News

Gelar Aktivitas Media Workshop, Yamaha Kupas Tuntas Berbagai Update Teknologi Canggih pada Mesin Nmax Turbo

Radar Bandung - 21/06/2024, 21:54 WIB
Ali Yusuf
Ali Yusuf
Tim Redaksi
Gelar Aktivitas Media Workshop, Yamaha Kupas Tuntas Berbagai Update Teknologi Canggih pada Mesin Nmax Turbo
Sejumlah media dan vloger mengabadikan mesin dari Yamaha Nmax Turbo di acara Whorkshop Yamaha Nmax Turbo di Dealer Mekar Yamaha, Cibinong, Bogor, Jumat (21/6/2024)

RADARBANDUNG.id- Kehadiran Nmax turbo di jajaran skutik MAXi Yamaha turut dibarengi dengan berbagai pembaruan di berbagai sektor. Mulai dari tampilan desain yang kini terlihat lebih mewah, premium dan sporty, hingga penyematan fitur-fitur first class seperti TFT Infotainment Display dan juga Navigation System yang sangat mendukung aktivitas perjalanan touring jarak jauh.

Tidak hanya pada bagian desain dan fitur saja, perubahan besar juga menyasar area dapur pacu motor yang kini telah menggunakan mesin Blue Core 155cc VVA generasi terbaru yang mengadopsi teknologi Yamaha Electric Continuous Variable Transmission (YECVT), sehingga mampu menghadirkan sensasi TURBO saat berkendara. Menariknya lagi, penggunaan mesin anyar ini tidak hanya mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 11,3 kW / 8.000 rpm serta torsi maksimum yang naik menjadi 14,2 Nm / 6.500 rpm (Torsi pada model sebelumnya adalah 13.9 Nm / 6.500 Rpm), tetapi juga menyajikan beberapa fitur anyar, yakni Riding Mode dan juga Y-shift.

Dengan berbagai fitur unggulan baru yang ditawarkan, maka tidak heran jika banyak orang yang panasaran apa saja perubahan yang ada pada jeroan mesin Nmax Turbo. Untuk menjawab rasa penasaran tersebut, Yamaha pun menggelar kegiatan Media Workshop yang berlangsung pada Jumat (21/6) di Dealer Yamaha Mekar Motor, Cibinong, Jawa Barat.

“Sejak diperkenalkan secara resmi kepada masyarakat, Nmax Turbo Nmax Turbo sukses menarik perhatian para pecinta skutik premium di tanah air. Tidak hanya viral di media sosial, berbagai pembaruan pada motor khususnya penggunaan teknologi YECVT di bagian mesin, telah menjadi perbincangan yang menimbulkan rasa penasaran bagi konsumen. Untuk menjawab hal itu dan sebagai bentuk edukasi Yamaha terhadap kehadiran teknologi canggih yang baru pertama kali hadir di segmen skutik premium tanah air, kami pun membuat kegiatan workshop bagi media yang membahas tuntas berbagai update pada Nmax Turbo, termasuk benefit-nya dalam menghadirkan pengalaman berkendara di level tertinggi bagi konsumen,” terang Antonius Widiantoro, Asst. General Manager Marketing – Public Relation, PT Yamaha Indonesia Motor Mfg.

Berikut adalah berbagai sentuhan pembaruan yang ada pada Nmax Turbo terutama dibagian sektor jantung pacu. Pertama Yamaha Electric Continuous Variable Transmission (YECVT).

