News

Ungguli Mobile Banking Lain, BRI Raih 2 Penghargaan untuk BRImo dan Sabrina

Radar Bandung - 03/05/2024, 19:49 WIB
Ali Yusuf
Ali Yusuf
Tim Redaksi
Ungguli Mobile Banking Lain, BRI Raih 2 Penghargaan untuk BRImo dan Sabrina

RADARBANDUNG.id- Pertumbuhan teknologi digital yang kian pesat ikut mengubah cara masyarakat melakukan sebagian besar aktivitas sehari-hari, termasuk mengelola keuangan. Melihat perubahan kebiasaan ini, Bank Rakyat Indonesia (BRI) pun berinovasi dengan memperkenalkan layanan perbankan digital BRImo yang diluncurkan pada 2019 lalu.

Lima tahun menemani nasabah BRI, saat ini BRImo telah memiliki 33,5 juta user. Menurut laporan dari Data.AI, BRImo juga menjadi aplikasi mobile banking yang paling banyak diunduh masyarakat di Indonesia di sepanjang tahun 2023.

Selain antusiasme dari masyarakat, upaya BRI mengadopsi transformasi digital untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan transaksi nasabah pun mendapatkan apresiasi dalam survei “Bank Service Excellence Monitor (BSEM) 2024”.

BRI memperoleh peringkat pertama pada kategori Performa Terbaik Mobile Banking Bank untuk BRImo dan Performa Terbaik Chatbot Bank untuk Sabrina. Survei yang dilakukan oleh lembaga riset MRI bekerja sama dengan Majalah Infobank ini menunjukkan peningkatan kinerja pada sejumlah aspek produk dan layanan BRI khususnya sisi digital channel.

Pada sisi mobile banking bank, overall score BRI meningkat 2.65 point dan naik 3 peringkat dari tahun lalu. Inilah yang membuat BRImo dinobatkan sebagai mobile banking terbaik versi penilaian MRI dan menduduki peringkat 1 di tahun 2024.

Chatbot BRI “Sabrina” juga menyabet peringkat 1 Performa Terbaik Chatbot Bank 2024. Sabrina memperoleh peningkatan score signifikan sebesar 16.28 point dari tahun lalu.

BRImo dan Chatbot Sabrina Penuhi Beragam Kebutuhan Transaksi Nasabah

Super apps BRImo terus dikembangkan agar dapat memberikan berbagai layanan keuangan yang mudah diakses oleh nasabah kapan dan di mana pun, mulai dari tabungan, investasi, asuransi, hingga fasilitas untuk menjadi merchant BRI.

Nasabah juga kini semakin mudah berinvestasi melalui BRImo. Kini Anda dapat melakukan pembelian emas, surat berharga, dana pensiun, hingga pembukaan deposito hanya dari smartphone.

Chatbot BRI Sabrina juga dirancang dan dikembangkan dengan teknologi artificial intelligence (AI) untuk berinteraksi dengan nasabah layaknya manusia. Nasabah dapat menyapa dan berbincang dengan Sabrina terkait produk dan layanan BRI, seperti informasi lokasi kantor, ATM BRI, AgenBRILink, lokasi merchant BRI terdekat, informasi promo BRI, cek saldo, mutasi rekening, hingga membantu mengatasi kendala transaksi nasabah.

Selain itu, Sabrina telah menggunakan teknologi Large Language Model (LLM). Teknologi ini disematkan untuk meningkatkan pemahaman Sabrina terkait berbagai pertanyaan dan situasi yang dihadapi nasabah, sehingga mampu memberikan respons yang semakin presisi dan relevan. Menariknya lagi, Sabrina dapat “berkomunikasi” dengan berbagai bahasa daerah Indonesia, seperti bahasa Jawa, Sunda, Padang, dan sebagainya.

Direktur Retail Funding & Distribution BRI, Andrijanto, mengungkapkan, bahwa apresiasi yang didapatkan BRI akan menjadi pemicu perseroan agar selalu menyesuaikan diri dengan kebutuhan layanan keuangan masyarakat. Pencapaian tersebut juga menjadi motivasi tambahan bagi BRI untuk terus memberikan layanan yang melebihi harapan nasabah.

“Dinamika perkembangan teknologi perbankan mendorong BRI senantiasa berupaya meningkatkan kualitas layanan baik dari sisi walk in channel maupun digital channel. Hal ini dilakukan untuk menjaga experience nasabah yang seragam di semua touchpoints,” pungkas Andrijanto. ***


Terkait Ekonomi Bisnis
Kemenkeu Jabar Lelang Serentak 123 Aset, Nilai Limit Capai Rp35,69 Miliar
Ekonomi Bisnis
Kemenkeu Jabar Lelang Serentak 123 Aset, Nilai Limit Capai Rp35,69 Miliar

Perwakilan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Jawa Barat menyelenggarakan lelang sebanyak 123 aset berupa aset tidak bergerak dan aset bergerak dengan nilai limit mencapai Rp35,69 miliar.

Telkom Regional II Dukung Akselerasi Digital Bagi Pelaku Usaha di Padalarang, KBB
Ekonomi Bisnis
Telkom Regional II Dukung Akselerasi Digital Bagi Pelaku Usaha di Padalarang, KBB

RADARBANDUNG.ID, KAB. BANDUNG BARAT – Telkom Regional II sukses menyelenggarakan pelatihan bertajuk “Raup Omset 100 Juta Perbulan dengan Akselerasi Digital” di Aula Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, KBB. Kegiatan ini diikuti 30 pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dengan tujuan meningkatkan daya saing, memperluas pasar, serta mendorong transformasi digital yang berkelanjutan. Acara ini dibuka secara […]

Hadirkan Ratusan UMKM Kuliner, BRI Tawarkan Cashback & Program Menarik di Kampoeng Tempo Doeloe 2025
Ekonomi Bisnis
Hadirkan Ratusan UMKM Kuliner, BRI Tawarkan Cashback & Program Menarik di Kampoeng Tempo Doeloe 2025

RADARBANDUNG.id, JAKARTA– PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI kembali menunjukkan komitmennya untuk memperkuat penetrasi layanan digital pada ekosistem lifestyle melalui partisipasinya dalam festival kuliner terbesar di Jakarta, Kampoeng Tempo Doeloe 2025. Ajang kuliner tahunan yang telah berlangsung sejak 2004 ini kembali hadir pada 15 Agustus – 28 September 2025 di La Piazza, Summarecon […]

BRI Luncurkan Kartu Debit Co-Branding BRI X INDODAX, Perkuat Inklusi Keuangan Digital di Indonesia
Ekonomi Bisnis
BRI Luncurkan Kartu Debit Co-Branding BRI X INDODAX, Perkuat Inklusi Keuangan Digital di Indonesia

RADARBANDUNG.id, JAKARTA- PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus menegaskan posisinya sebagai pelopor layanan keuangan digital di Indonesia. Dalam upaya mendorong inklusi dan literasi keuangan berbasis teknologi, BRI menjalin kolaborasi strategis dengan INDODAX, platform jual-beli aset kripto terbesar di Indonesia, melalui peluncuran kartu Debit Co-Branding BRI X INDODAX. Inisiatif ini menyasar komunitas tech-savvy, […]

location_on Mendapatkan lokasi...
RadarBandung AI Radar Bandung Jelajahi fitur berita terbaru dengan AI
👋 Cobalah demo eksperimental yang menampilkan fitur AI terkini dari Radar Bandung.