News

Prudential Indonesia Dorong Pentingnya Literasi Finansial dan Perlindungan bagi Perempuan Indonesia.

Radar Bandung - 11/06/2024, 16:48 WIB
AR Hidayat
AR Hidayat
Tim Redaksi
Prudential Indonesia Dorong Pentingnya Literasi Finansial dan Perlindungan bagi Perempuan Indonesia.

RADARBANDUNG.id – Sejalan dengan komitmennya untuk menjadi mitra dan pelindung terpercaya bagi keluarga Indonesia, PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) secara aktif mendorong pentingnya literasi finansial dan memiliki perlindungan bagi perempuan Indonesia sebagai roda penggerak ekonomi Indonesia.

Hal ini dilakukan melalui serangkaian edukasi yang telah dilakukan untuk membantu perempuan Indonesia semakin berdaya secara finansial, serta mewujudkan keluarga yang lebih sehat dan sejahtera, salah satunya pada acara Kartini Pasar Modal yang diadakan dalam rangka Hari Kartini di Bursa Efek Indonesia beberapa waktu lalu.

“Prudential Indonesia percaya bahwa perempuan memegang peranan kunci dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Ibu sebagai pengelola keuangan keluarga berperan sangat penting untuk memastikan keuangan keluarganya tetap terkelola dan terencana dengan bijak sehingga keluarga dapat hidup sehat, kebutuhan tercukupi, dan mewujudkan masa depan yang lebih cerah,” kata Karin Zulkarnaen, Chief Customer & Marketing Prudential Indonesia.

Melalui program literasi keuangan ini Prudential Indonesia perlu terus digaungkan bagi perempuan Indonesia, termasuk para perempuan bahwa memiliki perlindungan bagi diri mereka sendiri dan keluarga sejak dini sangat penting agar terhindar dari berbagai risiko kesehatan dan finansial yang mungkin muncul ke depannya.

Seperti diketahui, berdasarkan data yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2023, sebanyak 49,4% dari total 275,7 juta penduduk Indonesia adalah perempuan, di mana 64,5% di antaranya adalah pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Di sisi lain, data yang dirilis Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di tahun 2022 menunjukkan bahwa indeks literasi keuangan perempuan mengalami peningkatan, dari 36,13% pada tahun 2019 menjadi 50,33% pada tahun 2022. Walaupun begitu, hampir 50% perempuan Indonesia masih belum memiliki pemahaman akan manajemen keuangan untuk dirinya sendiri dan keluarga.

Data yang sama juga menunjukkan bahwa 1 dari 3 orang di Indonesia, atau sekitar 31,72%, setuju bahwa punya asuransi penting untuk melindungi diri dan keluarga dari berbagai risiko. Meski demikian, hanya 1 dari 100 orang atau 1,4% dari populasi yang baru memiliki asuransi. Angka ini bahkan lebih rendah dari negara-negara ASEAN lainnya seperti Singapura (12,5%), Thailand (4,6%), dan Malaysia (3,8%).

Melihat adanya tantangan tersebut, Prudential Indonesia telah lebih awal mengambil langkah konkret dengan melakukan serangkaian kegiatan literasi keuangan bagi perempuan untuk menjangkau lebih banyak perempuan dan memberdayakan mereka dalam hal mengelola keuangan rumah tangga untuk ketahanan keuangan berkelanjutan.

Selain aktif mengedukasi perempuan di ibu kota, pada tahun 2023, Prudential Indonesia menyelenggarakan kegiatan edukasi finansial melalui sejumlah program di berbagai wilayah Indonesia, termasuk daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T) seperti Nusa Tenggara Barat, Halmahera Barat, dan Maluku Utara. Program literasi keuangan bagi perempuan ini telah menjangkau sebanyak 16 juta perempuan.

Karin menyampaikan bahwa program ini dirancang untuk membantu para perempuan dalam melakukan perencanaan dan pengelolaan keuangan pribadi serta keluarga, sehingga mereka dapat tangguh dalam menghadapi berbagai risiko keuangan, termasuk risiko apapun yang dihadapi.

Nantinya kegiatan literasi finansial ini akan terus diimplementasikan secara berkelanjutan sehingga dapat menyebarkan dampak positif lebih besar untuk para perempuan Indonesia. Prudential Indonesia ingin perempuan semakin berdaya sehingga dapat menjalankan peran pentingnya di dalam keluarga, tentunya dengan adanya perlindungan dan masa depan terbaik untuk diri dan keluarganya.

”Kami bangga dapat berkontribusi secara konkrit dan berkelanjutan dalam pemberdayaan dan kemajuan perempuan Indonesia,”ungkap Karin.

Ke depannya, Prudential Indonesia juga akan terus berinovasi dan memperluas jangkauan program-program literasi finansial untuk memastikan semakin banyak perempuan Indonesia yang akan mendapatkan edukasi finansial yang optimal. (pra)


Terkait Ekonomi Bisnis
Tumbler Eksklusif Stanley 1913 Temani Maybank Marathon 2025
Ekonomi Bisnis
Tumbler Eksklusif Stanley 1913 Temani Maybank Marathon 2025

RADARBANDUNG.id – Stanley 1913, brand global legendaris yang dikenal dengan produk tahan lama dan berkualitas premium, resmi menjadi Official Tumbler Partner Maybank Marathon 2025 yang digelar pada 22–24 Agustus di Bali. Keikutsertaan Stanley 1913 menegaskan komitmen untuk mendukung gaya hidup sehat dan berkelanjutan dengan menghadirkan tumbler premium yang dirancang khusus bagi kebutuhan hidrasi para pelari […]

Dorong Budaya Menabung Sejak Dini, OJK Jabar dan Bank BJB Resmikan Mini Bank di SMKN 3 Bandung
Ekonomi Bisnis
Dorong Budaya Menabung Sejak Dini, OJK Jabar dan Bank BJB Resmikan Mini Bank di SMKN 3 Bandung

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Jawa Barat bersama Bank BJB menyelenggarakan kegiatan edukasi keuangan dan meresmikan Mini Bank serta Agen BJB di SMKN 3 Kota Bandung, Kamis (20/8),

Apresiasi OJK di Puncak Hari Indonesia Menabung, Jabar Raih Program Literasi Keuangan Terbaik
Ekonomi Bisnis
Apresiasi OJK di Puncak Hari Indonesia Menabung, Jabar Raih Program Literasi Keuangan Terbaik

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyelenggarakan kegiatan Puncak Hari Indonesia Menabung (HIM) dan Bulan Literasi Keuangan (BLK) 2025 di Gedung Dhanapala Kompleks Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (22/8).

Merayakan HUT RI ke-80 dengan Semangat Kemerdekaan di Daya Group
Ekonomi Bisnis
Merayakan HUT RI ke-80 dengan Semangat Kemerdekaan di Daya Group

RADARBANDUNG.id – Memperingati Hari Ulang Tahun ke-80 Republik Indonesia, Daya Group bersama seluruh anak perusahaan di bawah naungannya menggelar rangkaian kegiatan 17-an dengan antusiasme tinggi. Perayaan dilaksanakan serentak di masing-masing lokasi anak perusahaan, dengan berbagai perlombaan yang disambut hangat oleh insan Daya. Kegiatan tahun ini dibagi menjadi dua rangkaian utama, yakni Pre Event dan Main […]

location_on Mendapatkan lokasi...
RadarBandung AI Radar Bandung Jelajahi fitur berita terbaru dengan AI
👋 Cobalah demo eksperimental yang menampilkan fitur AI terkini dari Radar Bandung.