RADARBANDUNG.id, BANDUNG – Dalam rangka meningkatkan kesadaran terhadap isu lingkungan dan mendukung pencapaian 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) 2030, PT Telkom Indonesia menghadirkan Bumi Berseru Fest sebagai platform kolaborasi untuk organisasi dan penggiat lingkungan.
Kompetisi Bumi Berseru Fest terbuka untuk masyarakat sejak tanggal 14 Oktober hingga 15 November 2024. Melalui Bumi Berseru Fest, Telkom mengajak masyarakat bergerak untuk kelestarian lingkungan dengan cara yang kreatif dan inovatif.
BACA JUGA: Wujudkan Service Governance, BPJS Ketenagakerjaan Bandung Suci Lakukan Pembinaan mitra PLKK
Program ini terbagi ke dalam tiga kategori kompetisi, yaitu Panggilan Aksi untuk Bumi, Alam dalam Lensa, dan Inovasi Eco Produk.
SGM Social Responsibility Telkom Indonesia Hery Susanto menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk mengkampanyekan kepedulian terhadap lingkungan, dengan fokus pada edukasi generasi muda tentang pentingnya membangun “masa depan yang berkelanjutan” (sustainable future).
Sebagai bagian dari program PT Telkom yang peduli terhadap lingkungan, Bumi Berseru Fest bertujuan mewadahi komunitas peduli lingkungan, khususnya dari kalangan generasi muda dan mahasiswa.
“Tahun ini adalah pelaksanaan pertama kalinya program ini, harapannya akan ada beragam ide inovasi terkait pelestarian lingkungan, seperti perlindungan flora dan fauna, pengolahan sampah, dan upaya reboisasi,” jelasnya.
Ia menjelaskan beberapa kategori diantaranya panggilan Aksi untuk Bumi adalah kompetisi proposal program atau kegiatan lingkungan yang bisa diikuti oleh organisasi maupun komunitas penggiat lingkungan (mapala, sispala, komunitas, dan lainnya).
Kompetisi ini terbagi ke dalam tiga sub-kategori, yaitu Pelestarian Ekosistem Darat dan Laut, Reforestasi dan Rehabilitasi Lingkungan, dan Konservasi untuk Keanekaragaman Hayati. Setelah melalui beberapa proses seleksi, nantinya pemenang terpilih akan mendapatkan bantuan pendanaan program mulai dari Rp10.000.000 hingga Rp25.000.000.
BACA JUGA: Persik Kediri vs Persib Bandung, Kebugaran jadi Kunci Maung Bandung
Kemudian kategori Alam dalam Lensa. Kategori ini merupakan kompetisi fotografi pada platform media sosial Instagram sebagai bentuk kampanye peduli lingkungan. Setiap satu unggahan foto yang diikutsertakan sama dengan menyumbangkan satu bibit pohon untuk reforestasi hutan Indonesia. Alam dalam Lensa, terbagi ke dalam dua sub-kategori, yaitu Pesona Kharismatik Biodiversitas Indonesia dan Selaraskan Alam, Hidup dalam Keseimbangan.
Melalui kompetisi ini, Telkom mengajak masyarakat untuk membagikan keindahan alam Indonesia beserta interaksi manusia dengan alam. Bagi pemenang terpilih akan mendapatkan apresiasi sebesar Rp2.000.000 hingga Rp5.000.000.
Sedangkan untuk kategori yang ketiga Inovasi Eco Produk, yaitu kompetisi inovasi dan kreasi produk lokal yang menerapkan prinsip ramah lingkungan dan keberlanjutan. Melalui kompetisi ini, Telkom mengajak para masyarakat dan pelaku usaha lokal untuk menciptakan inovasi produk yang ramah lingkungan.
Kompetisi terbagi dalam tiga sub-kategori, yaitu Produk Daur Ulang dan Pemanfaatan Kembali, Bahan Ramah Lingkungan dan Produk Sirkular Ekonomi. Bagi pemenang terpilih akan mendapatkan apresiasi sebesar Rp7.500.000 hingga Rp20.000.000.
Para mahasiswa yang aktif dalam kegiatan alam dan lingkungan akan mendapatkan pembekalan khusus, termasuk pelatihan di boot camp. “Di sini, mereka akan mendapatkan inspirasi dan dorongan untuk menyusun proposal kegiatan yang berdampak positif bagi lingkungan, dengan dukungan pendanaan dari Telkom,” ujarnya.
Saat ini pemanasan global menjadi isu penting yang memengaruhi kehidupan di seluruh dunia, termasuk produksi pangan. Dengan meningkatnya suhu satu derajat saja, hal ini berdampak langsung pada hasil pertanian, seperti padi.
“Oleh karena itu, melalui Bumi Berseru Fest, Telkom mengajak masyarakat dan generasi muda untuk turut serta meminimalisir dampak perubahan iklim demi keberlangsungan kehidupan,” pungkasnya.