RADARBANDUNG.id, BANDUNG BARAT – Dalam upaya menjamin peningkatan mutu layanan kesehatan bagi peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), BPJS Kesehatan melaksanakan kegiatan Supervisi, Buktikan dan Lihat Langsung (SiBLing) ke Rumah Sakit Graha Medika Padalarang, Kabupaten Bandung Barat pada Selasa (23/01).
SiBLing sendiri merupakan aktivitas yang dilakukan BPJS Kesehatan untuk memantau langsung pemenuhan kewajiban-kewajiban pelayanan oleh pihak rumah sakit. Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cimahi, Cecep Heri Suhendar mengatakan bahwa SiBLing dilakukan pihaknya untuk mendapatkan umpan balik langsung dari peserta Program JKN selaku pihak yang menerima layanan kesehatan di rumah sakit, sehingga nantinya dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi bersama dan dalam merumuskan strategi perbaikan peningkatan mutu layanan bersama antara BPJS Kesehatan dan fasilitas kesehatan.
“Kenapa dilaksanakannya SiBLing adalah untuk memastikan Peserta JKN mendapatkan pelayanan yang berkualitas. Apalagi hal ini merupakan fokus utama BPJS Kesehatan di Tahun 2024 dalam perbaikan mutu layanan Peserta JKN di Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP),” terang Cecep.
Terdapat 6 Janji Layanan FKRTL yang menjadi salah satu bentuk Transformasi Mutu Layanan yang dihadirkan Program JKN yaitu menerima NIK/KTP/KIS Digital untuk pendaftaran pelayanan, tidak meminta dokumen fotocopy kepada peserta sebagai sayarat pendaftaran pelayanan.
Kemudian memberikan pelayanan tanpa biaya tambahan di luar ketentuan, tidak melakukan pembatasan hari rawat pasien (sesuai indikasi medis), memberikan pelayanan obat yang dibutuhkan dan tidak membebankan peserta untuk mencari obat jika terdapat kekosongan obat serta melayani peserta dengan ramah tanpa diskriminasi.
“Selain daripada janji layanan tersebut, BPJS Kesehatan juga sangat mengharapkan adanya inovasi yang dilahirkan oleh fasilitas kesehatan dalam upaya untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada peserta sehingga slogan Mudah, Cepat, dan Setara yang selalu disampaikan tidak hanya menjadi sekedar ungkapan,” terang Cecep.
BPJS Kesehatan dalam melakukan kegiatan SiBLing senantiasa menggandeng berbagai pihak, baik itu manajemen rumah sakit maupun para pemangku kepentingan di daerah agar dapat melihat sendiri bagaimana pelayanan yang didapatkan masyarakat, sarana dan prasarana yang tersedia sehingga dapat dicarikan solusi bersama agar pelayanan dapat lebih baik lagi kedepannya. Keseluruhan Fasilitas kesehatan akan secara berkala mendapatkan kunjungan SiBLing dari tim BPJS Kesehatan. Hasil laporan SiBLing tersebut juga akan kita sampaikan kepada Pemangku Kepentingan Utama di masing-masing Kabupaten Kota wilayah kerja BPJS Kesehatan Kantor Cabang Cimahi, yaitu Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat melalui forum-forum komunikasi yang rutin dilaksanakan setiap periode tertentu.
Area yang menjadi pantauan dalam SiBLing dimulai dari area pendaftaran, pelayanan rawat jalan atau poliklinik, pelayanan rawat inap, penunjang medis seperti laboratorium, farmasi. Lalu juga di area pengaduan keluhan dan informasi di rumah sakit. keramahan petugas, kecepatan layanan, kebersihan ruangan dan sejenisnya juga menjadi pantauan.
“Banner maupun poster janji layanan telah ditempatkan di seluruh Fasilitas kesehatan yang bekerjasama, dan BPJS Kesehatan juga menyediakan petugas BPJS Satu yang siap membantu peserta yang memiliki keluhan layanan maupun sekedar meminta informasi,” tambah Cecep.
Perwakilan Manajemen Rumah Sakit Graha Medika Padalarang, Fitri menyatakan bahwa pihaknya siap mendukung transformasi mutu layanan BPJS Kesehatan dengan melaksanakan 6 Janji Layanan. Namun tidak hanya sebatas itu, Rumah Sakit Graha Medika Padalarang selalu berupaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan dengan terus berbenah diri baik dari kualitas SDM maupun kelengkapan sarana dan prasarana.
“Kami siap berbenah dan terus meningkatkan kualitas untuk pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat khususnya yang ada di Bandung Barat,” tutup Fitri. (*)