandiri Taspen Maswar Purnama mengatakan, langkah […]

9.700 Pelajar Indonesia Raih Keterampilan Wirausaha Berkat Zurich Entrepreneurship Program
Ekonomi Bisnis
9.700 Pelajar Indonesia Raih Keterampilan Wirausaha Berkat Zurich Entrepreneurship Program

RADARBANDUNG.id – Zurich Indonesia bersama Z Zurich Foundation dan Prestasi Junior Indonesia resmi menuntaskan pelaksanaan tahun ketiga Zurich Entrepreneurship Program (ZEP) dengan capaian signifikan. Program pengembangan kewirausahaan, literasi keuangan, dan kesiapan kerja ini telah memberikan manfaat bagi lebih dari 9.700 siswa dari 50 SMA dan SMK yang tersebar di 14 kota/kabupaten di seluruh Indonesia, mendorong […]

Kurun 7 Tahun, IHG Rayakan 100 Pembukaan Hotel Voco
Ekonomi Bisnis
Kurun 7 Tahun, IHG Rayakan 100 Pembukaan Hotel Voco

Pertumbuhan tercepat, IHG catatkan rekor 100 pembukaan hotel voco dalam kurin waktu kurang 7 tahun.

location_on Mendapatkan lokasi...
RadarBandung AI Radar Bandung Jelajahi fitur berita terbaru dengan AI
👋 Cobalah demo eksperimental yang menampilkan fitur AI terkini dari Radar Bandung.