Perbedaan yang paling menonjol pada mesin Nmax Turbo adalah penggunaan teknologi YECVT yang menggantikan sistem CVT konvensional, dimana cara kerjanya memanfaatkan roller dengan gerak sentrifugal. YECVT sendiri bekerja dengan memanfaatkan komponen kelistrikan khusus yang meliputi Control Unit, Actuator serta beberapa Sensor yang mendapatkan garansi 2 tahun dan memiliki fungsi sebagai berikut: transmission Control Unit (TCU) Mengatur pergerakan ECVT motor dengan menginformasikan kondisi ECVT ke Smart Generator Control Unit (SGCU). ECVT Motor : menggerakan Pulley Primary. Sensor Motor Position (Primary): Mendeteksi pergerakan Pulley Primary dan memberikan input ke Transmission Control Unit (TCU). Speed Sensor (Secondary) : Mendeteksi pergerakan Pulley Secondary dan memberikan input ke TCU.

Sementara untuk kompenen penggerak YECVT sendiri, terdiri dari Primary Sheave Assy (bebas perawatan), Fixed Screw Assy, Sliding Screw Assy, ECVT Motor dan juga Gear Reduction Driven yang seluruh komponen tersebut mendapatkan garansi 3 tahun. Diameter Pully juga di desain lebih besar 10mm, V-belt lebih lebar 0,8mm, dan Spring Secondary lebih panjang 48.7mm serta lebih keras 163 N pada area CVT Nmax Turbo sehingga membuat akselerasi motor menjadi lebih responsif.

Dengan penambahan teknologi YECVT pada meisn Nmax Turbo membuat skutik ini dilengkapi dengan fitur-fitur canggih yang mendukung kualitas berkendara di level tertinggi, yaitu Riding Mode dengan 2 pilihan berkendara yang meliputi S-Mode (untuk perjalanan jarak jauh atau touring) dan T-Mode (untuk mobilitas perkotaan) serta Y-Shift yang membantu pengendara meningkatkan akselerasi ataupun deselerasi secara instan dalam 3 tingkatan, Low (1), Medium (2) dan High (3). Kedua, selain adanya YECVT, mesin Blue Core 155cc VVA generasi terbaru pada Nmax Turbo kini juga memiliki dinding Cylinder yang dibuat sehalus mungkin (Mirror Bore Cylinder) untuk meminimalisir gesekan dan megurangi “oil loss”. Efeknya suara mesin pun menjadi lebih halus dan minim vibrasi

Ketiga, Crankshaft & Rotor Assy. Perubahan lain pada mesin Nmax Turbo juga terdapat pada dimensi Crankshaft secara total yang kini menjadi lebih panjang, yaitu 301,4mm berbanding 283,8mm dengan Nmax generasi sebelumnya. Perubahan ukuran tersebut terjadi untuk mengakomodir komponen baru yaitu YECVT Gear yang terpasang di area CVT motor. Selain Crankshaft, Rotor Assy motor juga kini menjadi lebih compact baik dari segi dimensi total yang kini berukuran 43,75mm (Nmax sebelumnya 44,2mm) maupun juga bobot yang kini menjadi 1.130 gr (Nmax sebelumnya 1.250 gr). Adanya efisiensi pada bagian rotor assy pun mampu mengurangi beban mesin sehingga berimbas positif kepada torsi yang naik.

Keempat, Camshaft. Bagian Camshaft pada Nmax Turbo juga turut mendapat sentuhan pembaruan. Jika pada generasi Nmax sebelumnya pin dowel yang berfungsi sebagai dudukan sprocket cam chain dibuat terpisah, kini menjadi satu kesatuan (build in) dengan Camshaft. Efeknya menjadi lebih rigid sehingga lebih minim gesekan.

Kelima, Hydraulic Tensioner. Salah satu perubahan pada mesin Blue Core 155cc VVA generasi terbaru yang dipakai oleh Nmax Turbo ada pada bagian tensioner. Jika pada mesin generasi sebelumnya gate stopper (bantalan untuk menekan rantai keteng) hanya ditekan oleh per dan tuas, kali ini proses penekanan dilakukan degan mengkombinasikan per dan juga oli, atau disebut dengan istilah Hydraulic Tensioner. Penggunaan Hydraulic Tensioner, membuat kinerja mesin menjadi lebih minim vibrasi dan suara lebih halus saat beroperasi.

