RADARBANDUNG.id, CIMAHI – Saat ini untuk mempermudah dan mempercepat pelayanan administrasi kepesertaan di seluruh Kantor Cabang, BPJS Kesehatan telah meluncurkan mesin layanan Anjungan Mandiri Jaminan Kesehatan Nasional atau yang sering disebut AMAN JKN sebagai sarana pelayanan administrasi kepada peserta. Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Cimahi, Cecep Heri Suhendar, memastikan bahwa anjungan mandiri ini dapat beroperasi sebagaimana mestinya dan dapat digunakan oleh peserta dengan baik.
“BPJS Kesehatan terus berupaya melakukan perbaikan layanan kepada peserta. Salah satunya adalah saat ini dengan meluncurkan Anjungan Mandiri Jaminan Kesehatan Nasional. Anjungan ini ada di seluruh Kantor Cabang BPJS Kesehatan termasuk di Cimahi. Jadi peserta yang datang ke Kantor Cabang dapat mengakses AMAN JKN untuk mengetahui informasi terkait kepesertaan Program JKN, tidak harus menunggu antrean untuk dilayani Petugas Frontliner di loket” ujar Cecep.
Cecep menjelaskan saat ini terdapat lima fitur layanan pengecekan yang tersedia di AMAN JKN yaitu Status Kepesertaan, Tagihan Iuran, Virtual Account, Info JKN, dan Lokasi Fasilitas Kesehatan. Peserta yang datang dapat mengoperasikan sendiri AMAN JKN dengan memilih salah satu fitur tersebut sesuai keperluannya dan dapat mengulang untuk memilih fitur yang lainnya.
“Misalkan ini ada yang datang ke kantor cabang untuk mengetahui status kepesertaannya, maka yang bersangkutan cukup menggunakan AMAN JKN dengan memilih fitur Status Kepesertaan. Dengan cara yang cukup mudah yaitu memasukkan Nomor Induk Kependudukan dan tanggal lahir saja. Setelah itu, data kepesertaannya akan ditampilkan di layar monitor AMAN JKN. Demikian juga untuk mengecek tagihan iuran untuk mengetahui ada tunggakan atau tidak, dan berapa jumlahnya, tidak perlu antre dilayani di loket tapi sekarang bisa langsung melihat sendiri di AMAN JKN ini” ujar Cecep.
AMAN JKN juga menyediakan fitur info lokasi fasilitas kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan di seluruh Indonesia. Untuk mengetahui lokasi faskes, peserta dapat memilih jenis fasilitas kesehatannya, misalnya dokter praktek perorangan, klinik pratama, ataupun rumah sakit, dan lokasi kota tempat fasilitas kesehatan berada. Setelah terisi lengkap, layar monitor akan menampilkan informasi tentang fasilitas kesehatan yang dimaksud.
“Mungkin saat ini fitur layanan dalam aplikasinya masih cukup terbatas, tapi kami yakin ini bisa membantu peserta untuk mendapatkan informasi terkait kepesertaan JKN yang paling banyak dibutuhkan dengan cepat dan mudah. Tidak perlu terlalu lama menunggu untuk dapat dilayani di loket, tinggal akses AMAN JKN yang mudah dan cepat, sehingga peserta dapat melanjutkan aktifitasnya lagi. Apabila Peserta JKN memerlukan pelayanan administrasi kepesertaan lebih lanjut bisa melalui Aplikasi Mobile JKN maupun ke nomor Pelayanan Administrasi Melalui WhatsApp (PANDAWA), jadi waktunya bisa lebih efektif. Tidak menutup kemungkinan juga kedepannya fitur aplikasi di AMAN JKN ini bisa ditambah,” jelas Cecep.
Keberadaan AMAN JKN di BPJS Kesehatan Cabang Cimahi tersebut mendapatkan apresiasi positif dari Ahmad Sugiyatno, salah satu Peserta JKN yang datang dan mencobanya. Sebab berkat AMAN JKN tersebut, dirinya tidak perlu mengantri lama. Ahmad mengakui bahwa layanan AMAN JKN dapat memangkas antrian dan waktu tunggu pelayanan administrasi yang ada di kantor BPJS Kesehatan.
“Hari ini tadi saya datang ke Kantor BPJS Kesehatan niatnya untuk cek status kepesertaan JKN saya. Ternyata oleh satpam diarahkan ke layanan AMAN JKN ini, alhamdulillah sangat cepat, mudah, dan tidak perlu antri. Tadi oleh petugas juga diberikan saran kalau ingin melakukan pengecekan status kepesertaan bisa dilakukan juga pada Aplikasi Mobile JKN,” ujar Ahmad. (*)