News

Jelang Periode Nataru, BRI Siapkan Uang Tunai Rp24,6 Triliun

Radar Bandung - 12/12/2024, 13:30 WIB
Ali Yusuf
Ali Yusuf
Tim Redaksi
Jelang Periode Nataru, BRI Siapkan Uang Tunai Rp24,6 Triliun
Ilustrasi/ Foto: Ist- dok BRI

RADARBANDUNG.id, JAKARTA- PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) mempersiapkan uang tunai sebesar Rp24,6 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama periode Natal 2024 dan Tahun Baru 2025, atau biasa disebut Nataru. Angka ini sedikit lebih kecil dibandingkan alokasi tahun lalu yang mencapai Rp25,2 triliun, sejalan dengan evaluasi kebutuhan serta penguatan transaksi digital.

Senior Executive Vice President Operation BRI Nyoman Sugiriyasa menyatakan bahwa uang tunai senilai Rp24,6 triliun yang disiapkan oleh BRI untuk memenuhi kebutuhan transaksi nasabah selama periode Nataru antara 25 Desember 2024 hingga 1 Januari 2025 atau 8 hari.

Jumlah tersebut telah diperhitungkan dan disesuaikan berdasarkan tren transaksi masyarakat yang semakin mengarah pada layanan digital. Hal tersebut tercermin dari transaksi tarik tunai di mesin ATM/CRM BRI di sepanjang tahun 2024 yang menurun 10% secara year on year (YoY). Namun disisi lain, transaksi digital di BRI tercatat terus meningkat . Seperti pada jumlah transaksi Super Apps BRImo yang mengalami peningkatan 39,8% yoy, transaksi QRIS BRI yang tumbuh 176% yoy dan transaksi EDC merchant BRI yang meningkat 97,8% yoy.

“Kami melihat peningkatan adopsi digital banking yang signifikan, sehingga kebutuhan uang tunai sedikit menurun. Namun, kami tetap mengutamakan kesiapan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di seluruh wilayah Indonesia, khususnya di daerah-daerah yang memiliki tradisi libur natal,” ujarnya.

Dari total alokasi uang tunai yang disiapkan, sekitar 63% dana atau sekitar Rp15,6 triliun akan didistribusikan untuk pengisian mesin ATM/CRM BRI di seluruh Indonesia. Sisanya sebesar Rp9 triliun akan dialokasikan untuk kebutuhan di kantor cabang, termasuk layanan kas keliling dan penyediaan uang tunai di daerah-daerah terpencil. Hingga akhir September 2024 tercatat BRI memiliki lebih dari 721 ribu jaringan e-channel yang terdiri dari 700ribu EDC, 12 ribu mesin ATM dan 9 ribu mesin CRM.

Di sisi lain, BRI memastikan bahwa layanan perbankan, baik tunai maupun non-tunai, dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat selama periode Nataru. Nasabah dapat memanfaatkan super app BRImo yang memiliki lebih dari 100 fitur terus dioptimalkan dengan teknologi terbaru untuk menjamin kemudahan dan keamanan transaksi.

Masyarakat juga dapat memanfaatkan keberadaan AgenBRILink yang saat ini jumlahnya mencapai lebih dari 1 juta Agen yang tersebar di seluruh penjuru negeri. “AgenBRILink adalah salah satu ujung tombak kami untuk menghadirkan layanan keuangan yang inklusif. Selama periode Nataru, kami memaksimalkan peran agen ini untuk melayani kebutuhan transaksi seperti tarik tunai, setor tunai, pembayaran tagihan, transfer antarbank, pembelian pulsa serta transaksi perbankan lainnya,” imbuhnya.

“Dengan pendekatan yang terencana dan komprehensif, BRI berharap dapat memberikan pengalaman layanan perbankan yang optimal bagi masyarakat di momen akhir tahun yang penuh keceriaan ini,” pungkas Nyoman. ***


Terkait Ekonomi Bisnis
bank bjb Menyerahkan Kunci Secara Simbolis kepada 100 Debitur FLPP
Ekonomi Bisnis
bank bjb Menyerahkan Kunci Secara Simbolis kepada 100 Debitur FLPP

RADARBANDUNG.ID, KABUPATEN BANDUNG– Bisnis Pembiayaan Perumahan memiliki peluang untuk terus tumbuh sehubungan adanya program pemerintah yaitu 3 juta rumah, diharapkan dapat memberikan dorongan pada sektor properti. Saat ini pihak Kementerian Perumahan dan Kawasan Permukiman sangat berfokus terhadap pengembangan perumahan dan kawasan pemukiman di hampir seluruh wilayah Indonesia. Saat ini bank bjb masih terus berkomitmen untuk […]

Bentuk Komitmen Nyata, Midea Electronics Indonesia Luncurkan Program “1 Tahun Rusak, Ganti Baru”
Ekonomi Bisnis
Bentuk Komitmen Nyata, Midea Electronics Indonesia Luncurkan Program “1 Tahun Rusak, Ganti Baru”

RADARBANDUNG.id, BANDUNG – Midea Electronics Indonesia dengan bangga mengumumkan peluncuran program purna jual terbarunya ”1 Tahun Rusak Ganti Baru” dengan komitmen pasti Pilihan Tepat, Dijamin Cepat. Program ini dirancang untuk memberikan kemudahan bagi konsumen dalam menangani kerusakan fungsi produk. Program ini mencakup berbagai produk peralatan rumah tangga elektronik Midea, termasuk penanak nasi (rice cooker), air […]

Rajut Cerita Keberlanjutan, Laporan Keberlanjutan Kilang Pertamina Internasional Raih Penghargaan
Ekonomi Bisnis
Rajut Cerita Keberlanjutan, Laporan Keberlanjutan Kilang Pertamina Internasional Raih Penghargaan

RADARBANDUNG.id – Prinsip Environmental, Social & Governance (ESG) merupakan salah satu fondasi PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) dalam menjalankan operasionalnya. Pilar governance atau tata kelola salah satunya diimplementasikan melalui penerbitan Sustainability Report atau Laporan Keberlanjutan setiap tahunnya. Laporan Keberlanjutan KPI tahun 2024 mengambil judul Transformasi Kinerja Keberlanjutan untuk Daya Saing yang Lebih Baik. Laporan ini […]

Kupas Tuntas Fitur di Aplikasi GoPay, Penuhi Kebutuhan Finansial Sehari-hari
Ekonomi Bisnis
Kupas Tuntas Fitur di Aplikasi GoPay, Penuhi Kebutuhan Finansial Sehari-hari

RADARBANDUNG.id, BANDUNG – GoPay, unit bisnis Financial Technology dari PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (BEI: GOTO), menggelar acara Bedah Aplikasi GoPay di Bandung yang mengupas tuntas layanan finansial yang tersedia di aplikasi GoPay. Dalam acara ini, Riris Amaliyah, Senior Lead Corporate Affairs GoPay, menjelaskan bagaimana fitur-fitur yang ada di aplikasi GoPay dirancang untuk menunjang aktivitas […]

location_on Mendapatkan lokasi...
RadarBandung AI Radar Bandung Jelajahi fitur berita terbaru dengan AI
👋 Cobalah demo eksperimental yang menampilkan fitur AI terkini dari Radar Bandung.