Keenam, Jalur Oli Baru. Salah satu perubahan signifikan pada mesin Nmax Turbo adalah jalur oli baru. Pada mesin Nmax sebelumnya, jalur oli hanya untuk menyuplai pelumasan di bagian Cylinder Head dan Cylinder Body saja, namun kini ditambah ke bagian Hydraulic Tensioner dan juga komponen YECVT Gear. Dengan adanya jalur oli baru ini, maka desain Crankcase menjadi berbeda dengan mesin Blue Core 155cc yang digunakan oleh skutik MAXi Yamaha lainnya. (pra)


Terkait Otomotif
Modifikasi AEROX ALPHA Gaya Cyber Futuristic Ala Gundam Sukses Curi Perhatian di Event Gathering Team Aerox 2025
Otomotif
Modifikasi AEROX ALPHA Gaya Cyber Futuristic Ala Gundam Sukses Curi Perhatian di Event Gathering Team Aerox 2025

RADARBANDUNG.id- Tidak hanya hadir dengan sensasi riding yang semakin terasa fun, AEROX ALPHA kini juga berhasil tampil sebagai lifestyle item para youngster masa kini. Manifestasi tersebut dapat ditemukan dari tumbunya berbagai trend modifikasi yang terus menjamur di mana-mana, khususnya modifikasi AEROX ALPHA berdasarkan pondasi budget yang dialokasikan, mulai dari modifikasi tipis-tipis budget minimalis hingga modifikasi […]

Kuasai Klasemen Rider, Yamaha Lanjutkan Dominasi di Paruh Musim Mandalika Racing Series
Otomotif
Kuasai Klasemen Rider, Yamaha Lanjutkan Dominasi di Paruh Musim Mandalika Racing Series

RADARBANDUNG.id- Tim Yamaha mendominasi klasemen sementara Kejuaraan Nasional Mandalika Racing Series (MRS) setelah seri ke-3 berlangsung di Mandalika International Circuit, 15-17 Agustus 2025. Rider Yamaha memimpin standing point di lima kelas yaitu National Sport 150cc, National Sport 250cc, National Sport 600cc, National Junior Sport 150cc U-15, Underbone 150cc U25. Hasil tersebut menunjukkan superioritas Yamaha di […]

Mofest Meriahkan Peresmian Diler Caroline.id ke-18 di Bandung
Otomotif
Mofest Meriahkan Peresmian Diler Caroline.id ke-18 di Bandung

RADARBANDUNG.id – Caroline.id, diler mobil bekas online dan offline bagian dari PT Autopedia Sukses Lestari Tbk (ASLC) dan Triputra Group, resmi membuka cabang ke-18 di Jl. Pasir Kaliki No.142, Kota Bandung. Dengan kehadiran cabang baru ini, Caroline.id kini memiliki tiga diler di Bandung setelah Cimahi, Cibiru, dan Soekarno Hatta. Vendri Iskar Priswarno, Central Operations Division […]

Ride Green Get Your Dream: Pelanggan Setia Raih VinFast VF 3
Otomotif
Ride Green Get Your Dream: Pelanggan Setia Raih VinFast VF 3

RADARBANDUNG.id- Suasana penuh kegembiraan mewarnai perayaan Hari Ulang Tahun ke-80 Republik Indonesia tahun ini. Perusahaan transportasi ramah lingkungan Green SM menyerahkan hadiah utama berupa satu unit mobil listrik VinFast VF 3 kepada pemenang program Ride Green Get Your Dream. Pemenang tersebut merupakan pelanggan setia yang kerap menggunakan layanan taksi listrik Green SM dalam aktivitas sehari-hari. […]

location_on Mendapatkan lokasi...
RadarBandung AI Radar Bandung Jelajahi fitur berita terbaru dengan AI
👋 Cobalah demo eksperimental yang menampilkan fitur AI terkini dari Radar Bandung.