RADARBANDUNG.id, KBB – BPJS Kesehatan Kantor Cabang Cimahi menggelar kegiatan BPJS Keliling kepada masyarakat Desa Sarimukti, Kabupaten Bandung Barat, pada hari Selasa (30/07). Kegiatan ini disambut baik dan dihadiri oleh sekitar 250 warga Desa Sarimukti yang membutuhkan pelayanan administrasi BPJS Kesehatan.
Sebagai lembaga penyelenggara jaminan sosial yang memiliki tanggung jawab besar dalam penyediaan layanan kesehatan bagi seluruh warga negara, BPJS Kesehatan terus berkomitmen untuk berinovasi dan meningkatkan kualitas serta cakupan layanan kesehatan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah menghadirkan layanan BPJS Keliling. Layanan BPJS Keliling dibuat dengan cermat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dengan tujuan utama memberikan kemudahan dalam pengurusan administrasi jaminan kesehatan.
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cimahi, Cecep Heri Suhendar menyampaikan bahwa dengan hadirnya BPJS Keliling masyarakat dapat mengurus berbagai kebutuhan administrasi seperti pendaftaran, perubahan data, dan lain-lain tanpa harus mengunjungi kantor BPJS Kesehatan.
“BPJS Keliling hadir agar masyarakat lebih mudah untuk mengurus berbagai kebutuhan administrasi pelayanan kesehatan. Masyarakat dapat melakukan pendaftaran peserta JKN dan perubahan data di lokasi yang tidak jauh dari tempat tinggal mereka, tanpa harus melakukan perjalanan ke kantor BPJS Kesehatan. Ini merupakan langkah besar dalam upaya BPJS Kesehatan untuk memastikan pemerataan layanan dan meningkatkan kualitas hidup semua masyarakat, termasuk warga di Desa Sarimukti,” jelas Cecep.
Warga Desa Sarimukti menyambut baik kegiatan BPJS Keliling ini. Mereka antusias untuk mendapatkan informasi dan mengurus kepesertaan BPJS Kesehatan. Salah satu warga Desa Sarimukti yang memanfaatkan layanan BPJS Keliling ini, Lilis, mengungkapkan rasa syukurnya pada kegiatan BPJS Keliling ini.
“Saya senang sekali dengan adanya layanan BPJS Keliling. Saya sudah sejak lama tahu ada BPJS Keliling ini, dan berharap suatu hari hadir di desa kami, dan alhamdulillah hari ini BPJS Keliling hadir di Desa Sarimukti ini, sehingga saya dapat mengurus semua kebutuhan layanan administrasi di dekat rumah tanpa harus jauh-jauh datang ke kantor BPJS Kesehatan,” ujarnya.
Ia mengaku bahwa dirinya belum terdaftar sebagai Peserta JKN, ia memanfaatkan BPJS Keliling untuk mendaftarkan dirinya menjadi Peserta JKN.
“Saya belum memiliki BPJS Kesehatan (Peserta JKN), jadi saya datang kesini untuk daftar menjadi Peserta JKN. Petugas BPJS yang melayani sangat ramah dan sabar dalam melayani, saya juga mendapatkan penjelasan dengan lengkap. Sekarang saya sudah memiliki BPJS Kesehatan. Ternyata prosesnya sangat cepat dan mudah,” ungkapnya.
Lilis juga menambahkan bahwa ia dilayani dengan baik, cepat, dan memperoleh banyak informasi terkait BPJS Kesehatan serta diberi edukasi terkait penggunaan aplikasi Mobile JKN untuk berbagai kebutuhan pelayanan Program JKN.
“Petugas BPJS sangat informatif dan tanggap dalam memberikan pelayanan. Mereka tidak hanya membantu saya dalam proses pendaftaran, tetapi juga memberikan penjelasan yang detail tentang berbagai manfaat dan hak yang saya dapatkan dari BPJS Kesehatan. Saya juga dibantu oleh petugas untuk mengunduh Aplikasi Mobile JKN dan diberi penjelasan tentang fitur-fitur yang dapat di manfaatkan. Hal ini sangat membantu, terutama bagi saya yang baru pertama kali mendaftar,” jelas Lilis dengan penuh rasa syukur.
Sebagai penutup, Lilis mengucapkan terimakasih dan berharap layanan BPJS Keliling ini terus berjalan terutama di wilayah-wilayah yang memang jauh dari kantor BPJS Kesehatan.
“Terima kasih kepada BPJS Kesehatan telah menggelar kegiatan BPJS Keliling ini. Saya berharap layanan BPJS Keliling ini terus berjalan, terutama dapat menjangkau daerah-daerah yang jauh dari kantor BPJS Kesehatan. Layanan ini benar-benar memberikan dampak positif dan mempermudah banyak orang dalam mengakses hak kesehatan mereka,” ujarnya.
Kegiatan pelayanan jemput bola administrasi BPJS Keliling di Desa Sarimukti telah membuktikan betapa pentingnya signifikan dampak positif dari pelayanan administrasi BPJS Keliling. Dengan layanan BPJS Keliling ini tidak hanya mempermudah tetapi juga meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat mengenai manfaat menjadi peserta JKN. (*)